Menulis

Ingin Tingkatkan Kemampuan Menulismu? Mulailah dengan 9 Hal Ini!

Menjadi seorang penulis, baik profesi atau sekadar hobi semakin populer dan diminati banyak orang. Nggak heran, nama dan komunitas penulis baru dalam dunia digital terus bermunculan, baik untuk saling update atau meningkatkan kemampuan menulis. Kamu termasuk salah satu di dalamnya?

Jika kamu masih baru alias pemula dalam dunia tulis-menulis, biasanya kamu akan merasa tulisanmu serba kurang. Tidak hanya itu, kamu mungkin juga suka galau soal bagaimana caranya supaya tulisan kamu terlihat lebih menarik, informatif, dan bisa diapresiasi banyak orang.

Nah, kalau saat ini kamu masih galauin tulisan sendiri, ulasan ini bisa jadi jawaban buat kamu. Berikut adalah 9 cara meningkatkan kemampuan menulis yang bisa kamu coba!

1. Inspirasi jangan ditunggu, tapi dicari!

meningkatkan kemampuan menulis 1Inspirasi pasti mempengaruhi tulisan. Inspirasi nggak selalu ada dari kejadian luar biasa, lho! Inspirasi bisa datang dari keseharian hidup kamu. Ada banyak hal yang bisa kamu jadikan inspirasi tulisan. Mulai dari fashion, orang terdekat, makanan, travelling, lifestyle, atau urusan percintaan.

Apapun topik yang kamu pilih semuanya bukan masalah. Kalau mau dapat inspirasi, jangan cuma nunggu, tapi dicari! Cara mudah mencari inspirasi bisa kamu baca selengkapnya di sini.

2. Kembangkan inspirasi dengan sumber terpercaya

meningkatkan kemampuan menulisSetelah dapat, saatnya mengembangkan inspirasimu. Kamu tentu membutuhkan banyak referensi untuk membuat karya yang baik. Untuk meningkatkan kemampuan menulis juga kualitas tulisanmu, gunakan lah sumber-sumber yang terpercaya.

Media yang dirasa terkenal jangan langsung kamu percaya. Zaman kini, banyak berita yang perlu dipertanyakan. Solusinya, cari informasi jangan hanya dari internet, bisa kamu tanyakan langsung pada ahlinya atau membaca buku dan media cetak lainnya.

Setelah itu, pastikan bahwa data atau tulisan yang kamu jadikan referensi mencantumkan sumber yang jelas sebagai bukti pertanggungjawaban. Menggunakan sumber yang nggak terpercaya hanya akan membuat tulisanmu tidak kredibel. Jadi, selektif dalam memilih sumber tulisan, ya!

3. Bukan hanya makan yang perlu jam, menulis juga!

meningkatkan kemampuan menulisKamu perlu makan tiga kali sehari. Itu jelas kamu ingat dan konsisten kamu lakukan. Namun, konsistensi soal waktu nggak cuma dalam urusan makan, tapi juga saat menulis!

Tentukan waktu yang cocok untuk menulis setiap hari, boleh pagi, siang, sore, atau malam hari. Setelah mendapatkan waktu yang cocok, kamu juga harus konsisten dalam menentukan berapa lama waktu untuk menulis. Hal ini bertujuan agar kamu tahu, batas minimal diri kamu sendiri.

Kalau mau meningkatkan kemampuan menulis kamu dengan cepat, usahakan perbanyak latihan. Menulislah selama lebih dari satu jam sehari dan manfaatkan waktu itu untuk menulis dengan maksimal, bukan untuk mikirin ide tulisan.

4. Cari teladanmu, contoh mereka

meningkatkan kemampuan menulisKalau kamu punya penulis favorit atau jenis bacaan kesukaan, bacalah tulisan mereka lebih sering. Saat membaca, kamu akan melihat bagaimana gaya menulis mereka, baik dari segi pengolahan kalimat, pembuka atau penutup tulisannya.

Gaya tulisan itu bisa dijadikan contoh oleh penulis pemula. Ingat, yang boleh kamu contoh hanya gaya tulisannya, bukan isi tulisannya. Mencontoh atau mengikuti gaya tulisan orang lain dikenal dengan istilah copy from the master.

Namun, mencontoh penulis teladanmu jangan terlalu lama. Kamu juga perlu mengembangkan taste dan style kamu sendiri.

5. Gunakan bahasa yang baik dan benar

meningkatkan kemampuan menulisPemilihan bahasa nggak boleh dianggap sepele. Tulisan yang baik selalu menggunakan bahasa yang baik pula. Mengapa? Sebab, dengan bahasa yang baik informasi dalam tulisan bisa dibaca oleh masyarakat tanpa menimbulkan makna ganda.

Jadi, kalau kamu mau meningkatkan kemampuan menulismu, kaji benar-benar dulu penyampaianmu. Bahasa yang baik dalam menulis nggak selalu soal baku atau tidak, ya. Tapi lebih ke cara penggunaan bahasa itu di kalangan pembacamu, umum atau tidak, dianggap sopan atau kasar.

6. Jangan lupa dibaca kembali!

meningkatkan kemampuan menulisSebelum kamu posting tulisanmu ke blog atau kamu sebarkan ke orang lain, ada baiknya kamu baca ulang lagi. Proses baca ulang ini kalau bisa dilakukan minimal satu hari setelah tulisanmu jadi.

Kenapa harus nunggu satu hari dan nggak dibaca waktu tulisan selesai aja? Kalau kamu baca ulang di waktu yang sama saat kamu menulis, kamu telah terbiasa terhadap tulisan yang baru kamu buat, dan sulit menemukan ruang untuk perkembangan.

Namun, kalau kamu baca ulang dengan rentang waktu yang cukup lama, kamu bisa melihat kekurangan yang ada di tulisan yang kamu tulis. Dari kekurangan itu, kamu bisa perbaiki dan mainkan lagi kreativitasmu.

7. Diri sendiri terkadang nggak cukup

meningkatkan kemampuan menulisTerkadang, membaca tulisan sendiri itu nggak cukup. Soalnya, kita punya seribu alasan pembenaran untuk suatu hal yang mungkin sebenarnya kita ketahui kurang pas.

Selain itu, kita juga sering kurang teliti dan kerap menganggap sepele. Oleh karena itu, kamu butuh bantuan orang lain untuk membaca tulisan kamu!

Carilah orang-orang yang suka membaca, punya pengetahuan luas, kritis, dan nggak takut sama kamu. Bisa teman, sahabat, atau siapapun yang kamu anggap tepat dan mau.

8. Belajar ke sesama penulis

meningkatkan kemampuan menulis Ada baiknya kamu juga mendaftar kelas menulis. Banyak penulis terkenal yang membuka kelas menulis, baik yang gratis ataupun berbayar.

Di kelas menulis, kamu akan diajarkan struktur tulisan, cara menulis, dan hal lain yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis.

Saat belajar nanti, kamu bisa memanfaatkan sesi tanya jawab untuk sharing dan menggali ilmu yang kamu butuhkan untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu.

Apabila kamu nggak punya cukup waktu untuk ikut kelas menulis, kamu bisa coba datang ke talkshow peluncuran buku dan tanya-tanya penulis soal hal yang berkaitan dengan proses menulisnya. Kamu bisa cari informasi kelas menulis atau bedah buku di media sosial kamu.

9. Yang paling penting: cintai tulisanmu!

meningkatkan kemampuan menulisTips terakhir dan yang paling sering dipandang sebelah mata oleh penulis pemula adalah cinta. Kamu tidak akan pernah merasa puas dengan hasil tulisanmu meski sudah puluhan tahun belajar jika tidak mencintai tulisanmu sendiri.

Belajarlah mencintai tulisan kamu dan kenali jenis tulisan apa yang paling sesuai dengan kepribadianmu. Mungkin itu berita, artikel wawancara, atau jenis tulisan lainnya. Rasa cinta terhadap tulisanmu akan mendorong semangat untuk terus meningkatkan kemampuan menulis kamu!


Dengan 9 tips ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan menulismu tanpa galau lagi! Jangan lupa untuk terus berusaha dan yakinkan dirimu jika tulisanmu bagus. Biar makin cinta dengan tulisanmu, kamu bisa menemukan berbagai tips menulis di Blog C2live! Ayo asah kemampuan kamu dan perbanyak pengetahuan soal menulis, blog, SEO, dan masih banyak lagi!

Sumber gambar: Inc.arjunaeduCentroFiveprimeisec.psc.brMediumCiało PedagogiczneTimes Higher EducationAspen Words

Related Posts

Site Menu