Google Plus

5 Manfaat Tersembunyi Menghubungkan Blogmu ke Google Plus

Bagi kamu yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia maya, terutama dunia marketing dan penulisan, mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan nama Google Plus. Platform jejaring media sosial berbasis internet yang dikembangkan dan dikelola oleh Google ini memang ditujukan sebagai media di mana para penggunanya bisa bebas berinteraksi layaknya interaksi sosial secara offline. Memiliki fitur-fitur yang mirip dengan situs microblogging, jejaring sosial ini menawarkan banyak keuntungan bagi pengguna Internet, khususnya para blogger. Apa saja keuntungannya?

1. Menghubungkan Blogmu ke Google Plus

Google Plus

Sumber: rakacreative
Sebelum menikmati keuntungan-keuntungan dari jejaring sosial ini, pastinya kamu harus menghubungkan blogmu ke platform Google Plus dulu, dong? Saat ini, ada dua laman platform terfavorit pilihan para blogger, yakni Blogger (blogspot) dan WordPress. Gimana caranya menghubungkan postinganmu dari dua website yang berbeda ini?

Dilansir dari Halaman Support Google, kamu bisa membagikan posting-an blog yang sudah kamu buat secara otomatis ke Google Plus lewat 6 langkah simpel:

  1. Login ke akun Blogger milikmu
  2. Di kiri atas, klik panah bawah.
  3. Pilih blog untuk di-update.
  4. Di menu sebelah kiri, klik “Setelan berikutnya Posting-an”, “Komentar”, dan “Berbagi”.
  5. Pada “Bagikan ke Google+”, di samping “Bagikan otomatis posting-an yang baru dipublikasikan ke profil Google+ Anda”, pilih “Ya”.
  6. Di kanan atas, klik “Simpan Setelan”.

Buat kamu yang menggunakan layanan WordPress, nggak usah khawatir! Kamu juga bisa, kok, menghubungkan blogmu ke Google+. Caranya:

  1. Install plugin Jetpack pada blog WordPress milikmu
  2. Masuk ke laman pengaturan berbagi (sharing settings) di WordPress
  3. Di sana, kamu akan menemukan berbagai jejaring media sosial yang bisa kamu hubungkan ke blogmu. Pilih jejaring Google Plus dan klik tombol connect
  4. Pilih akun Google yang ingin kamu hubungkan
  5. Pilih halaman website yang ingin kamu hubungkan dengan akun Google milikmu
  6. Saat muncul kotak dialog WordPress yang meminta akses data darimu, klik tombol accept atau ‘terima’. Tunggu sampai muncul kotak dialog yang menginformasikan kalau blogmu sudah tersambung ke Google Plus

Setelah berhasil menghubungkan blogmu ke social network ini, kamu bisa menikmati manfaat-manfaat dari integrasi ini. Apa saja sih manfaat menghubungkan blogmu ke Google Plus?

2. Google Plus Bisa Membantu Strategi SEO Kamu

Google Plus

Sumber: Digital Republic
Sudah bukan rahasia lagi kalau Google Plus bisa membantu blogmu tampil di hasil pencarian organik dari Google. Alasan ini juga yang membuatnya populer banget di kalangan marketer dan influencer.

Kata kunci (keyword) spesifik yang kamu targetkan di posting-anmu bisa ditemukan dari search traffic profil Google Plus milikmu. Singkatnya, profilmu bisa menjadi medium backlink yang tepat ke blog atau website yang kamu miliki!

Kenapa bisa begitu? Konten yang dimuat di social network milik Google ini memiliki kemungkinan lebih besar muncul/terindeks lebih tinggi dalam hasil pencarian organik Google dibanding konten yang kamu post pada jejaring media sosial lainnya. Rumornya, URL-URL baru pada jejaring Google+ di-crawl lebih cepat oleh crawler Google. Sempat dihentikan di tahun 2011, fitur Google Realtime Search dibawa lagi oleh Google lewat Google Plus nggak lama setelahnya.

3. Google Plus Punya Demografis yang Spesifik

Google Plus

Sumber: Seven Boats
Seorang blogger atau marketer yang memang menekuni profesinya secara serius pasti tahu betapa pentingnya menargetkan konten, jasa, atau produk mereka ke audiens yang tepat. Google Plus memiliki audiens-audiens spesifik yang bisa jadi merupakan audiens yang selama ini kamu cari, lho!

Misalnya saja The Landscape Photography Community, komunitas fotografi yang sampai saat ini masih aktif di Google Plus, memiliki lebih dari 1 juta anggota aktif. Ada juga komunitas The Art of Bread yang beranggotakan para pembuat dan pecinta roti dengan ribuan anggota. Kalau blogmu kebetulan mengulas soal dunia fotografi atau makanan, komunitas-komunitas tadi bisa menjadi target audience yang tepat, kan? Tentunya, masih banyak lagi komunitas lain di Google Plus!

4. Kamu Bisa Menemukan Komunitas yang Luas Lewat Google Plus

Google Plus

Sumber: InfoBunny
Dilansir dari postingan blog Danielle Buckley, Product Manager Google Plus pada tahun 2016, ada 1,6 juta komunitas baru yang bergabung di Google Plus tiap harinya. Kalau kamu sekedar ingin belajar mengenai komunitas pilihanmu, atau melakukan riset audiens dalam industri yang kamu tekuni, komunitas-komunitas di Google Plus bisa menjadi medium yang tepat untuk menghubungkanmu dengan segudang informasi baru.

5. Google Plus Membantu Kamu Membangun Relasi

Google PlusSumber: rawpixel.com
Sebagai salah satu jejaring sosial berbasis user interest/interest-driven dengan bervariasi komunitas di dalamnya, Google Plus bisa membantu kamu membangun relasi dengan orang lain melalui dunia maya. Bukan hanya mengenai relasi bisnis, tetapi juga relasi yang berkaitan dengan hobi atau hal baru yang ingin kamu pelajari. Kamu bisa menemukan banyak orang dengan minat yang sama di Google Plus.


Ternyata banyak, kan, manfaat dari Google Plus yang bisa menguntungkanmu? Lebih dari sekedar alat untuk membagikan postinganmu, jika digunakan dengan tepat, Google Plus juga bisa jadi alat yang membantu promosi bisnismu, bahkan membawa pertemanan baru!

Ingin tahu tips blogging dan tips menulis lebih banyak? Kamu ada di tempat yang tepat, langsung aja cek blog C2live dan baca artikel-artikel menarik lainnya!

Related Posts

Site Menu