Meningkatkan Domain Authority

Ingin Meningkatkan Domain Authority? Begini Caranya!

I’m a writer at Content Collision

Domain Authority bukan merupakan suatu istilah yang asing lagi dalam dunia SEO dan blogging. Meskipun Domain Authority bukanlah metrik yang sah untuk mengukur kualitas SEO dari suatu situs, namun metrik ini bisa kamu jadikan patokan untuk mengukur daya saing situs blogmu pada Search Engine Page Result (SERP).

Sebagai blogger, kamu pasti ingin kan agar situs blogmu memiliki rank yang tinggi pada hasil mesin pencarian? Lalu, seperti apa upaya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nilai Domain Authority blogmu? Mari simak beberapa tips berikut!

Dapatkan external links sebanyak mungkin

Meningkatkan Domain Authority

Rasanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa mendapatkan external links bisa membantu kamu dalam meningkatkan nilai Domain Authority dari situs yang kamu miliki. Pasalnya, dengan mendapatkan backlink dari situs lain, akan ada lebih banyak pembaca yang terekspos dan bisa mengunjungi blogmu. Dengan begitu, rank situsmu pun jadi memiliki potensi yang lebih besar untuk meningkat.

Karenanya, jika kamu ingin meningkatkan nilai Domain Authority situs blogmu, dapatkanlah backlink sebanyak mungkin dari situs lain. Hanya saja, upayakanlah agar backlinkbacklink tersebut kamu dapatkan dari situs-situs yang berkualitas dan beragam. Sebab, mendapatkan external linking dari situs yang memiliki reputasi buruk justru berpotensi untuk membawa dampak negatif bagi domainmu.

Perhatikan juga internal links yang kamu miliki

Meningkatkan Domain Authority

Masih berhubungan dengan link, ada baiknya jika kamu juga memberikan perhatian pada internal links yang ada pada situs blogmu. Sebab, dengan internal linking yang kuat, kamu bisa menopang popularitas domainmu secara keseluruhan. Upaya ini termasuk cara yang mudah diterapkan karena kamu memegang kontrol penuh atas linklink internal yang kamu miliki.

Karena itu, usahakanlah untuk selalu menyematkan internal link pada tiap halaman-halaman dalam situs blogmu. Misalnya, hubungkanlah tiap post yang kamu miliki dengan 2 sampai 3 post lainnya dengan tema yang saling berhubungan. Cara ini juga memungkinkan daya tarik postpost lama untuk tetap hidup dengan menampilkannya kembali pada tulisan-tulisan terbarumu.

Nah, selain itu, kamu juga masih perlu melakukan pembenahan internal dengan cara lain, yaitu menghapus semua bad links yang terhubung pada situsmu. Pasalnya, jika mesin pencarian mendeteksi adanya sebuah link dengan reputasi buruk yang berhubungan dengan situsmu, ini bisa menurunkan kredibilitas blogmu. Namun, jika bad link tersebut berasal dari situs eksternal, tentu kamu tidak memiliki kontrol untuk menghapusnya, bukan? Untuk kasus seperti ini, kamu bisa menggunakan Google Disavow Tool agar Google nantinya mengabaikan bad links tersebut pada proses assessment supaya tidak memberikan pengaruh buruk pada site rank-mu.

Jadilah unggulan pada niche yang kamu pilih

Meningkatkan Domain Authority

Jika kamu ingin blogmu mendapatkan sorotan sebagai situs yang memiliki otoritas tinggi, maka situs blogmu itu harus menjadi unggulan di antara blog-blog sejenis dalam niche yang sama. Mengapa? Karena ketika blogmu dijadikan referensi utama karena keunggulannya, hal itu secara mutlak menunjukkan bahwa blogmu dijadikan andalan oleh para pembaca. Otomatis, ini akan memberikannya nilai otoritas tinggi dibanding situs-situs lain yang dijadikan referensi sekunder.

Untuk menjadi blog unggulan, selain cermat melihat kebutuhan pembaca, tentunya kamu perlu menyajikan konten-konten yang reliable. Oleh karena itu, upayakanlah untuk selalu menulis konten yang berkualitas secara rutin. Sajikanlah konten-konten baru yang menginspirasi 2-3 kali seminggu. Pastikan konten-konten itu menjadi news breaker yang dapat dipercaya oleh para pembaca juga. Ini akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menerbitkan konten setiap hari, namun konten yang ada di dalamnya biasa saja (alias tidak berkesan ataupun informatif).

Selalu optimasi situsmu

Meningkatkan Domain Authority

Apapun yang kamu lakukan pada situsmu, pastikanlah itu juga berdampak pada optimasi situs terkait agar lebih SEO-friendly. Mulai dari mengatur agar halaman-halamannya bisa dengan mudah di-crawl oleh mesin pencarian, membuat tampilan situs blogmu menjadi mobile friendly, menggunakan keywordkeyword yang relevan pada konten-kontenmu, hingga memastikan situsmu dapat dimuat dengan cepat.

Nah, karena biasanya sebagai blogger kamu memiliki fokus yang lebih besar pada konten, kamu bisa lho fokus memperkuat optimasi situs blogmu dari sisi ini. Mulailah dengan memilih keyword yang kuat. Lalu, buatlah konten berkualitas dengan menggunakan keyword pilihan tersebut. Sematkanlah keyword itu pada Title Tag, Meta Tag, dan URL dari post terkait. Jika kamu menggunakan gambar, cantumkanlah juga keyword tersebut pada Alt Text di bagian gambar. Jangan lupa juga untuk menggunakan heading untuk pembabakan konten yang kamu tulis. Pastikan juga URL (permalink) yang kamu buat singkat namun tetap relevan dengan konten yang kamu ulas.

Hal-hal tersebut merupakan trik-trik SEO dasar yang bisa kamu terapkan dengan mudah untuk membantu meningkatkan nilai Domain Authority situs blogmu.

Perkuat keberadaan blogmu di media sosial

Meningkatkan Domain Authority

Media sosial memiliki peran yang sangat penting untuk memasarkan konten-konten yang kamu miliki. Walaupun tidak secara langsung berpengaruh terhadap performa domainmu, keberadaan yang kuat pada media sosial bisa membantu mendongkrak peringkat situs blogmu pada mesin pencarian.

Karena itu, pastikanlah kamu memiliki kehadiran yang kuat di media sosial-media sosial besar dengan rajin-rajin memasarkan konten-kontenmu dan melakukan branding di dalamya. Kamu pastinya juga mengetahui, kalau di zaman digital ini, masyarakat modern gemar sekali membagikan konten melalui media sosial. Nah, dengan membangun eksistensi di media sosial, keberadaan blogmu bisa dengan mudah dan cepat disebarluaskan sehingga akan lebih dikenal banyak orang.

Perhatikan nama dan masa kadaluarsa domain yang kamu miliki

Meningkatkan Domain Authority

Ini merupakan salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nilai Domain Authority-mu. Walaupun terkesan sederhana, sebenarnya nama domain bisa memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap popularitas situs blogmu, lho.

Bayangkan saja, nama blog yang catchy pasti akan menarik lebih banyak perhatian dan juga berkesan di mata pengunjung dibandingkan dengan nama domain yang terlalu biasa dan pasaran. Karena itu, cobalah untuk memilih dan menggunakan nama domain yang unik, namun tetap relevan dengan topik-topik pembahasan yang kamu angkat.

Nah, kalau untuk masa kadaluarsa domain, mungkin ini bukanlah faktor yang sangat berpengaruh bagi ketenaran blogmu. Namun, masa berlaku domain dari suatu situs mencerminkan seberapa bagus pengembangan situs itu sendiri. Domain yang masa berlakunya terurus akan dianggap sebagai situs yang terpercaya oleh mesin pencarian.Sebab, hal tersebut mengindikasikan bahwa situs terkait masih terawat dan tidak ditelantarkan.


Begitulah kira-kira beragam cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan nilai Domain Authority dari situs blog yang kamu miliki. Jika kamu masih meragukan manfaat dari sebuah otoritas domain, sebaiknya kamu sekarang mulai memperhatikan indikator performa situs yang satu ini. Sebab, dengan mengetahui peringkat dari situs blog yang kamu kelola, kamu jadi mengetahui di mana posisi blogmu di antara ribuan blog-blog lainnya. Dengan begitu, kamu pun jadi bisa merancang strategi yang lebih sesuai untuk meningkatkan pertumbuhan blogmu.

Sumber gambar: 1designshop, Limawell, Clue Design, GILL Solutions, taxiadmin, Buycom Domain.

Related Posts

 
Site Menu