mengukur perkembangan blog

4 Manfaat dari Rutin Mengukur Perkembangan Blog yang Harus Kamu Ketahui

Sebagai blogger, tentu wajar jika kamu ingin pengunjung blogmu terus bertambah. Nah, agar kamu bisa tahu pertumbuhan jumlah pengunjung blogmu, tentu kamu harus rutin mengevaluasi blogmu. Cuma sayangnya, masih banyak blogger yang belum rutin mengukur perkembangan blog mereka. Banyak yang merasa sudah cukup hanya dengan rutin merilis post baru tanpa perlu memantau performa dari setiap post tersebut.

Dalam mengukur performa blogmu, kamu bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh WordPress atau Google Analytics. Ada banyak banget, lho, potensi yang bisa kamu manfaatkan kalau kamu sudah terbiasa mengukur dan mengevaluasi performa blogmu. Kalau kamu adalah salah satu blogger yang masih suka malas mengukur perkembangan blog kamu, yuk, simak alasan kenapa kamu harus mulai membiasakannya!

1. Mengenali Rumah Sendiri

mengukur perkembangan blogSumber: Pixabay

Alasan pertama kenapa kamu harus membiasakan diri untuk mengukur perkembangan blog tentu saja agar kamu tahu segala aspek yang ada di blog kamu. Mulai dari naik turunnya pengunjung, artikel yang paling banyak di baca, artikel yang paling berhasil menimbulkan engagement, sampai berapa lama rata-rata pembacamu menghabiskan waktu di blogmu.

Tentu sebagai tuan rumah dari blogmu, kamu harus jadi orang yang tahu segala hal yang terjadi di blog itu. Jadi jangan sampai kamu melewatkan informasi soal blogmu sendiri, ya!

2. Mengetahui Apa yang Diinginkan Pembaca

mengukur perkembangan blogSumber: Pexels

Agar blog kamu bisa terus tumbuh, tentunya penting untuk bisa memberikan informasi dan bahasan yang memang disukai atau dibutuhkan oleh pembacamu. Itulah sebabnya memahami konten-konten seperti apa yang disukai oleh pembacamu adalah hal yang penting. Dengan rutin mengevaluasi, kamu akan mendapat informasi terkait konten yang paling digemari oleh pembaca. Baik dari sisi gaya bahasa, bahasan tema, hingga waktu rilis post baru. Ini akan membantu memudahkanmu dalam menulis blog kedepannya.

Apabila kamu sudah mengenal karakter pembacamu dan bisa memberikan konten yang mereka mau, pasti jumlah pembacamu akan terus tumbuh!

3. Menumbuhkan Motivasi

mengukur perkembangan blogSumber: Pexels

Apabila kamu sudah terbiasa mengukur perkembangan blog dan menyediakan konten yang sesuai dengan pembaca, pelan-pelan kamu akan mulai bisa memasang target angka pertambahan pembacamu hingga beberapa waktu ke depan.

Target inilah yang nantinya bisa menjadi tambahan semangat dan motivasi kamu dalam blogging, karena kamu jadi punya sesuatu untuk dikejar. Dengan adanya target, motivasi untuk terus menghasilkan tulisan berkualitas pun akan semakin meningkat, dan hasilnya pembacamu tidak akan pergi kemana-mana. Semangat!

4. Menunjang Karirmu

mengukur perkembangan blogSumber: Pexels

Percaya nggak kalau blogging itu bisa jadi hal yang membantu karir kamu? Kalau kamu sudah berpengalaman menulis blog dan mengukur performanya, kamu bisa mempertimbangkan pilihan karir content writer atau copywriter.

Di era digital seperti ini, content marketing adalah salah satu bidang yang sedang banyak dicari oleh perusahaan. Apabila kamu punya modal sebagai blogger dengan beragam skill terkait blogging ‒ tidak hanya menulis tapi juga mampu mengevaluasi performa konten yang kamu tulis ‒ tentunya perusahaan akan lebih berminat untuk mempekerjakanmu. Menarik, kan?


Nah, beberapa alasan di atas sudah menjelaskan kenapa mengukur perkembangan blog adalah hal yang sangat penting, bukan cuma buat blogmu, tapi juga buat kamu secara pribadi. Dengan rutin mengukur perkembangan blogmu, kamu bisa punya informasi untuk membuat pembaca setiamu semakin naksir sama konten yang kamu post di blog. Kalau mereka sudah senang dengan kontenmu, tentu mereka juga akan merekomendasikan blogmu ke teman atau keluarga mereka.

Selain itu, kemampuan untuk menulis dan mengukur kemampuan blog dengan baik juga merupakan skill yang sangat dicari oleh banyak perusahaan. Perusahaan membutuhkan seorang content writer yang handal untuk membantu bisnis mereka. Jadi apabila kamu belum membiasakan diri untuk rutin mengukur perkembangan blogmu, tunggu apalagi? Ayo, mulai dari sekarang!

Related Posts

Site Menu