evrina

Menghijaukan Bumi Melalui Tulisan ala Evrina

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Tulisan adalah saripati dalam kegiatan blogging. Tak heran, bila setiap blogger punya cara sendiri dalam menciptakan konten yang menarik. Harapannya dapat memberikan informasi yang mudah dimengerti lagi bermanfaat untuk orang lain. Tak hanya sekedar berguna bagi manusia, tapi juga bagi alam dan isinya. Bersama Evrina, kita akan sama-sama belajar bagaimana akhirnya tulisan memiliki andil dalam penghijauan bumi.

Menghijaukan bumi melalui tulisan adalah tag line dari seorang blogger Evrina Budiastuti. Ia akrab disapa Evrina atau Rina. Blogger wanita yang satu ini merupakan ibu dari satu anak. Tak hanya pandai mengurus rumah tangga, ia juga sibuk bekerja sebagai penyuluh pertanian di UPT Pertanian Kelas A Wilayah V Dramaga, yang merupakan unit pelaksana teknis pertanian di bawah Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bogor.

Evrina

Kesibukannya tak hanya itu. Wanita ini juga tekun menulis. Namun, hal tersebut tak menjadikannya lupa untuk tetap disiplin dengan jadwal hariannya. Semuanya ia atur dengan begitu tertata. Dari Senin-Jumat adalah jadwalnya bekerja sebagai penyuluh yang memegang 3 wilayah binaan yaitu Desa Cikarawang, desa Babakan, dan Desa Dramaga di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Sedangkan, Sabtu-Minggu merupakan hari-hari yang ia nikmati untuk bersantai bersama keluarga, waktu untuk ngeblog, juga waktu yang digunakan untuk berkebun di rumah.

Selaras dengan aktivitasnya sebagai blogger, Evrina memiliki tujuan hidup agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Bahkan kebermanfaatan itu tetap dirasakan sampai di hari kemudian. Sebab itulah, ia ingin selalu menyebarkan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya. Karena ilmu yang bermanfaat merupakan salah satu amal jariyah yang tidak terputus.

Evrina

Sebagai seorang blogger yang berupaya menghasilkan tulisan dari waktu ke waktu, hal yang membuatnya selalu tekun dalam menulis adalah adanya  dorongan untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain. Maka blogging adalah jalan yang ia pilih.

Selain dengan cara blogging, ia juga melakukan penyuluhan secara langsung. Karena penyuluh merupakan profesinya, tentu ia cukup mendalami materi tersebut. Tak heran bila ia pun manyalurkan informasi tentang pertanian dan lingkungan ke dalam tulisan. Karena menulis jugalah, ia merasa ilmu yang ia miliki terupgrade kembali. Jika ada yang belum ia ketahui, maka mau tidak mau ia akan terus mencari informasi agar ilmu yang tertuang nanti dapat diserap lebih oleh para pembaca.

Meski pada awalnya, Evrina tidak paham kalau menulis di web log atau blog itu disebut blogger. Ia selalu menuangkan buah pikirannya sebagai bahan relaksasi atau metime saat itu. Tapi siapa sangka, lama kelamaan ia semakin menyukai dunia menulis hingga aktif mengikuti acara-acara yang diadakan komunitas blogger. Sejak itulah, Evrina yakin terhadap pilihannya untuk menjadi blogger.

Evrina

Berbicara tentang blog, evrinasp.com adalah blog utamanya. Evrina mengutip dari namanya. Sedangkan SP merupakan singkatan dari Sarjana Pertanian. Namun, ia juga berpikir SP bisa sebagai Sang Petualang, Sang Penghijauan, dan lain-lain. Adapun fokus utama blog tersebut adalah menghijaukan bumi melalui tulisan.

Ketika ditanya apa yang membuatnya memilih tema tersebut? Ia memberikan alasan bahwa blog yang membahas tentang penghijauan dan pertanian itu sedikit sekali dibandingkan dengan blog dengan niche lifestyle, kecantikan, jalan-jalan, dll. Alasan lainnya adalah agar para pembaca tahu, ada blogger yang menggerakan blog personal untuk membantu menghijaukan bumi melalui tulisan.

Selain alasan tersebut, blogger yang satu ini juga berharap melalui tulisannya dapat mengajak pembaca untuk ikut bergerak melakukan hal-hal positif terkait penghijauan, pertanian, dan lingkungan melalui tulisan. Itulah akhirnya “Menghijaukan Bumi Melalui Tulisan” ia pilih sebagai tag line dari blog utamanya. Dari tulisan yang ada, ia berharap para pembaca dapat terinspirasi untuk melakukan hal yang sama, yaitu menghijaukan bumi dengan memulainya di lingkungan sekitar.

Evrina

Disamping evrinasp.com sebagai blog utamanya, ia juga memiliki 2 blog lain yaitu evventure.com dan evrithink.co. Blog kedua yang bernama evventure.com adalah blog yang berisi kisah perjalanannya, terutama petualangan ke alam. Hal ini beralasan karena ia menyukai jalan-jalan seperti ke gunung. Lalu blog yang ketiga adalah evrithink.co, merupakan blog yang menurutnya masuk kategori sangat lifestyle alias gado-gado. Meski begitu, ia selalu berusaha agar niche blog terjaga.

Tulisan yang menurutnya paling penting untuk diulas adalah pembahasan seputar pertanian juga lingkungan. Meski demikian, ia juga sedikit-sedikit menambahkan artikel lomba di blognya. Bagi perempuan berparas manis ini, blog utamanya tentu memiliki daya tarik bagi mereka yang memang sudah minat dengan green lifestyle. Bahkan, blog evrinasp.com juga pernah menjadi acuan para mahasiswa yang sedang kuliah penyuluhan pertanian. Hingga mereka yang sedang belajar cocok tanam. Karena bagaimanapun, selalu ada masyarakat yang tergerak untuk berpartisipasi dalam menghijaukan lingkungan.

Tentunya, sebagai seorang blogger yang menghijaukan bumi melalui tulisan, ia pernah memiliki pengalaman menarik terkait hal yang sesuai dengan blognya. Pengalaman yang tak terlupakan itu terjadi pada tahun 2015 silam. Ia terpilih untuk meliput kegiatan Hari Pangan Sedunia tingkat nasional di Palembang oleh Pustaka, Kementerian pertanian. Hal itu terjadi karena pihak Pustaka mengetahui bahwa Evrina merupakan penyuluh sekaligus blogger yang aktif menulis tentang pertanian. Pastinya, hal tersebut merupakan sebuah apresiasi yang begitu membanggakan. Selain itu, ia juga merasa bahagia ketika mendapatkan email yang berisi ucapan terima kasih karena tulisan-tulisannya di blog.

Wah, menyenangkan sekali ya?

Sebagai upayanya dalam meningkatkan performa tulisan di blog, ia menggunakan plugin seperti Yoast SEO untuk membantunya agar ramah SEO juga mudah terindex pada mesin pencari Google. Selain itu, ia juga menggunakan plugin Beaver Builder untuk mempercantik template tulisan.

Evrina

Setiap orang tentu punya rencana dalam hidupnya, begitu juga bagi blogger yang aktif menuangkan tulisan di evrinasp.com ini. Kedepannya, ia berharap agar selalu konsisten dalam menyebarkan informasi pertanian di blog utamanya. Ia juga berharap semoga para pembaca mendapatkan manfaat di tiap tulisannya dan ikut berpartisipasi dalam menghijaukan bumi.

Memang setiap blogger selalu punya caranya sendiri dalam menebar tulisan yang menginspirasi, salah satunya Evrina ini. Melalui blognya, kita tahu bahwa menghijaukan bumi bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti membuat tulisan-tulisan seputar pengetahuan tentang lingkungan, alam dan sekitar. Karena siapa lagi yang akan menjaga alam? Kalau bukan kita sendiri.

Related Posts

 
Site Menu