Menulis-dengan-cinta-Dini-Fitria-fitur

Hangatnya Berbagi Tips Menulis dengan Cinta Bareng Dini Fitria dan Komunitas ISB

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Kamis (15/02) lalu, C2live berkolaborasi dengan Indonesian Social Blogpreneur (@komunitasISB) dalam menggelar acara sharing session bersama Dini Fitria. Dini Fitria memang sudah dikenal sebagai seorang penulis muda produktif yang telah melahirkan trilogi novel Cinta.

Memulai karir sebagai jurnalis untuk salah satu televisi nasional membuat Dini bisa mengasah bakat menulisnya. Sejak kecil pun Dini mengaku sudah gemar mengarang dan juga mengikuti lomba yang berhubungan dengan menulis. Nggak heran, dengan bakat yang sudah terasah itu, Dini sekarang sukses melahirkan tiga buah novel yang sukses menjadi best seller.

Acara yang digelar di JSC Hive tersebut berjalan hangat dan insightful. Hujan yang mengguyur deras sejak pagi nggak bikin semangat para peserta surut. Justru, atmosfer ceria dan canda sudah mewarnai acara sejak awal.

Acara dibuka oleh sambutan dari pihak C2live, Kulina, serta Shafira dan dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh Ani Berta. Setelah itu, 30 peserta yang dipilih dari kalangan blogger pun siap menerima materi dari Dini Fitria.

Mencintai Tulisan Sendiri adalah Kunci

Menulis-dengan-cinta-Dini-Fitria-2

“Penulis wajib mencintai tulisannya, kalau enggak bisa gawat. Untuk bisa mencintai apa yang ia tuliskan, penulis harus mengenal betul apa yang ia tulis. Tak kenal maka tak sayang”, itulah tips yang ditekankan oleh Dini Fitria soal pentingnya menulis dengan cinta.

Dini pun menceritakan proses menulis buku ketiganya yang berjudul Islah Cinta, dimana ia harus menulis sebuah kisah yang bertempat di India, negara yang memiliki kesan buruk di kepalanya. Sempat pergi liputan di sana pada tahun 2011, Dini sama sekali nggak menemukan hal yang menarik dari negeri Bollywood tersebut.

Selama dua hingga tiga bulan masa penulisan, Dini terus merasa kesulitan meramu kisah yang bisa ia tuliskan dengan nyaman. Ternyata, itu karena dia sendiri belum jatuh cinta dengan India yang menjadi latar penting dalam ceritanya.

Akhirnya, ia pun memutuskan untuk kembali berangkat ke sana dan mencoba menggali keindahan-keindahan India lebih jauh. Tak disangka, India yang sebelumnya begitu buruk di matanya bisa berubah menjadi mata air inspirasi yang segar.

“Kalau sudah mencintai, maka tulisan akan mengalir begitu saja”, ungkap Dini berkaca pada pengalamannya dalam melahirkan novel ketiga dari trilogi Cinta tersebut. Tak hanya itu, Dini pun berulang kali menekankan pentingnya melibatkan human interest pada setiap cerita yang kita bangun.

Cari hal yang relevan, jahit dengan human interest. Beri orang ruang untuk ikut merasa apa yang kita tulis. Karena cerita yang baik tidak hanya membuat audience berpikir, tapi juga merasakan.

#MenulisDenganCinta Menjadi Trending Topic di Twitter

Menulis-dengan-cinta-Dini-Fitria-3

Setelah jeda makan siang, acara berlanjut ke sesi tanya jawab. Yang menarik, sesi ini nggak cuma tertuju pada Dini, tapi juga rekan-rekan sesama blogger yang saling berbagi tips dan pengalaman mereka selama menulis. Masing-masing saling mengungkapkan bagaimana cara mereka menuliskan feature story hingga review produk sesuai dengan niche blog mereka.

Kabar baik lainnya, tagar #MenulisDenganCinta yang digunakan untuk membagikan keseruan acara ini di media sosial pun berhasil menempati trending topic Indonesia urutan pertama. Nggak disangka loh acara yang hanya dihadiri 30 peserta bisa sukses jadi trending topic!

Kurang lebih 5 jam berlalu tanpa terasa akibat sharing yang seru dan heboh. Menjelang pukul 15.30 sharing session yang menarik tersebut harus diakhiri, meskipun antusiasme para peserta belum terlihat surut. Dini Fitria menutup acara dengan mengingatkan para peserta bahwa menulis adalah suatu hal yang membahagiakan. Itu sebabnya menulis harus membuat kita sebagai penulis merasa bahagia, bukannya terbebani.

Ditutup dengan pembagian cindera mata dari Shafira dan sesi foto bersama, acara Menulis dengan Cinta sukses memberikan banyak tips dan insight bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir.

Related Posts

 
Site Menu