search box

Search Box, Fitur Sederhana yang Penuh Guna

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Sebagai blogger, kamu tentu ingin blogmu dilengkapi dengan berbagai widget atau fitur yang bisa memberi kemudahan bagi para pembacamu. Saat ini, ada begitu banyak fitur yang bisa kamu pilih untuk kamu tambahkan di blog kamu, salah satunya adalah search box.

Search box biasanya berupa sebuah kotak yang bisa digunakan pembaca untuk mencari suatu keyword secara spesifik, tanpa perlu repot-repot scrolling list artikel atau membuka semua artikel satu per satu. Meskipun sudah banyak yang menggunakannya, ternyata masih banyak juga yang meragukan apakah perlu menambahkan search box pada blog mereka.

Apabila kamu adalah salah satu yang masih ragu soal manfaat dari search box untuk blogmu, yuk, simak ulasan mengenai manfaat search box di bawah ini untuk meningkatkan performa blog kamu!

1. Gratis dan Mudah Digunakan

search box

Sumber: Pixabay
Menambahkan search box pada blogmu bisa dikatakan sangat mudah untuk dilakukan dan juga bebas biaya. Beberapa blogging platform seperti WordPress dan Blogger sudah menyediakan fitur search box yang bisa kamu aktifkan dengan mudah. Apabila kebetulan kamu bukan pengguna WordPress ataupun Blogger, kamu bisa menggunakan search box yang disediakan oleh Google Custom Search. Kedua search box tersebut bisa dengan mudah kamu pasang di blogmu tanpa ada biaya apapun.

Oiya, kalau kamu memilih menggunakan Google Custom Search, pastikan kamu menggunakan akun Google yang kamu gunakan untuk Google Analytics sehingga kamu bisa mendapatkan data pengunaan search box di blogmu.

2. Memudahkan Pembaca untuk Menemukan Artikel Tertentu

search box

Sumber: Pexels
Jika blogmu sudah berumur cukup lama, tentu sudah ada banyak post yang ada di blog itu. Mengelola blog dan berhasil punya banyak post tentu adalah hal yang baik, tapi itu juga bisa menyulitkan pembaca untuk menemukan dan membaca post-post lamamu yang sudah tertimbun oleh post yang lebih baru. Untuk itulah fitur search box dibutuhkan.

Dengan adanya search box, pengunjung akan lebih mudah menemukan konten yang mereka cari di blogmu. Mereka hanya tinggal mengetikan keyword yang mereka ingin cari dan search box akan membantu menampilkan post blog kita yang berkaitan dengan keyword itu. Hasilnya, post lama kita nggak akan hanya tertimbun sia-sia, serta pembaca juga menjadi lebih nyaman karena merasa dimudahkan.

3. Mencari Tahu Keyword yang Relevan

search box

Sumber: Pixabay
Sebagian besar search box nggak hanya membantu pembacamu mencari konten yang mereka mau, tapi juga bisa melaporkan keyword apa saja yang dicari oleh pembaca saat mereka sedang berkunjung ke blogmu. Informasi itu sangatlah penting karena bisa membuatmu tau harus menulis tema-tema apa yang relevan dengan minat pembacamu.

Selain itu, keywords itu tentu bisa kamu manfaatkan agar post yang kamu tulis jadi semakin SEO friendly dan akhirnya berdampak pada traffic blog yang meningkat!


Itulah beberapa manfaat dari adanya search box pada blog kamu. Meskipun memang bukan hal yang paling penting untuk blogmu, tapi search box punya manfaat positif untuk kamu dan juga pembacamu. Terutama kalau blog milikmu sudah memiliki banyak post sehingga bisa jadi sangat merepotkan jika pembaca harus membuka halaman-halaman blogmu satu per satu hanya untuk mencari suatu artikel tertentu.

Mau, kan, pembacamu lebih betah berlama-lama di blogmu dan kamu pun jadi semakin paham apa yang dicari oleh pembaca di blogmu? Yuk, segera pasang search box di blogmu sekarang!

Related Posts

 
Site Menu