mengkritik tulisan

Apa yang Terjadi Ketika Penulis Mengkritik Tulisan Sendiri

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Notifikasi ponsel berbunyi, penulis mendapatkan pesan dari chief editor. Sembari menyeruput kopi pagi, penulis membaca pesan tersebut, “Bro, ada challenge baru nih. Cek email ya.” Email tersebut berisi brief untuk mengkritik tulisan pertama penulis.

Merupakan sebuah tantangan sekaligus kesempatan baik bagi setiap penulis untuk mengkritik tulisan sendiri.

Mengkritik tulisan sendiri memberikan kesempatan bagi penulis untuk melihat dari perspektif audiens dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tidak disadari. Melakukan kegiatan tersebut juga membantu penulis mengidentifikasi bagaimana cara audiens memahami karya tulisnya.

Berikut merupakan karya tulis pertama penulis yang membahas teknologi VoLTE beserta kritik jujur dari penulis sendiri. Bagian yang di-block quote merupakan konten semula, dan bagian yang tidak di-block quote merupakan kritikan pribadi.

Mengkritik Tulisan Sendiri: 5 Kelebihan Teknologi VoLTE

mengkritik tulisan

Sumber Gambar: devinchoa

Penulis akan mengkritik tulisan ini dimulai dari gambar fitur. Penulis merancang dan membuat sendiri feature image untuk artikel ini. Bila dilihat kembali, warna latar tampak kurang cocok dengan pesan brand yang ingin ditampilkan. Warna yang dipilih mungkin seharusnya mengarah ke merah dan oranye, warna yang lebih identik dengan VoLTE.

Apakah kamu sudah tahu belum apa itu VoLTE dan apa kelebihan teknologi VoLTE? Berikut penjelasan sederhananya:

Teknologi Voice Over LTE atau lebih dikenal dengan singkatannya VoLTE merupakan sebuah inovasi teknologi layanan komunikasi berkecepatan tinggi dimana panggilan telepon memanfaatkan jaringan LTE sebagai pengganti dari jaringan telepon konvensional seperti GSM atau CDMA.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 oleh Singtel, yang kemudian diadaptasi oleh operator di seluruh dunia. Teknologi VoLTE pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2016, diluncurkan oleh PT Smartfren Telecom.

Kamu pasti bertanya – tanya,”apa sih yang menjadi kelebihan teknologi VoLTE yang juga ada pada smartphone ?”

Yuk simak 5 alasan mengapa kamu akan jatuh cinta dengan teknologi VoLTE!

Tidak ada perubahan besar yang ingin dilakukan pada bagian pembuka. Ada saran dari pembaca?

1. Menelepon dengan kualitas HD

mengkritik tulisan

Sumber Gambar: devinchoa

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi VoLTE memanfaatkan jaringan LTE sebagai pengganti dari jaringan telepon konvensional. Jaringan LTE memiliki kecepatan komunikasi yang lebih tinggi sehingga mampu menghasilkan kualitas suara super jernih dan delay yang lebih rendah dibanding teknologi jaringan konvensional.

Selain itu, teknologi ini juga mendukung noise reduction yang mengurangi suara bising di sekitar. Jadi, kamu sudah bisa say goodbye pada suara-suara yang nggak jelas pada saat melakukan panggilan telepon!

Pada poin ini, belum ada data atau studi kasus komprehensif yang bisa mendukung argumen. Penulis seharusnya menyajikan data berupa contoh dan perbandingan seberapa jernih kualitas dari panggilan telepon HD yang memanfaatkan teknologi LTE dengan panggilan telepon melalui jaringan konvensional.

Baca Juga: Ingin Bebas dari Writer’s Block? Terapkan 7 Tips Ini!

2. Terhubung Lebih Cepat

mengkritik tulisan

Sumber Gambar: devinchoa

Sering bete karena panggilan telepon sulit dan lama tersambung? Hemat waktumu dengan teknologi VoLTE! Dengan teknologi ini, panggilan telepon yang dilakukan akan lebih cepat terhubung.

Sebagai perbandingan, kamu hanya membutuhkan waktu 0,2 detik untuk terhubung jika menggunakan teknologi VoLTE, sedangkan dengan teknologi jaringan telepon konvensional GSM atau CDMA kamu bisa menghabiskan waktu hingga 0.8 detik.

Jadi bisa menghemat waktu buat stalking mantan nih!

Pada poin ke dua, penulis menyajikan data berupa angka (informasi yang lebih konkret dari teks). Namun sebaiknya penulis melakukan uji coba sendiri, atau mencari kasus pengalaman pengguna yang relevan. Misalnya, dari segi berapa banyak waktu yang bisa dihemat pada rata-rata setiap panggilan.

3. Browsing dan telepon di saat bersamaan? Bisa!

mengkritik tulisan

Sumber Gambar: devinchoa

Kelebihan teknologi VoLTE selanjutnya pas banget buat kamu yang sering multi-tasking saat mengoperasikan smartphone. Mungkin kamu sering menggerutu karena di saat sedang mengunduh file dan ada panggilan masuk yang membuat proses mengunduh jadi terputus.

Pada teknologi jaringan konvensional seperti GSM dan CDMA, koneksi internet akan terputus selama ada panggilan telepon yang terhubung, namun dengan smartphone yang memiliki teknologi VoLTE, kamu bisa browsing, youtube-an, bahkan download film sambil melakukan panggilan telepon sama gebetan tanpa harus terputus dari koneksi internet!

Seru banget, kan?

Sama dengan poin sebelumnya, penulis tidak memberikan deskripsi mengapa teknologi LTE memungkinkan pengguna mengakses internet saat melakukan panggilan telepon. Audiens yang kritis akan bertanya mengapa hal ini mungkin dilakukan. Sebuah kesalahan bagi penulis.

Baca Juga: Tiga Hal yang Perlu Kamu Tanyakan Pada Diri Sendiri Saat Kehilangan Motivasi Menulis

4. Lebih hemat baterai dibanding dengan aplikasi voice over internet protocol

mengkritik tulisan

Sumber Gambar: devinchoa

Penelitian menunjukan bahwa melakukan panggilan telepon melalui jaringan teknologi VoLTE jauh lebih hemat daya dibanding dengan menggunakan aplikasi “Voice Over Internet Protocol” seperti Skype dan Viber.

VoLTE menyediakan kualitas yang lebih baik dan konsisten dibanding apps ternama. Serta jauh lebih efisien pada sisi penggunaan daya,” ungkap Michael Thelander, CEO dan Founder dari “Signals Research”.

Hal ini dikarenakan VoLTE mengoptimisasi penggunaan baterai dengan cara menggunakan daya lebih sedikit. Nggak perlu repot lagi melakukan charging pada saat melakukan panggilan yang panjang. Apalagi, melakukan pengisian daya sambil melakukan panggilan sangat berbahaya lho!

Pada poin ini penulis menyajikan data dari sumber yang berkaitan, namun bisa akan lebih baik lagi bila ada back link kepada sumber kutipannya agar argumen tulisan yang diberikan lebih kredibel di mata pembaca. Di samping itu, penting juga bagi penulis untuk lebih elaboratif dalam menjelaskan hal-hal terkait protokol keamanan, seperti mengapa berbahaya bila menelepon sambil mengisi daya.

5. Video Call stabil dan jernih!

mengkritik tulisan

Sumber Gambar: devinchoa

Selain memberikan kualitas high-definition pada panggilan telepon, VoLTE juga mendukung panggilan video dengan kualitas jernih. Menggunakan codec video high-definition H.264, Video Call-an jadi lebih seru dan stabil.


Sekarang kamu nggak cuma lebih memahami kelebihan teknologi VoLTE, tapi juga pasti makin cinta sama teknologi VoLTE yang memberikan kamu fitur – fitur keren seperti penjelasan di atas, bukan? Jadi, sudah siap beralih ke teknologi VoLTE?

Penulis melakukan sebuah kesalahan kecil dengan tidak konsisten mengenai format penulisan, dimana salah satu kata VoLTE tidak di-italic. Konsistensi format sangat penting, terutama bila kita menulis tentang brand.

Baca Juga: Tips Terlengkap Membuat Konten Blog Yang Meramaikan Trafik Situsmu!


Terdapat banyak hal yang penulis berharap bisa ubah dan perbaiki ketika menulis ini. Esensinya, kita semua bisa mengkritik tulisan milik sendiri sesederhana melihatnya kembali di hari depan, dan berusaha membuatnya menjadi lebih baik.

Dengan mengkritik tulisan sendiri, penulis menyadari bahwa tulisan yang tidak disertai data dan fakta dari sumber terkait bisa menimbulkan keraguan dari audiens atas informasi yang disajikan.

Namun, hukumnya adalah, setiap penulis seharusnya tidak berhenti untuk belajar. Siapa tahu, dalam setahun lagi, tulisan ini akan dikritik kembali oleh orang lain, dan penulis belajar lebih banyak lagi. Buat para pembaca, bila ada kritik dan saran untuk tulisan, mohon disampaikan melalui komentar ya!

Ingat, “Stay Hungry, Stay Foolish”!

Related Posts

 
Site Menu