Page Authority

Mengenal Lebih Jauh Page Authority: Mekanisme Penilaiannya dan Cara Mengukurnya

Bloggers, sudah tahu belum tentang pentingya pemahaman akan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) bagi blogmu? Coba, deh, luangkan waktu sebentar untuk membaca artikel C2live yang pernah membahas perbedaan kedua hal tersebut dan mengapa keduanya penting bagi blogmu.

Nah, pada kesempatan kali ini, C2live ingin memperdalam pembahasan tentang Page Authority. Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui, Page Authority merupakan sistem penilaian yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi peringkat suatu laman spesifik pada hasil mesin pencarian (search engine result pages/SERP).

Moz sendiri merupakan situs penyedia informasi seputar Search Engine Optimization (SEO) yang sudah lama berdiri dan dikenal keandalannya. Selain informasi, Moz juga menyediakan berbagai SEO tools yang dapat membantu kamu untuk menganalisa performa blogmu, sehingga kamu bisa merancang strategi yang lebih matang untuk kemajuan blogmu.

Kembali lagi ke pembahasan Page Authority, ada hal apa lagi yang bisa kamu pelajari seputar sistem penilaian yang satu ini? Ini dia beberapa di antaranya:

Bagaimana sebenarnya Page Authority suatu laman dinilai?

Page Authority

Page Authority sebuah laman diukur berdasarkan skala logaritma yang berkisar antara 1 hingga 100 poin. Adapun angka prediksi yang dihasilkan mengacu pada Mozcape web index. Semakin tingginya skor Page Authority yang dimiliki suatu laman menandakan bahwa laman tersebut memiliki prediksi peringkat yang lebih tinggi pula pada SERP. Karena itu, meningkatkan Page Authority dari angka 10 ke 20 akan terasa jauh lebih mudah dibandingkan dengan meningkatkan skor dari 50 ke 60.

Perlu kamu ketahui, algoritma yang digunakan Moz untuk mengukur Page Authority-mu selalu diperbaharui dari waktu ke waktu. Jadi, jangan bingung ketika kamu melihat angka penilaian lamanmu fluktuatif dari waktu ke waktu.

Jadi, berapakah skor yang bagus untuk laman situsmu?

Page Authority

Sampai sini mungkin kamu bertanya, “Pada angka berapakah skor Page Authority untuk suatu laman dianggap memuaskan?” Sebenarnya, jawabannya bergantung pada seberapa besar situs yang kamu kelola. Jika situs yang kamu kelola merupakan situs besar dengan pengunjung global seperti Google ataupun Facebook, mungkin angka 50 adalah skor yang memalukan. Namun jika kamu mengelola situs biasa, wajar saja jika laman-lamannya hanya mendapat skor otoritas sekitar 10 hingga 20+.

Sehubungan dengan ini, ADG Online Solutions (sebuah pengembang perangkat lunak dan agensi pemasaran yang berasal dari Delhi), mengungkapkan bahwa pada umumnya, rata-rata nilai otoritas dari laman-laman yang ada di internet berkisar antara 20-30. Jadi, jika kamu ingin berada di peringkat yang bagus dan memuaskan upayakan lamanmu memiliki skor otoritas lebih dari 30, ya.

Di sisi lain, Moz sendiri menyampaikan bahwa tidak ada skor yang baik dan buruk terkait dengan Page Authority yang dimiliki suatu laman. Pasalnya, penghitungan skor yang dipakai merupakan sebuah metrik komparatif yang menunjukkan prediksi peringkat suatu laman dibandingkan dengan laman lainnya. Dengan demikian, Moz sendiri meyakini bahwa skor yang dihasilkan pun bukan merupakan sesuatu yang mutlak.

Cara mengukur Page Authority lamanmu

Page Authority

Sudah mengenal lebih jauh soal otoritas laman, sekarang mungkin kamu lanjut bertanya-tanya soal cara mengukurnya. Metrik-metrik penghitung Page Authority sebenarnya banyak disediakan oleh platform-platform SEO dan pemasaran yang bertebaran di internet. Salah satu yang paling dipercaya adalah keluaran Moz sendiri, sebab situs ini diketahui sebagai pencetus sistem penilaian otoritas laman itu sendiri.

Kalau kamu ingin mengukur Page Authority lamanmu menggunakan perangkat yang disediakan Moz, kamu bisa coba Link Explorer. Cobalah kunjungi laman perangkat ini dan kamu akan menemukan tampilan berikut:

Page Authority

Nah, karena sekarang kamu ingin mengukur peringkat otoritas laman, ubahlah pilihan root domain menjadi exact page.

Page Authority

Setelah itu, cobalah untuk memasukan URL laman yang otoritasnya ingin kamu ukur, lalu klik tombol search yang ada di bagian kanan search bar.

Page Authority

Setelah diproses, akan muncul hasil pencarian seperti di bawah ini:

Nah, begitulah kira-kira hasil pencariannya. Dari skor yang ditunjukkan, kamu bisa mengetahui peringkat otoritas lamanmu jika dibandingkan dengan laman-laman lain yang ada di internet.

Jika kamu mau, kamu juga bisa menggunakan tools lain dari Moz, seperti MozBar dan Keyword Explorer.

Kamu juga bisa cek skor Page Authority lewat C2live Portfolio, lho!

Yup, bener banget! Kalau gamau ribet-ribet pake tools lain yang ada di luar sana, kamu bisa cek skor Page Authority-mu melalui akun portofoliomu di C2live. Caranya juga mudah. Kamu tinggal masuk ke halaman profil dan masukkan URL situs pribadimu. Setelah submit, akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Domain Authority Page Authority Checker C2live

 

Sederhana, bukan? Kini, mengetahui skor otoritas laman ataupun domainmu enggak lagi ribet. Inilah salah satu keuntungan menjadi user C2live. Yuk, buruan gabung!


Begitulah kira-kira pembahasan mengenai Page Authority kali ini. Sekarang, kamu sudah tahu cara mengukur otoritas lamanmu. Paling tidak, kamu sudah bisa melakukannya dengan menggunakan perangkat yang disediakan oleh Moz. Lalu, apa yang perlu dilakukan berikutnya? Masih banyak! Perjuanganmu belum berakhir di sini.

Setelah mengetahui peringkat laman-laman yang kamu miliki, kamu pastinya perlu merancang strategi supaya skor Page Authority lamanmu lebih meningkat, bukan? Bagaimana caranya? Nantikan pembahasan selanjutnya dari C2live soal ini, ya!

Sumber gambar: radzad, weseo, PrePost SEO, seo-hacker, Moz.

Related Posts

Site Menu