Kopi Nangka

Menyesap Kopi Nangka di Lereng Gunung Kelir

Coffee should be black as hell, strong as death, and sweet as love.

Memasuki kedai kopi bergaya bangunan Joglo dengan tembok dan tiang bata yang di-expose ini seperti memasuki rumah yang nyaman. Musik kekinian berbahasa Jawa dari perangkat pemutar digital menyambut jelajah kaki selain keset bertuliskan “Welcome”. Hilang rasanya segala penat sepanjang perjalanan menuju ke tempat ini. Konsep kedai terbuka tanpa jendela menjadikan angin sejuk pegunungan semilir untuk dinikmati. 4 buah meja dan 4 bangku kayu yang mengelilingi tiap meja serta tempat tidur balai bambu menghiasi ruangan dalam kedai kopi. Kedai kopi ini berada pada area lapang di lereng gunung Kelir, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Puluhan hektar tanaman kopi tumbuh mengelilingi kedai. Sejauh mata memandang hanya hijaunya daun tanaman kopi yang terlihat. Asri.

Doesoen Kopi Sirap menjadi nama kedai kopi yang dikelola oleh komunitas pemuda yang tergabung dalam karang taruna desa. Kedai kopi yang berlokasi di Dusun Sirap, Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang ini berjarak kurang lebih 2 Km dari jalur utama Ambarawa – Magelang. Jalan menuju ke kedai kopi Dusun Sirap menanjak dan berkelok, sudah beraspal dengan beberapa tikungan tajam yang harus dilalui. Cukup mudah menemukannya dengan menggunakan aplikasi peta di gawai pandai. Jika kamu berkunjung ke tempat ini naik motor atau mobil, pastikan dalam kondisi prima kendaraan bermotornya ya.

Deretan toples kaca mungil berisi roasted bean tertata rapi di meja barista. Kopi Merbabu, kopi Bismo Wonosobo, kopi peaberry arabika Temanggung (kopi lanang), kopi luwak, Arabika  dan Robusta gunung Kelir serta beberapa varian kopi lainnya tertera pada label tiap-tiap toples. Perhatianku langsung tertuju pada varian kopi Excelsa gunung Kelir. Varian kopi beraroma nangka ini memang ingin aku coba setelah beberapa teman penyuka kopi menyarankan untuk mencoba aroma dan rasanya.

Kopi Nangka


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Jelajah Langkah. Jika kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, silakan hubungi putra@c2live.com.

Related Posts

Site Menu