cara blogger kerjasama moladin

Inilah Cara Moladin Mengajak Blogger Bekerja Sama

Enricko merupakan evangelist dari C2live.com. Ia percaya bahwa konten positif dapat membuat bangsa Indonesia lebih maju =)

cara blogger kerjasama moladin

Moladin merupakan platform motor online di Indonesia yang menyediakan dua hal, yakni berbagai berita motor terbaru lewat blog-nya, serta penawaran produk motor dengan sistem bayaran cicilan. Pengguna juga bisa melakukan aktivitas tanya jawab seputar motor lewat fitur forum Moladin, dan menuliskan review mereka seputar produk motor.

Didirikan sejak tahun 2017, Moladin secara reguler bekerja sama dengan blogger otomotif di Indonesia. Berbicara dengan perwakilan dari C2live, Moladin menjelaskan bagaimana biasanya mereka berkolaborasi dengan blogger.

Cara Moladin berkolaborasi dengan blogger

Setelah melewati berbagai jenis kerja sama, Moladin menemukan bahwa tujuan paling efektif berkolaborasi dengan blogger adalah untuk kepentingan pemasaran online, khususnya untuk meningkatkan brand awareness terhadap Moladin. Blogger bisa menuliskan berita terbaru seputar perkembangan Moladin, juga sewaktu-waktu memberikan backlink kepada Moladin yang berguna untuk memperkuat SEO situs perusahaan.

Setidaknya ada dua jenis kerja sama yang ditawarkan oleh Moladin untuk para blogger. Pertama, blogger terpilih diminta untuk berkontribusi secara aktif di dalam platform Moladin. Contohnya adalah dengan menjadi pengguna yang aktif bertanya jawab dalam forum Moladin. Kedua, blogger diminta untuk menuliskan artikel untuk Moladin di blog pribadi mereka. Kedua sistem kerja sama ini bisa dilakukan secara berbayar maupun tidak berbayar, tergantung dari kebutuhan dan kesepakatan dari kedua belah pihak.

Moladin melihat pentingnya menjaga hubungan dengan blogger, dan sudah memiliki puluhan blogger yang rutin diajak bekerja sama dalam sebuah grup WhatsApp. Ada saat di mana Moladin meminta bantuan blogger untuk menuliskan artikel berdasarkan rilis pers yang dibuat Moladin secara sukarela, ada juga saat di mana Moladin melakukan kampanye blogger berbayar dalam bentuk advertorial atau pemasangan spanduk.

Tipe blogger yang Moladin cari

Moladin memiliki ketertarikan tinggi untuk bekerja sama dengan blogger yang fokus menuliskan artikel-artikel otomotif. Tipe blogger yang ideal adalah mereka yang bisa menuliskan artikel seputar dunia otomotif secara mendalam, memiliki engagement yang tinggi di blognya (dalam bentuk komentar), memiliki trafik yang baik (ratusan ribu pageview per bulan), dan blog-nya SEO-friendly. Tim Moladin berharap kedepannya akan lebih banyak blogger tanah air yang sesuai dengan karakteristik tersebut.

Baca juga: Berkenalan dengan Domain Authority dan Page Authority, Dua Hal Penting bagi Kemajuan Blogmu

Tim Moladin menyasar blogger yang bisa menuliskan artikel seputar otomotif secara original, dan tidak melulu hanya mengikuti referensi artikel dari blog otomotif lainnya. Mereka juga menyadari bahwa trafik yang tinggi tidak berbanding lurus dengan engagement pembaca (dalam bentuk komentar). Karenanya, tim Moladin secara manual kerap memeriksa jumlah komentar dari artikel-artikel blogger terlebih dahulu.

Untuk trafik blog, Moladin memeriksa estimasinya menggunakan SimilarWeb. Sedangkan untuk SEO, mereka akan mengecek nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dari situs blog terkait menggunakan Moz. Saat ini, Moladin menyebutkan dua nama blog yang menurut mereka paling oke dan bisa dijadikan referensi di bidang otomotif Indonesia: Iwan Banaran dan TMCblog.

Saat ini, Moladin menggunakan tiga cara untuk mencari blogger:

  • Pertama, Moladin aktif berpartisipasi dalam acara komunitas penggiat otomotif di Indonesia. Di sanalah mereka kerap bertemu dengan penggiat otomotif yang juga menuangkan hobi mereka dalam bentuk tulisan di blog.
  • Kedua, Moladin akan mengeksplorasi kata kunci otomotif tertentu melalui search engine dan melihat blog mana saja yang muncul di halaman pertama pencarian Google. Moladin juga akan memeriksa nilai DA, PA, serta estimasi trafik. Bila blog tersebut memiliki nilai otoritas yang oke, maka akan dihubungi oleh tim Moladin.
  • Ketiga, Moladin mengadakan lomba blog dan mengumpulkan database blogger dari peserta lomba.

Ayo bergabung ke lomba blog Moladin!

Saat ini, Moladin kembali mengadakan lomba blog dengan tema “Merdeka di Era Digital” dengan hadiah total Rp5.500.000. Lombanya juga sederhana. Lomba ini hanya memiliki tiga syarat:

  • Tulisan minimal 350 kata;
  • Wajib menyertakan minimal 1 buah backlink ke https://moladin.com/17-agustus dengan anchor text “17 Agustus”;
  • Artikel harus memasukkan gambar dengan URL: https://srvimg.c2live.com (tutorial).

Ayo daftarkan diri kamu sekarang! Lomba akan ditutup pada tanggal 31 Agustus 2018!

daftar lomba blog

Related Posts

 
Site Menu