artikel review gadget

8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Menulis Artikel Review Gadget!

Gadget lebih dari sekadar kebutuhan, namun juga obsesi untuk banyak orang. Makanya, nggak heran jadi banyak orang berlomba-lomba membuat artikel review gadget. Para pengguna dan fans sejati tidak mungkin mau ketinggalan update dan percobaan penggunaan realistik untuk referensi atau sekadar mengkagumi gawai yang diulas.

Untuk para blogger yang belum berpengalaman dalam membuat artikel review gadget, kamu pasti pernah bertanya-tanya apa saja yang perlu dibahas dan bagaimana cara membuatnya berbeda dari yang lain. Penting untuk mengetahui cara menulis artikel yang tepat supaya tulisanmu tidak bertele-tele dan sarat akan informasi!

Oleh sebab itu, sebelum kamu mulai menulis artikel review gadget, simak dulu 8 tips berikut ini! Ingat, nggak ada yang namanya ‘buta gadget’ ya! Jangan menyerah dulu sebelum mencobanya. Seru, lho!

Tips membuat artikel review gadget


1. Jangan lupa, potret kemasannya sebelum dibuka!

artikel review gadgetArtikel review, terutama gadget, berhubungan erat dengan visual. Selain berfungsi menjadi pemanis, gambar dan video juga dapat mendukung kebenaran penjelasanmu. Mulailah dengan memotret kemasan yang belum dibuka.

Dengan memotret kemasan sebelum dibuka, pembaca akan merasa lebih yakin dengan tulisanmu karena terlihat lebih real, bukan main-main atau sekadar copy paste dari internet. Kamu bisa mengulas bagaimana packaging gadget tersebut, mulai dari ukuran dan bahannya. Yang terpenting, apakah kotak tersebut mampu mengamankan gadget-mu.

Packaging yang kokoh dan terbuat dari bahan yang kuat akan memberikan kesan profesional. Karena itu, pengemasan juga bisa membuat orang semakin tertarik untuk mempertimbangkan pembelian gadget. Jangan lupa ceritakan ini dalam artikelmu!

2. Lakukan unboxing dengan hati-hati

artikel review gadgetKamu yang punya kebiasaan membuka barang dengan serba cepat perlu sedikit menahan diri. Bukalah kotak gadget yang akan kamu review dengan hati-hati. Gunakan cutter atau pisau untuk membuka plastik pelindung supaya kotak kemasan tetap rapi dan bagus saat akan difoto atau dikemas kembali.

Setelah dibuka, kamu bisa mengulas ukuran gadget dan kelengkapannya yang terdapat di dalam kotak tersebut. Baik buku petunjuk, kartu garansi, eaphone, charger, sticker, dan perlengkapan lainnya.

Jangan lupa menyempatkan foto kotak dan isinya supaya artikelmu lebih menarik, ya!

3. Ulas ukuran dan kondisi gadget dengan objektif

artikel review gadgetKetebalan gadget dan rasa nyaman dalam genggaman tangan kerap dilupakan dalam review gadget. Padahal, ukuran gadget bukan hanya soal panjang atau lebarnya. Apalagi, orang awam tidak terlalu yakin soal ukuran inchi atau sentimeter.

Akan lebih membantu pembaca jika disebutkan apakah gadget itu berat, ringan, terlalu besar, terlalu tipis melalui perbandingan dengan barang umum. Pembaca juga akan lebih ingin tahu apakah gadget itu praktis digenggam hanya dengan satu tangan.

Kuncinya di sini, demi objektifitas, sediakanlah pembanding. Bisa dalam bentuk narasi, bila dibandingkan dengan permukaan benda X lebih halus, atau lebih ringan dibandingkan buah Y. Lebih baik lagi bila bisa dibandingkan dengan gadget lain!

Selain membahas soal ukuran, ulas juga tombol-tombol yang ada di pinggir gadget. Apakah tombol-tombol itu mudah dijangkau, memiliki ukuran yang pas, atau terkesan ringkih. Jangan lupa juga bahas posisi jack earphone dan charger-nya.

Kamu bisa menulis seperti ini:

“iPhone SE dengan ukuran layar 4 inci membuatnya nyaman digenggam. Selain itu, jack earphone dan charger yang berdekatan memudahkan penggunaan gadget meski dalam kondisi di-charge. Dibandingkan iPhone serial sebelumnya, SE terasa lebih kecil dan ringan.”

4. Nyalakan gadget dan cobalah bermain-main

artikel review gadgetNyalakan gadget dan coba gunakan. Ulaslah kecepatan reboot, resolusi layar, sensitivitas touch screen dan keypad-nya, serta fitur-fitur unik di dalamnya. Jangan lupa bahas spesifikasi umum yang ditonjolkan dari gadget itu.

Kamera misalnya. Kamera sudah jadi bagian yang paling penting dari sebuah gadget. Resolusi kamera depan dan kamera belakang adalah salah satu aspek yang paling dicari banyak orang.

Coba ambil foto di luar ruangan dan foto di dalam ruangan kemudian tampilkan perbandingan hasilnya. Perbandingan kiri-kanan lebih memudahkan pembaca daripada perbandingan atas-bawah. Jangan lupa beri keterangan di bawah fotomu saat kamu masukkan ke dalam tulisan.

Tes performanya. Gunakan tools benchmark. Cobalah main game beresolusi tinggi. Bukalah banyak aplikasi sekaligus. Coba tes waktu lag, jaringan, dan kejelasan audio, serta kecepatan melakukan charging. Banyak hal yang bisa kamu ulas loh, dari segi software!

Baca juga: Dari Berbagai Tipe Penulis Lepas Berikut Ini, Kamu Masuk yang Mana?

5. Bahas keunggulannya lebih banyak

artikel review gadgetUntuk membuat artikel review gadget-mu lebih menarik dan beda dari yang lain, perbanyak fakta-fakta positif mengenai gadget itu yang sekiranya dibutuhkan oleh pembaca. Misalnya, kalau gadget itu lebih unggul dalam tingkat resolusi selfie yang tinggi, perbanyak pembahasan mengenai kamera depan daripada kamera belakanganya. Juga bisa kamu bandingkan dengan kamera gadget yang sejenis.

Atau, untuk gadget yang dikhususkan untuk main games, coba kamu install banyak games dan mainkan. Kemudian, ulas apakah selama bermain loading-nya lama, cepat panas, crash, warna layarnya, atau semua spesifikasi, seperti RAM, benar-benar mendukung permainan.

6. Bandingkan dengan produk lain

artikel review gadgetPuaskan rasa penasaran pembaca dengan membandingkan gadget yang kamu review dan gadget unggulan lainnya yang serupa. Kalau kamu mau menaikkan viewers artikel review yang kamu tulis, bahaslah gadget yang sedang populer saat ini. Misalnya iPhone X dan LG V30.

Tidak perlu membeli semuanya, cukup bandingkan dengan apa yang sebelumnya telah kamu punya atau cari informasi tambahan di internet. Referensi tambahan ini membuat artikel ulasanmu lebih kaya dibandingkan yang lainnya

7. Sajikan hasil dengan berbagai bentuk

artikel review gadgetBeberapa orang mungkin kesulitan melihat artikel review gadget yang ditulis panjang. Padahal, ulasan panjang lebar yang kamu tulis itu bertujuan agar data yang kamu sajikan lengkap dan diketahui pembaca dengan jelas.

Untuk menyiasati hal itu, kamu bisa mengolah data dalam bentuk yang lain, bukan hanya tulisan, melainkan dalam bentuk tabel, grafik, atau gambar. Biasanya, artikel review gadget yang baik menyediakan tabel spesifikasi. Jangan mager membuatnya! Sangat berpengaruh pada pageviews, lho!

8. Ceritakan pengalaman pribadimu supaya lebih menarik

artikel review gadgetUntuk membuat artikel review-mu lebih valid, cobalah gunakan gadget yang akan kamu review selama beberapa hari. Ulasan yang berasal dari pengalaman nyata, biasanya, akan lebih menarik daripada yang sekadar membahas spesifikasi berdasarkan informasi umum.

Bisa saja selama beberapa hari penggunaan kamera gadget-mu nge-hang, atau ponsel yang baru kamu beberapa jam meledak akibat di-charge terlalu lama, dan bukan tidak mungkin jika gadget kamu tidak rusak meski kehujanan dan terendam banjir.

Pengalaman yang bisa kamu ceritakan tidak harus yang spektakuler atau aneh, perasaan nyaman dan rasa kagum terhadap gadget-mu juga bisa kamu tuliskan.

Baca juga: Jangan Ngaku Geek Kalau Belum Pernah Baca 10 Media Ini!


Menulis artikel review gadget memang nggak mudah karena membutuhkan kecermatan dan modal yang lebih. Tambah lagi, nggak bisa dipungkiri review akan dipengaruhi pandangan subjektif. Yang penting, terapkan 8 tips ini dan mulailah mulislah artikel dengan gayamu sendiri.

Untuk mengetahui tips menulis, dunia freelance, blog, SEO, dan pengetahuan lainnya soal dunia tulis-menulis, kamu bisa baca Blog C2live. Ayo, asah terus kemampuan menulismu!

Sumber : iPhone Box Evolutiongsmdome, GadgetShowDownload MockupThe VergeSmartphones – Gadget HacksNordnetForbes.

Related Posts

Site Menu