BLOGER-INDONESIA-1

Ini Dia Trik Rahasia Para Influencers Menghasilkan Uang Lewat Blog Mereka

Salah satu tantangan bagi seorang bloger adalah menemukan cara monetisasi yang tepat bagi blog mereka. Karena setiap bloger tentu ingin blog mereka nggak sekedar banyak dibaca orang, tapi juga bisa menghasilkan uang untuk mereka. Kalau kamu adalah salah satu bloger yang juga bingung akan hal ini, coba belajar dari beberapa blogger Indonesia yang telah sukses menemukan konsep monetisasi bagi blog mereka.

Siapa saja mereka dan bagaimana blog mereka mengasilkan uang? Yuk simak!

1. Bena Kribo – Benablog

bloger-indonesia

Rasanya nggak ada yang meragukan Bena Kribo sebagai salah satu bloger kelas atas di Indonesia. Gaya penulisannya yang ringan dan mengangkat problematika seputar kehidupan anak muda melalui penambahan visualisasi seperti gambar dan video menjadi daya tarik tersendiri. Nggak heran, setelah konsisten memproduksi konten selama bertahun-tahun, ia mempunyai basis pembaca yang super banyak.

Dengan popularitas yang telah ia raih, ia pun memanfaatkan blognya agar bisa ikut menghasilkan Rupiah. Ia banyak bekerja sama dengan berbagai produk yang nantinya akan ia ulas, bisa dalam bentuk tulisan ataupun video yang akan ia unggah di blognya. Ia juga memanfaatkan blognya untuk memasarkan clothing line yang ia rintis sendiri. Selain itu, berkat blognya, ia juga sering mendapat tawaran untuk mengisi materi seminar creative writing di berbagai kota.

2. Muthia Pakpahan – Turis Cantik

bloger-indonesia

Di ranah travel blogging, tentu nggak lengkap kalau kita nggak menyebut nama Muthia Pakpahan, atau yang biasa dikenal lewat blognya TurisCantik.com. Muthia secara konsisten berbagi tips jalan-jalan ke para pembacanya. Sesekali, ia juga mengulas produk-produk kecantikan. Alhasil, blognya ramai diserbu oleh orang-orang yang suka jalan-jalan maupun cewek-cewek yang butuh referensi.

Dengan berhasil menangkap dua pangsa pasar yang besar, nggak heran kalau banyak perusahaan yang tertarik bekerja sama bareng Muthia. Ia pun sering diundang untuk menghadiri launching produk kecantikan atau menginap di berbagai resort di nusantara.

3. Sonia Eryka – [http://www.soniaeryka.com/]

Untuk bisa mendapatkan uang, bloger nggak melulu harus memasang iklan atau ulasan berbayar. Salah satu cara kreatif yang bisa kamu tiru adalah cara Sonia Eryka dalam menjadikan blognya sebagai portofolio.

Sebagai seorang fashion designer, Sonia sering mengunggah desain yang ia ciptakan di blognya tersebut. Ia juga mencantumkan berbagai prestasi ataupun liputan atas pencapaiannya di bidang fashion blogging. Dengan menampilkan itu semua di blog, kredibilitas Sonia di indusri fashion pun terbentuk dengan positif. Hasilnya, brand ternama seperti Uniqlo atau Marc Jacobs pun tertarik untuk berkolaborasi dengannya, bahkan mengundangnya untuk hadir di acara-acara yang mereka selenggarakan.

4. Julia & Marius – AnakJajan.com

Blog bertema kuliner yang digagas oleh Marius Tjenderasa dan Julia Veronica bisa dibilang telah menjadi food blog yang paling dikenal di Indonesia. Memadukan tulisan yang renyah dan fotografi yang hangat membuat AnakJajan.com sebuah blog yang sangat lezat untuk dibaca dan dinikmati. Tak hanya itu, lengkapnya daftar kategori yang disediakan dengan rapi membuat setiap pembaca mudah untuk mencari artikel yang mereka butuhkan. Sehingga, nggak akan ada pembaca yang kabur karena sistem navigasi blog yang buruk.

Dengan kualitas seperti ini, tentu nggak mengherankan kalau sangat banyak restaurant, cafe, hingga hotel datang dan mengajak mereka untuk bekerjasama. Tak hanya itu, AnakJajan.com juga menyediakan kolom yang bisa digunakan untuk memasang banner iklan di blog mereka, yang tentunya akan menguntungkan brand manapun yang memasarkan produk mereka di sana.

5. Marischka Prudence – Life is An Absurd Journey

bloger-indonesia-5

Mengawali karir sebagai seorang jurnalis, kini Marischka telah sukses menggeluti dunia travel blogging. Ia konsisten membagikan pengalaman menjelajah berbagai tempat di dalam dan luar negeri, lengkap dengan foto-foto yang instagramable. Nggak heran, kalau banyak pembacanya pun akhirnya jadi follow Instagram Marischka juga.

Cara Marischka memonetisasi blognya pun cukup unik. Selain membuka kerja sama dalam bentuk ulasan berbayar, Marischka dan timnya juga beberapa kali membuka sesi open trip ke berbagai tujuan. Adanya open trip ini memungkinkan para pembacanya yang juga suka jalan-jalan untuk travelling bareng bersama tim dari Marischka. Menarik dan kreatif kan?

6. Alexander Thian – aMrazing

Alexander Thiam atau yang lebih dikenal sebagai aMrazing ini adalah salah satu travel blogger yang unik. Ketika kebanyakan travel blogger menceritakan soal keindahan pemandangan atau keseruan perjalanan mereka, Alex lebih memilih untuk memberikan unsur human interest di tulisannya. Ia banyak bercerita soal orang-orang yang ia temui, atau moral value dari setiap perjalanannya.

Sementara dalam hal monetisasi, blog hanyalah sebuah pintu masuk utama bagi orang untuk mengenalnya. Dalam blognya, ia sering mengarahkan pembacanya untuk mengikuti dia di media sosial dimana di sanalah ia banyak melakukan monetisasi. Cara ini cukup cerdas, karena dengan ini, ia tetap bisa mendapat penghasilan sementara blognya pun tetap bersih dari promosi produk yang berlebihan.


Nah, itu tadi 6 inspirasi cara menghasilkan Rupiah dari blog. Jika kamu memiliki jiwa entrepreneur, kamu bisa meniru cara Bena Kribo yang menggunakan blognya untuk memasarkan produk yang ia rintis sendiri. Kamu juga bisa meniru Sonia Eryka yang menjadikan blog sebagai sebuah portofolio sehingga karyamu bisa dikenal orang lebih luas.

Intinya, sebagai bloger, kamu bukan cuma harus jeli mencari tema tulisan, tapi juga harus kreatif dalam mencari jalan agar blogmu bisa menghasilkan Rupiah. Jangan ragu juga untuk belajar ke bloger-bloger yang sudah sukses dalam mengelola blog mereka. Kisah dan pengalaman mereka bisa jadi inspirasi untukmu menemukan konsep monetisasi yang tepat untuk blogmu. Sukses guys!

Sumber: Sonia Eryka, Hitsss, TurisCantik, Sonia Eryka, Anak Jajan, Burhan Abe’s Blog, aMrazing.

Related Posts

Site Menu