blogger-kuliner-Indonesia-fitur

Perlombaan Blogger Kuliner untuk Memenangkan Hati Netizen Indonesia

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Di dalam dunia blog, tema kuliner sudah jadi salah satu topik yang terkesan paling ramai dibicarakan. Terdapat sejumlah blogger kuliner di Indonesia yang sudah mengantongi jutaan views pada blognya. Perlombaan untuk memenangkan hati netizen Indonesia juga menjadi semakin sengit dengan keberadaan berbagai media sosial yang dapat mendukung traffic dan popularitas para blogger kuliner ini.

Dalam kesempatan ini, mari kita membahas posisi 10 orang blogger kuliner Indonesia dan hubungannya dengan selera para netizen Indonesia.

Catatan; berikut daftar blogger kuliner Indonesia yang akan kami bahas:

  1. Aline Chandra, Foolosophy
  2. Amelia & Pram, Foodnote Stories
  3. Cindy & June, Lulabyspoon
  4. Daisy Caroline & Yu Kato, Food Escape
  5. Eddy Suryadi & Shelmi Setiawan, The Hooman Being
  6. Ellyna Tjohnardi, Culinary Bonanza
  7. Hans Danial, Eat and Treats
  8. Jiewa Viery, Inijie
  9. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa, AnakJajan
  10. Sashy Nuniek, Sashy Little Kitchen

 

Peringkat Blog Mereka di Mata Alexa

blogger-kuliner-Indonesia-2

Untuk mengetahui berapa banyak traffic yang dimiliki oleh para blogger kuliner Indonesia, kita akan mengandalkan laporan dari pihak ketiga, Alexa. Alexa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang analisa data web dan menawarkan berbagai jasa kepada berbagai pihak seperti tim marketing, penerbit, dan orang-orang lainnya yang ingin memanfaatkan traffic dalam dunia online. Sebagai perusahaan yang mempunyai pengalaman lebih dari 20 tahun dalam menganalisa performa website, Alexa merupakan sumber yang cukup terpercaya untuk melihat selera netizen Indonesia.

Dari 10 blogger kuliner yang kami periksa, Julia dan Marius memiliki peringkat paling atas kalau bicara soal traffic online. Tepatnya, laman mereka menduduki peringkat nomor 15.200-an di Indonesia ketika artikel ini ditulis. Menyusul di belakang ada Hans Daniel, Jiewa Viery, Sashy Nuniek. Masing-masing dari mereka secara berurutan memiliki peringkat traffic 41.600an, 62.900an, dan 73.200an di Indonesia. Di luar itu, blogger kuliner Indonesia lainnya yang kami periksa memiliki peringkat di angka ratusan ribu.

Bila kita melihat para blogger yang membuka angka hits di blog mereka sendiri, Julia dan Marius menyatakan bahwa mereka memiliki 12,8 juta views. Angka yang masuk akal mengingat peringkat mereka yang cukup di depan berdasarkan analisa Alexa.

blogger-kuliner-Indonesia-3

Sementara itu, dua blogger lain yang terbuka soal angka views adalah Amelia & Pram serta Ellyna. Foodnote Stories yang dimiliki duo tersebut mengantongi 1 juta views, Culinary Bonanza miliki Ellyna sudah mendapat 2,4 juta views. Yang tidak biasa dari mereka adalah posisi mereka di peringkat traffic Indonesia. Foodnote Stories berada di peringkat 102.000-an dan Culinary Bonanza di angka 270.000-an. Sepertinya hal tersebut terjadi karena konten Culinary Bonanza ditulis dalam Bahasa Inggris dan juga mengulas cukup banyak restoran di luar negeri, sehingga mendapatkan traffic dari luar.

Walaupun peringkat puluhan ribu terlihat seperti posisi yang jauh, angka tersebut sebenarnya cukup wajar. Blog biasanya hanya diurus oleh perseorangan saja dan tentunya traffic mereka akan kalah dengan website yang diurus oleh perusahaan besar. Marketplace online, portal berita, dan media sosial menduduki posisi paling atas di mesin pencari netizen Indonesia.

Catatan: Kami tidak bisa menentukan posisi blog milik Eddy Suryadi & Shelmi Setiawan (The Hooman Being) karena Alexa masih belum memiliki data mengenai traffic website mereka.

Perlombaan di Sudut Media Sosial

blogger-kuliner-Indonesia-4

Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media sosial bersamaan dengan blog. Media sosial dapat digunakan untuk menarik audiens baru, memberikan konten/hiburan tambahan untuk pembaca setia, ataupun melakukan promosi. Untuk blogger kuliner Indonesia sendiri, Instagram tampaknya menjadi media sosial yang paling sering digunakan dengan Twitter ataupun Facebook sebagai pendukung. Kebanyakan blogger kuliner Indonesia memiliki jumlah followers di akun Instagram puluhan kali lipat bila dibandingkan dengan akun Twitter ataupun Facebook mereka sendiri.

Sekali lagi, Anak Jajan tampak memimpin dengan lebih dari 291.000 followers di Instagram. Untuk media sosial lain, Anak Jajan memiliki sekitar 4.200 followers di Twitter dan 3.500 likes di Facebook. Komposisi serupa dapat terlihat pada akun-akun lainnya. Akun Instagram @eatandtreats milik Hans memiliki 201.000 followers, sementara Twitter-nya punya 4.500 followers.

Komposisi yang agak tidak lazim terlihat pada media sosial dari Inijie. Berbeda dari blogger kuliner yang umumnya punya lebih banyak kehadiran di Instagram, Jiewa malah punya lebih banyak followers di Twitter, sejumlah 199.000 akun mengikutinya. Akun Instagram-nya malah tertinggal di angka 82.000 followers.

blogger-kuliner-Indonesia-5

Untuk data peringkat traffic blog dan juga kehadiran di media sosial, kamu dapat melihat kurasi data di bawah ini:

1. Aline Chandra – FOOLOSOPHY
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 184.155
Instagram (@alinech): +3.200 followers
Twitter (@alinechandra): +1.200 followers

2.Amelia & Pram – Foodnote Stories
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 102.374
Instagram (@foodnotestories): +117.500 followers
Twitter (@foodnotestories): +600 followers
Facebook (@foodnotestories): +900 likes

3. Cindy & June – LULABYSPOON
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 241.597
Instagram (@cnlulaby): +39.000 followers & (@juniliwijaya): +1.600 followers
Twitter (@cnlulaby): +700 followers

4. Daisy Caroline & Yu Kato – Food Escape
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 172.753
Instagram (@foodescapeid): +52.900 _followers
Twitter (@FoodEscape): +1.900 followers
Facebook (@TheFoodEscape): +1.900 likes

5. Eddy Suryadi & Shelmi Setiawan – The Hooman Being
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: –
Instagram (@shelmisetiawan): +7.200 followers & (@eddydye): +15.200 followers
Twitter (@shelmisetiawan): +500 followers & (@eddydye): +500 followers

6. Ellyna Tjohnardi – Culinary Bonanza
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 276.946
Instagram (@ellynatjohnardi): +18.800 followers
Twitter (@ellynatjohnardi): +1.700 followers

7. Hans Danial – Eat and Treats
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 41.692
Instagram (@eatandtreats): +201.000 followers
Twitter (@STANISLAUSHANS): +4.500 followers

8. Jiewa Viery – INIJIE
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 62.948
Instagram (@inijie): +82.900 followers
Twitter (@inijie): +199.400 followers

9. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa – AnakJajan
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 15.259
Instagram (@anakjajan): +291.900 followers
Twitter (@AnakJajan): +4.200 followers
Facebook (@anakjajan.diary): +3.500 likes

10. Sashy Nuniek – Sashy Little Kitchen
Peringkat traffic di Indonesia berdasarkan Alexa: 73.241
Instagram (@sashylittlekitchen): +10.100 followers
Twitter (@sashy507): +700 followers


Nah itulah ulasan dan juga kurasi data seputar peringkat kehadiran blogger kuliner di mata netizen Indonesia. Secara individu, para blogger tampaknya berada di peringkat yang tidak begitu tinggi. Namun, secara kolektif, blogger-blogger yang disebutkan di atas masih menempati posisi yang cukup bagus.

Berdasarkan Alexa, WordPress dan Blogspot masih menempati posisi 40 paling atas sebagai website paling top di Indonesia. Tepatnya, WordPress di posisi 19 dan Blogspot di posisi 38, bersaing dengan platform media besar. Mengingat hal tersebut, blogger kuliner di Indonesia masih punya posisi yang cukup baik di hati netizen Indonesia bila kita melihatnya secara keseluruhan.

Sumber: WeekendNotes, Experience Mississippi River, Foodnote Stories, anakjajan, eatandtreats

Related Posts

 
Site Menu