lagu-klasik-fitur

Siapa Bilang Lagu Klasik Cuma Bisa Bikin Ngantuk? Buat Nemenin Nulis juga Oke, kok!

Sering denger stereotype yang mengatakan bahwa lagu klasik itu bikin ngantuk dan nggak cocok buat jadi penyemangat kerjamu? Nggak juga, kok! Faktanya, justru banyak lagu klasik yang bisa membawakan kepadamu alunan nada kalem yang bikin rileks, sehingga bisa menenangkan hatimu dan dan bikin kamu fokus mengerjakan berbagai pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, termasuk menulis.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin membuktikannya, atau bagi kamu yang emang suka menikmati alunan musik ini, C2live punya rekomendasi 10 lagu klasik yang bisa kamu jadikan teman nulis supaya nggak bosen dan makin fokus. Simak playlist-nya di bawah ini!

1. Golliwog’s Cakewalk

Bagi kamu yang tau siapa itu Debussy, mungkin kamu akan berpikiran bahwa lagu-lagunya kebanyakan memberikan kesan yang kalem, ringan, slow, dan bahkan bikin ngantuk. Tapi nggak dengan lagu yang satu ini! Golliwog’s Cakewalk merupakan salah satu lagu ciptaannya yang memiliki irama playful dan ceria, sehingga nggak bakal bikin bosen dan ngantuk. Justru, kamu mungkin bisa terpancing untuk memikirkan berbagai hal menyenangkan ketika menulis.

2. Polovtsian Dances

Satu lagi bukti bahwa lagu klasik nggak selamanya lamban dan ngebosenin. Polovtsian Dances, yang merupakan bagian dari rangkaian “Prince Igor” ciptaan Alexander Borodin, adalah sebuah lagu yang memiliki banyak perubahan dinamika sepanjang lagunya. Kamu akan diajak mendengarkan lantunan melodi santai, memburu, halus, hingga emosional secara bergantian sehingga menimbulkan emosi yang beragam. Dijamin nggak bikin ngatuk, deh!

3. Moldau

Buat kamu yang suka iringan lagu megah saat menulis, piece ini bisa jadi pilihan yang pas. Harmoni lagunya yang majestic bisa membuatmu tergugah untuk menggerakkan jari-jarimu sehingga makin semangat menulis.

Moldau” merupakan bahasa Jerman dari “Vltava”, sebuah sungai di Republik Ceko yang terkenal karena keindahannya. Lagu ini merupakan satu dari enam rangkaian lagu yang tergabung dalam simfonisasi puisi “Má vlast”, ciptaan seorang komposer Ceko bernama Bedřich Smetana. Má vlast sendiri memiliki arti “My homeland”. Jadi, nggak heran, kan, kalau dia dengan sebegitu megahnya menggambarkan keindahan kampung halamannya melalui lagu ini?

4. The Second Waltz

Kamu pasti setuju kalau menulis itu membutuhkan kreativitas. Kreativitas sendiri bisa tercipta bila kamu sudah memiliki imajinasi tertentu. Sedangkan imajinasi sendiri biasanya muncul ketika kamu sudah memiliki inspirasi akan suatu hal. Nah, bagi kamu yang rajin bergelut dengan tulisan fiksi, The Second Waltz karangan Dmitri Shostakovich ini bisa jadi pilihan musik buat menemanimu menulis. Irama lagunya yang memancarkan mythical dan magical feeling akan membawamu masuk dunia imajinasi penuh fantasi ketika menulis, sehingga akan memberikanmu inspirasi!

5. Spring Sonata

Siapa, sih, yang nggak kenal dengan Ludwig van Beethoven? Kamu-kamu yang nggak hobi dengerin musik klasik pun pasti pernah dengar namanya karena karya-karya hebatnya sudah mendunia sejak dulu. Komposer yang sukses menjembatani Baroque Period dengan Romantic Period ini juga dikenal karena berbagai Sonata ciptaannya yang berhasil membuat jutaan orang jatuh hati, termasuk dengan Violin Sonata No. 5 alias “Spring Sonata”-nya ini. Sekali dengar, dijamin ketagihan, deh! Karena kamu akan ngerasa lebih hidup layaknya bunga-bunga yang bermekaran dengan indah di musim semi. Pasti bisa bikin kamu lebih semangat nulis!

6. Tannhäuser

Tannhäuser adalah salah satu overture terbaik di dunia. Masterpiece satu ini merupakan karya Richard Wagner sebagai bagian dari rangkaian kisah opera buatannya dengan judul yang sama. Lagu ini sendiri menceritakan bagian di mana Tannhäuser, sang tokoh utama, menjalani sebuah perjalanan spiritual dengan segala pergumulan batinnya, hingga pada akhirnya berhasil menepis semua godaan jahat yang membayanginya. Jika kamu perlu iringan lagu yang kaya akan emosi untuk memancing inspirasi ataupun sebagai penyemangat dalam menghadapi tantangan, lagu ini bisa kamu jadikan pilihan.

7. Radetzky March

Satu lagi pilihan lagu klasik buat kamu yang takut ngantuk dibuatnya. Sesuai namanya, Radetzky March yang dikarang oleh Johann Strauss ini menggunakan ritme mars yang energik, ceria, dan bersemangat. Suasana meriah yang diciptakan dijamin bakal menghalau rasa kantuk kamu ketika menulis. Malah, suasana hatimu bisa dibuat lebih cerah ceria ketika mendengarkannya. Kamu pun jadi bisa menulis dengan lebih semangat, deh!

8. Gymnopedie No. 1

Buat kamu yang cari suasana kalem pas nulis, Gymnopedie No. 1 yang dikomposisikan oleh Erik Satie ini bisa kamu jadikan andalan. Alunan melodinya yang lembut dan tranquil cocok banget buat menciptakan suasana hati yang tenang pas nulis. Berbeda dengan rekomendasi-rekomendasi sebelumnya, kesederhanaan rangkaian nada dalam lagu ini akan jauh membuatmu rileks karena nggak banyak dinamika yang menyetir suasana hatimu ke sana kemari.

9. La Mer

Ingin diselimuti megahnya atmosfer samudera saat menulis? Komposisi La Mer oleh Claude Debussy ini bisa jadi pilihan yang cocok buatmu. Sesuai namanya, alunan lagu ini akan membawamu merasakan indahnya lautan diiringi hembusan angin dan tarian ombak. Pokoknya, pas banget, deh, nemenin waktu nulismu di senja hari!

10. Nocturne Op. 9 No. 2

Mungkin lagu klasik yang satu ini udah nggak asing lagi di telinga kamu. Saking terkenalnya, lagu ini juga cukup familiar di telinga mereka yang bahkan bukan pecinta musik klasik. Nocturne Op. 9 No. 2 dikenal karena bisa memberikan kedamaian pikiran bagi para pendengarnya karena alunan nadanya yang ringan. Kalau kamu mendengarkan lagu ini sambil menulis, dijamin fokusmu nggak bakalan terganggu.


Gimana? Apakah pandangan kamu terhadap musik klasik sudah mulai berubah sekarang? Nggak semuanya bikin ngantuk, kan? Malah, karakteristiknya yang cenderung tenang dan kalem bisa banget membantumu buat lebih fokus saat nulis.

Buat kamu yang punya rekomendasi lagu klasik lain untuk didengarkan sambil nulis, jangan sungkan-sungkan nambahin di kolom komentar, ya!

Sumber: Time Out, Pianist MagazineAkademia Filmu i TelewizjiRichard Brittain, Diana Chiva, alexatornrose, Richard Brittain, André Rieu, DistantMirrors, IlaryRhineKlange, andrea romano.

Related Posts

Site Menu