menulis artikel travel

Bagaimana Menulis Artikel Traveling yang Menarik?

Salah satu konten yang paling diminati pembaca saat ini adalah artikel travel. Wajar saja, di dunia yang penuh hiruk pikuk, ajakan dan bimbingan untuk berpetualang menyegarkan jiwa dan melihat dunia tampak kian menggugah.

Untuk kamu yang suka traveling dan ingin membagikan pengalaman jalan-jalan, atau hanya sekadar ingin menulis artikel tentang keindahan suatu tempat, ternyata nggak bisa sembarangan menulisnya! Biar pembaca senang dan karyamu banyak dijadikan rujukan traveling, baca dulu beberapa tips menulis artikel travel ini!

Menulis Artikel Travel


1.Bedanya di onsite dan online

menulis artikel travelPengalaman sendiri adalah hal yang sangat krusial dalam menulis artikel travel. Re-blogging saja tidak akan memunculkan perasaan dan kalimat yang ‘wah’ ketika menulis. Tidak ada pengalaman unik pribadi yang bisa kamu bagikan.

Beda bila kamu pernah atau akan mengunjungi tempat yang ingin kamu tulis. Kamu bisa bercerita banyak dari persiapan hingga akhir perjalanan. Elemen visual seperti video dan gambar pun orisinil.

Lagipula, kalau kamu sendiri mencari info wisata melalui artikel, tentu mencari yang penulisnya bisa menceritakan pengalaman pribadi, bukan? Seperti Catatan Backpacker yang memiliki pembaca setia. dan menceritakan pengalamannya secara pribadi.

Namun, tidak berarti kamu tidak bisa membagikan apa-apa bila tidak pergi. Kamu tetap bisa melakukan wawancara, riset, dan survei untuk menulis hal yang berkaitan dengan destinasi tulisan.

2.Melakukan riset tempat yang akan dituju

menulis artikel travelSebelum kamu berangkat ke tempat yang ingin kamu kunjungi dan tulis, lakukan banyak riset. Kamu perlu mencari tahu tentang destinasi hiburan yang mainstream hingga yang anti-mainstream, tempat makan yang lezat dari hotel hingga tepi jalan, serta yang paling penting: tempat yang paling nyaman untuk menulis!

Rencanakan perjalananmu dari awal hingga akhir agar proses penulisan dan menikmati tempat baru tidak tersendat. Menulis artikel persiapan dan perencanaan cukup menarik. Namun, jangan lupa, artikel yang mengisahkan tentang ‘kebodohan’ dan kesalahan yang kamu lakukan juga nggak kalah memikat, lho!

3.Hal yang perlu diperhatikan saat travel

menulis artikel travelAda banyak hal yang perlu kamu perhatikan berdasarkan tujuanmu. Bagaimana iklim, geografi, ketersediaan kendaraan, kondisi sosio-politik, tingkat keramaian, dan banyak hal lagi yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya semua ini berkaitan dengan barang yang kamu bawa, lamanya kamu tinggal, dan ujung-ujungnya apa yang kamu tulis!

Bila iklim sedang dingin, maka otomatis baju yang tebal akan banyak dibawa. Bila ketersediaan ATM sedikit, maka sediakan tunai lebih banyak untuk jaga-jaga.

Pikirkan juga apa yang ingin kamu lakukan. Apakah lebih banyak berinteraksi dengan lokal, ikuti konser/festival, atau sekedar bermain dan menikmati alam lepas? Cari tahu dulu apa yang ada dan/atau sedang terjadi di destinasi tujuanmu!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kafe Untuk Menulis Di Bandung yang Wajib Kamu Coba!

4.Bawa catatanmu dan catatlah hal-hal yang menarik

menulis artikel travelCatat dan rekam semuanya. Paling ngenes kalau lupa apa yang pernah kamu alami atau mengambil foto tempat yang bagus.

Sediakan baterai cadangan yang banyak. Selalu sadar di mana tempat mengisi daya terdekat. Bila perlu, bawa Polaroid atau disposable camera, dengan catatan kecil. Menulis artikel travel harus komit!

Jangan lupa dengan detail-detail yang kamu jumpai! Detail kecil pun akan menjadi suatu bumbu dalam artikel travel yang kamu tulis! Stay focused dan stay exploring!

5. Apa pengalaman pribadi yang unik?

menulis artikel travelSeperti yang disebutkan di atas, penting sekali ketika menulis artikel ada pengalaman unik yang bisa dibagi. Untuk membantumu mencari hal ini, coba lihat tulisan orang lain tentang tempat yang sama. Apa yang membedakan pengalamanmu dengan pengalaman mereka? Bagaimana kamu bisa mendorong pembacamu juga turut ikut travel?

6. Orisinil ya!

menulis artikel travelTangkap gambar-gambar yang tidak hanya unik, namun juga orisinil! Memang butuh sedikit latihan fotografi untuk menemukan sudut pandang dan shot yang sempurna. Namun, bila kamu sering melakukannya (atau belajar dari YouTube), maka artikel kamu memiliki nilai lebih.

Darah dari artikel travel adalah cara kamu menerangkan pengalamanmu. Namun dagingnya adalah foto yang bisa memicu imajinasi orang untuk tertarik berkunjung!

Selain untuk meyakinkan pembaca bahwa kamu benar-benar telah berkunjung, pembaca juga mendapat gambaran dari apa yang akan mereka temui jika berkunjung.

7.Revise

menulis artikel travelMungkin kamu akan menulis artikel travel kamu sembari kamu bertualang. Namun, jangan langsung puas. Tinjau kembali setelah kamu sudah menyelesaikan perjalanan. Pikirkan penyampaian yang pas untuk menggambarkan setiap momen. Ulas kembali dan rasakan pengalaman yang dirindukan tersebut. Edit lagi, lagi, dan lagi!

Baca Juga: Kisah Penulis: Secangkir Kopi dan Segenggam Inspirasi dari Kota Yogyakarta


Nah, semoga dengan tips-tips di atas kalian bisa mengisi blog pribadi dengan artikel travel yang semakin unik dan menarik! Bila sudah menulis artikel travel baru, jangan lupa bagikan di sini, ya, hasil akhirnya! Untuk tips menulis artikel tipe lainnya, yuk kunjungi Blog C2live! Siap menulis petualanganmu selanjutnya?

Sumber: StockSnap, StockSnap, Hans, Pexels, Free-PhotosStokpicQuinntheislander.

Related Posts

Site Menu