Kenalan dengan Pemenang III Blogging Competition C2live bersama EV Hive

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Menulis blog adalah hal yang gampang-gampang susah. Gampang karena formatnya yang ringan, serta bahasan topik yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Ketika menulis blog, batasan yang kamu miliki sangatlah minim, karena kamu hanya perlu menuangkan pikiranmu dengan kreatif. Salah satu cara latihan yang paling ampuh agar di tulisanmu di blog semakin baik adalah dengan mengikuti blogging competition. Mengapa?

Blogging competition akan membuatmu melakukan riset, menciptakan kerangka pemikiran yang runut, serta mengikuti format penulisan yang sesuai. Dengan begitu, kamu pun akan semakin terbiasa untuk melatih train of thought-mu. Nah, ngomong-ngomong soal blogging competition, tentu belum lengkap tanpa membaca tips dari penulis yang sudah pernah menjuarainya. Untuk itulah, yuk kenalan dengan pemenang III blogging competition dari C2live dan EV Hive, Khoirun Nizam!

Siapa itu Khoirun Nizam?

Nizam 1

Sumber: Sinizam

Khoirun Nizam – atau yang biasa dipanggil Nizam – menulis dengan aktif di blog pribadinya, Sinizam.com. Mahasiswa yang di Universitas Airlangga jurusan Ilmu Komunikasi ini menulis tentang berbagai topik menarik, mulai dari traveling, kesehatan, hingga membahas soal perkembangan terbaru di dunia badminton.

Karena ia konsisten mempublikasikan artikel baru setiap bulan, blog-nya pun ramai dikunjungi pembaca, bahkan lebih dari 430.000 orang telah berkunjung di blog Nizam sejauh ini. Tapi, tenang saja! Kamu tidak harus menjadi blogger profesional kok untuk bisa mengikuti berbagai blogging competition yang ada. Nizam sendiri masih harus membagi waktu antara kesibukan kuliah dan prioritas menulisnya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menulis!

Proses Penulisan yang Cukup Panjang

Nizam 2

Sumber: Videoblocks

Nizam mengaku pertama kali ia mengetahui tentang blogging competition melalui newsletter C2Live. C2live sendiri ialah sebuah komunitas penulis dan blogger yang terintegrasi di Indonesia. Setelah itu, hal pertama yang ia lakukan adalah: riset sebanyak-banyaknya, ia membaca website EV Hive coworking space dengan teliti dan menyeluruh.

“Proses riset ini penting, terutama karena saya tinggal jauh dari Jabodetabek, sehingga saya tidak bisa mengunjungi langsung tempat-tempatnya,” ujar Nizam.

Walaupun demikian, ia mengaku selalu menanyakan hal-hal yang kurang jelas pada salah satu staf EV Hive.

“Kalau dihitung-dihitung, proses pengerjaan dari tahap mencari ide, riset, hingga dipublikasikan, memakan waktu 10 hari. Itu pun saya harus pintar-pintar membagi waktu dengan banyaknya tugas kuliah yang harus diselesaikan,” ungkap Nizam.

Dengan perasaan nothing to lose, Nizam mengaku hanya mengerjakan yang terbaik, sehingga tak ada ekspektasi apa-apa. Ia pernah mengikuti beberapa blogging competition sebelumnya, dan ia selalu mengambil pelajaran penting dari lomba tersebut agar bisa terus memperbaiki diri.

Tips untuk Para Blogger

Nizam 3

Sumber: Thebalance

Sebagai orang yang telah aktif menulis selama bertahun-tahun, Nizam punya beberapa tips untuk para blogger, terutama kamu yang ingin memenangkan blogging competition. Simak di sini, yuk, tips-tipsnya:

1. Konsisten Menulis Hal yang Kamu Sukai

Nizam 4

Girl on tablet with social media icon chalkboard

Sumber: Deeraj Soni

Salah satu tantangan terbesar dalam blogging adalah konsistensi. Banyak sekali topik yang ingin kamu tulis, namun belum tentu punya waktu untuk mempublikasikan semuanya. Karena itulah, kamu harus menjaga konsistensi ini dengan mencari beberapa topik yang kamu sukai.

“Saya pernah mengelola sebuah blog kesehatan yang notabene bukan passion saya, sejak itu saya sadar amat sulitnya membuat blog yang tidak linier dengan apa yang kita kuasai. Akan jauh lebih baik jika punya fokus (niche) tertentu, misalnya tentang traveling atau parenting. Memang berat sih, saya belum sampai pada tahap itu. Namun, saya banyak menjumpai mereka yang blognya sukses bermula dari fokus pada suatu tema yang spesifik dan mendalam. Jangan heran kualitas tulisan yang dihasilkan begitu tajam,” jelas laki-laki yang hobi menulis sejak SMP ini.

2. Sajikan Sesuatu yang Kreatif

Nizam 5

Sumber: Entrepreneur

Untuk memenangkan blogging competition, kreativitas adalah salah satu hal utama. Nizam yang beberapa kali menjadi juara di lomba blog ini mengatakan, “Di setiap lomba saya berusaha menyuguhkan sesuatu yang baru, kreatif, dan beda dari yang lain. Kalaupun tidak menang, saya selalu ‘ngintip’ dan belajar dari peserta yang lain.” Ia juga mencetuskan para bloggers agar tidak malas bertemu dan ngobrol dengan sesama blogger, karena pastinya akan mendapatkan pemikiran baru yang seru untuk ide tulisan!

3. Berikan Sesuatu yang Lebih

Nizam 6

Sumber: The Next Web

Dengan banyaknya ribuan blog lain yang dimiliki masyarakat Indonesia, tentu persaingan merebut pembaca akan makin ketat, bukan? Untuk itulah, jika kamu ingin menjuarai blogging competition, kamu harus rela untuk memberikan sesuatu yang lebih.

Misalnya, kalau kamu selama ini hanya menulis paragfrad deskriptif yang panjang, kini coba masukkan beberapa elemen interaktif, bisa berupa video, infografis, maupun tabel data. Dengan begitu, pembaca pun akan makin tertarik untuk mampir karena mereka bisa mendapatkan informasi yang baru. Artikel Nizam yang keluar menjadi juara pun disertai dengan beberapa meme comic yang lucu dan relevan dengan isi artikel. Pembaca jadi tidak bosan walau tulisanmu panjang!


Tips-tips dari Khoirun Nizam ini tentu akan sangat berguna untuk kamu yang ingin mencoba-coba ikut blogging competition. Tidak perlu takut, karena setiap orang pada dasarnya memiliki bakat menulis. Kamu hanya perlu mengasahnya dengan konsisten lewat penulisan di blog.

Anyway, selamat ya untuk Khoirun Nizam! Semoga sedikit cerita dan tips darinya bisa memotivasimu untuk mengikuti blogging competition di masa yang akan datang.

Nah, kalau kamu membutuhkan tips-tips lebih lanjut untuk mengelola blogmu, bisa langsung aja mampir ke C2live, ya!

Related Posts

 
Site Menu