Bisakah Sebuah Blog Berkembang Tanpa Menerapkan SEO?

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Meskipun peran dan manfaat SEO bagi sebuah blog sudah terbukti, masih banyak blogger yang merasa SEO terlalu rumit untuk dipelajari. Bahkan, enggak sedikit juga blogger yang enggan mempelajari SEO karena mereka memulai sebuah blog hanya untuk menyalurkan hasrat menulis mereka.

Pertanyaannya, di era sekarang ini, bisakah sebuah blog berkembang dan meraup banyak pembaca tanpa SEO? Mari simak bersama ulasan tim C2live soal ini.

Kualitas Konten adalah Senjata Utama

Tujuan utama dalam penerapan SEO adalah agar blogmu mudah ditemukan pembaca dengan bantuan search engine seperti Google. Tanpa adanya SEO, kamu berarti akan menggantungkan perkembangan blogmu pada kualitas konten yang kamu hasilkan.

Pastikan kamu memiliki arah yang jelas dalam setiap tulisanmu. Penggunaan outline akan sangat membantu agar apa yang kamu tuliskan memiliki fokus yang jelas, enggak melebar kesana-sini tanpa arah. Selain itu, pastikan 5W+1H sudah terpenuhi agar kedalaman artikelmu terjaga dan terjamin informatif.

Jika kontenmu memang sudah sedemikian informatif atau inspiratif, pasti pembaca akan mengapresiasi blogmu dan secara sukarela merekomendasikan ke temannya. Dengan begini kamu bisa terus menjaring pembaca-pembaca baru meskipun prinsip-prinsip SEO enggak kamu terapkan dalam penulisan.

Miliki Identitas yang Unik

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar blogmu memiliki identitas yang kuat. Pertama, gunakan elemen visual yang cantik. Elemen visual bisa kamu terapkan di dua hal, untuk layout blog dan juga untuk artikel blogmu. Dengan tampilan layout yang rapi dan stylish, blogmu pun akan lebih berkesan di mata pembaca.

Di sisi lain, dengan membuat konten visual seperti infografis, kamu bisa mengemas berbagai data dan informasi di artikelmu dengan lebih ringkas dan mudah dimengerti. Ini akan menjadi faktor pembeda yang sangat dihargai oleh pembacamu.

Kedua, kamu harus memiliki niche yang jelas. Mengelola blog dengan niche yang jelas ibarat menjadi seorang dokter spesialis. Pembacamu akan menilai kamu memiliki keahlian khusus di bidang tersebut. Sehingga ketika mereka merasa butuh referensi yang berkaitan dengan niche-mu, blogmu akan menjadi tempat pertama yang mereka tuju. Sebaliknya jika blogmu enggak memiliki niche, blogmu enggak ada bedanya dari jutaan blog di luar sana.

Yang terakhir adalah gaya bahasa. Sebagai seseorang yang memiliki minat menulis yang tinggi, kamu perlu memiliki gaya bahasa yang khas agar pembaca bisa mengingatmu. Bisa dengan menyusupkan unsur komedi sehingga gaya berceritamu jadi lucu, atau membuat quote yang powerful sehingga membekas di benak pembacamu.

Andalkan Media Sosial Sebagai Sumber Traffic

Search engine memang merupakan sumber traffic yang sangat berpengaruh untuk blog, namun itu bukan satu-satunya. Salah satu sumber lain adalah media sosial. Apalagi, hari ini mayoritas pengguna smartphone di Indonesia sudah memiliki media sosial.

Facebook, Twitter, dan Instagram adalah tiga media sosial yang paling banyak digunakan. Jangan ragu untuk menyiarkan karyamu di sana. Akan lebih baik lagi jika kamu punya strategi yang berbeda untuk masing-masing media sosial.

Untuk Facebook, bergabunglah ke grup-grup online yang sesuai dengan niche blogmu. Bagikan artikel-artikelmu sambil mencoba membangun diskusi, sehingga para anggota tertarik untuk terlibat dan berkunjung ke blogmu.

Sementara untuk Instagram, idealnya kamu memiliki native content tersendiri. Coba konversi beberapa kontenmu yang berbentuk artikel menjadi gambar. Adanya fitur swipe di Instagram sangat berpotensi untuk kamu manfaatkan, jadi kamu bisa membuat rangkaian gambar untuk berbagi informasi yang cukup panjang.


SEO memang teknik yang diandalkan banyak blogger ternama untuk meraih banyak pembaca, namun bukan berarti itu adalah satu-satunya teknik untuk memasarkan blog. Kamu bisa mengandalkan kualitas konten, keunikan blog dan niche yang jelas, serta kekuatan media-media sosial.

Tapi tentunya, akan jauh lebih ideal jika kamu menerapkan hal-hal di atas sambil tetap menerapkan teknik-teknik dasar SEO agar hasil yang kamu raih lebih maksimal. Enggak semua teknik SEO itu sulit kok, coba saja untuk mulai menerapkan beberapa trik yang sederhana dan membiasakannya. Kalau pembacamu tumbuh dan blogmu semakin dikenal, kamu juga, kan, yang akan senang dan semakin termotivasi?

Sumber gambar: VideoBlocks, TV Media, Segodnya, MWN.

Related Posts

 
Site Menu