Aldy-Terren-Putra

Bingung Mengambil Langkah Awal untuk Memanfaatkan SEO bagi Blog Kamu? Simak 4 Tips dari Aldy Putra ini!

Nggak bisa dipungkiri kalau perkembangan teknologi terus melaju pesat. Sekarang, hampir semua orang bergantung pada kecanggihan teknologi untuk mendapatkan informasi. Karenanya, berbagai situs kini terus berlomba-lomba untuk mengoptimasi performa mereka agar bisa selalu tampil di urutan teratas mesin pencarian web.

Sebagai bloger di era seperti ini, kamu pasti sering banget kan berbenturan dengan beragam tantangan dan pembahasan seputar SEO? Sebenarnya, apa kaitannya blog dengan SEO? Seberapa pentingkah SEO bagi kesuksesan blogmu? Bingung langkah awal seperti apa yang perlu kamu ambil untuk meningkatkan SEO blogmu sedangkan kamu nggak tahu apa-apa? Daripada terus penasaran tanpa ujung yang jelas, yuk simak sharing dari Aldy Terren Putra yang katanya jago mengaplikasikan penggunaan SEO pada blog!

Profil Aldy Terren Putra

Aldy-Terren-Putra-2

Buat kamu yang pernah menyambangi blog pas lagi surfing di internet, mungkin secara refleks kamu akan menganggap bahwa nama panggilan si empu blog adalah Aldy. Tapi, ternyata Aldy juga biasa dipanggil Terren ataupun Putra, lho. Banyak juga panggilannya!

Selain menjadi bloger, sehari-hari Kak Aldy bekerja sebagai seorang pegawai swasta. Katanya, sih, dia juga senang mencoba berbagai hal baru yang pada akhirnya akan ia tuangkan di blog. Tujuannya sederhana, yaitu untuk sekadar berbagi pengalaman dan catatan tertentu supaya nggak kelupaan suatu saat nanti.

Mulai Menulis karena Tujuan Sederhana

Aldy-Terren-Putra-3

Kalau udah jadi bloger, tentunya nggak akan lepas dari kegiatan tulis-menulis! Setiap orang tentu punya alasan masing-masing, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai. Aldy Terren Putra sendiri memutuskan untuk terus menuangkan isi pikirannya menjadi berbagai tulisan dari waktu ke waktu karena ingin berbagi pengalaman dengan orang lain berdasarkan apa yang ia lakukan setiap harinya. Sekilas, tujuan ini nampak sederhana. Tapi seenggaknya, dia udah melakukan langkah nyata untuk mewujudkannya. Bagaimana dengan kamu?

Terus, Kenapa memutuskan Menjadi Bloger?

Aldy-Terren-Putra-5

Katanya, Kak Aldy memutuskan untuk menjadi bloger karena terpaksa, lho! Masa, sih? Kok bisa gitu? Begini… Orangnya sendiri mengaku kalau basic dirinya memanglah bukan bloger. Tapi, karena memang hobinya adalah mencoba berbagai hal baru, akhirnya, pada suatu titik, Kak Aldy pun akhirnya menjadi bloger. Ini, nih, kisah nyata orang yang jadi bloger karena coba-coba. Tapi, nggak kayak kebanyakan orang yang coba-coba terus nggak lama langsung ditinggalkan, hingga kini Kak Aldy masih terus meng-update blognya lho! Mantap!

Kenapa Memilih Menjadi Tech Blogger?

Aldy-Terren-Putra-4

Ngeliat judul artikel ini, kamu udah bisa nebak lah ya topik apa yang jadi keunggulan Kak Aldy? Yep, walaupun katanya ia sebenarnya nggak menentukan topik utama apapun untuk blognya, Kak Aldy sendiri mengaku sering mendapat tanggapan dari orang-orang bahwa konten yang ia sajikan lebih mengarah ke lingkung teknologi. Nah, karena sudah terbangun pandangan seperti itu, Kak Aldy memutuskan untuk hajar terus pembahasan soal topik terkait.

Kata orang, kalau kamu sudah memiliki citra tertentu yang positif di mata masyarakat, maka hal itu harus kamu manfaatkan. Bangunlah kepercayaan dan kredibilitas yang lebih tinggi lagi atas keunggulanmu! Hal ini jugalah yang mungkin diterapkan oleh Kak Aldy. Soalnya, dia sendiri memang memiliki latar belakang pendidikan IT. Jadi, ilmunya nggak sia-sia lah, ya. Dengan begitu, nggak cuma berguna bagi dirinya, Kak Aldy juga berbagi manfaat dari ilmu yang ia dapatkan untuk orang-orang. Nice doing, Kak!

Langkah Awal untuk Lebih Familiar dengan SEO dan Penggunaannya menurut Aldy Terren Putra

Familiar-SEO

Hmm, mungkin ini pembahasan yang paling kamu tunggu-tunggu sepanjang artikel ini. Nggak usah berlama-lama lagi, deh. Yuk simak pesan-pesan seputar pemanfaatan SEO dalam blogging yang bisa kamu dapatkan dari Kak Aldy!

1. Pahami dulu Manfaat Penggunaan SEO untuk Blogging

Pahami-SEO

Nggak cuma sekadar patut dipertimbangkan, menurut Kak Aldy, SEO itu penting banget buat blogging. Kenapa? Karena menurutnya, ada beragam manfaat yang bisa kamu dapat dengan memahami dan mempraktikkan pemahaman terkait SEO tersebut dalam aktivitas blogging kamu. Selain untuk meningkatkan potensi traffic masuk ke blog kamu, memiliki SEO yang baik juga akan membukakan pintu bagi kamu untuk membagikan informasi berguna bagi orang-orang yang membutuhkan dengan lingkup yang lebih luas.

Tahu sendiri, kan, kalau informasi paling kredibel hanya akan muncul di deretan teratas mesin pencarian? Kamu sendiri mungkin juga ogah untuk mencari informasi sampai ke halaman kedua dari hasil pencarian search engine. Nah, kalau situsmu gagal tampil di urutan terdepan, otomatis niatmu untuk berbagi informasi juga nggak akan kesampaian!

2. Sudah semakin Banyak Orang yang Mempelajari SEO, Kamu Jangan sampai Ketinggalan

Jangan-Sampai-Ketinggalan

Sepengamatan Kak Aldy sendiri, udah mulai banyak nih yang mempelajari SEO. Mulai dari yang dasar-dasar aja, sampai tingkat lanjut. Terus, kenapa sih orang-orang pada segitu getolnya berlomba-lomba meningkatkan kualitas SEO mereka? Ini dia jawaban Kak Aldy:

“Karena banyak faktor, salah satunya perubahan algoritma dari beberapa media yang biasa mendatangkan pengunjung untuk blog masing-masing.”

Kalau udah begitu, kamu pun jadi harus memecut diri untuk lebih giat mencari tahu tentang SEO dan mengaplikasikannya dalam kegiatan blogging-mu. Jangan sampai ketinggalan dalam persaingan ini, ya!

3. Belajar SEO Nggak Usah Ribet-ribet, Bisa Kamu Pelajari Sendiri

Belajar-SEO-Bisa-Sendiri-Kok

Walaupun memiliki latar belakang pendidikan IT dan dikenal jago soal SEO, Kak Aldy nggak mengambil kelas khusus untuk mempelajari hal ini, kok! Baginya, memahami SEO untuk diaplikasikan pada blog merupakan tantangan yang nggak mudah.

Tapi, bukannya malah nge-down, Kak Aldy justru malah tergelitik untuk mencari tahu sendiri soal SEO ini. Akhirnya, ia secara otodidak memperdalam pemahaman terkait SEO sejak 2011 akhir/2012 awal bersama dengan teman-temannya. Pada waktu itu sih, tujuannya supaya lebih siap untuk mengikuti lomba saja. Tapi ternyata, usahanya membuahkan hasil lebih, yakni peningkatan pengunjung blognya. Otak-atik keyword pun udah jadi makanannya sehari-hari sekarang!

4. Manfaatkan Apapun yang Kamu Punya dan Ketahui sebagai Acuan dalam Menulis

Manfaatkan-Apapun-yang-Kamu-Ketahui

Kalau mau tahu soal detail pemanfaatan SEO untuk blog, Kak Aldy punya banyak tipsnya! Kamu bisa langsung cek beragam tipsnya langsung di blog Aldy Putra, khususnya pada kategori Search Engine. Tapi yang jelas, menurut Kak Aldy, kamu harus bisa memanfaatkan apa yang kalian punya sebagai bahan acuan dalam menulis, termasuk dalam menggunakan teknik SEO.

Secara pribadi, Kak Aldy sendiri sih menggunakan keyword planner sebagai acuan menulis untuk meningkatkan SEO dan traffic. Selain itu, untuk meningkatkan performa tulisan, ia juga mengandalkan on page SEO dan sedikit off page SEO. Hayo, buat kamu yang pusing dengan istilah-istilah ini, segera cari tahu, ya. Mau tanya-tanya langsung sama Kak Aldy lewat blognya juga bisa, kok!

Harapan ke Depannya

Harapan

Nah, setelah membaca pesan-pesan dari Kak Aldy soal pemanfaatan SEO untuk blogmu, cari tahu juga yuk soal harapannya dengan menjadi seorang bloger! Untuk dirinya sendiri, sih, ia sekadar ingin bisa menyampaikan lebih banyak lagi informasi-informasi yang ia tuliskan di blog agar bisa terus bermanfaat bagi masyarakat. Sedangkan untuk bloger-bloger lain di luar sana, ia berharap kalian bisa menulis secara jujur dan berdasarkan pengalaman yang memang kalian rasakan dengan mengubahkan ke dalam bentuk tulisan yang menarik.


Tenang, menjadi bloger dan penulis nggak selamanya membuatmu mengerutkan dahi, kok! Kamu bisa berbenturan dengan berbagai pengalaman menarik. Kak Aldy sendiri punya pengalaman menarik untuk dibagikan dari rutinitas menulisnya, nih.

Pernah suatu kali ia menulis tentang nomor telepon semua maskapai penerbangan. Tujuannya, sih, mungkin untuk sekadar berbagi informasi, ya. Siapa tahu kan bermanfaat? Tapi, karena hal itu, Kak Aldy malah sering dikira sebagai customer service maskapai penerbangan! Kebayang nggak? Bahkan, pernah pada suatu waktu, ia sampai ditelpon dan mendapatkan ocehan amarah penumpang suatu maskapai karena bagasinya hilang! Hmm, unexpected banget kan, ya? Jadi, nggak ada alasan buat kamu untuk enggan blogging karena bakal jenuh dan penat!

Kembali lagi, sesuai dengan pesan yang disampaikan Kak Aldy, pahami dulu topik yang ingin kamu bahas, cari tahu, dan manfaatkanlah apapun yang kamu punya. Dengan begitu, niscaya mengaplikasikan SEO pada blogmu nggak akan serumit yang kamu bayangkan, deh! Semangat, ya!

Sumber: Aldy Terren Putra, Aldy Terren Putra, Aldy Putra – Official Site, Enterpreneur, Pixel Kicks, TNW, Strong Creativity, prnewsonline, SoftwareMill Tech Blog.

Related Posts