konten-blog-martabak-spesial-fitur

Apa Persamaan Konten Blog yang Bagus dengan Martabak Spesial yang Nikmat?

Siapa sih yang nggak pernah nyicipin nikmatnya martabak spesial? Apalagi kalau cokelatnya nambah, pasti makin sedaaap! Nah, tahu nggak sih, cara membuat konten blog yang bagus ternyata sama seperti cara membuat martabak spesial, lho. Kamu tentu pingin tahu kan gimana cara membuat konten blog terbaik yang disukai semua orang dan bikin mereka pingin nambah terus?

Makanya, langsung yuk simak beberapa kesamaaan antara konten blog yang bagus dengan martabak spesial!

1. Authenticity is The Best

konten-blog-martabak-spesial-2

Persamaan pertama antara konten blog yang bagus dengan martabak spesial adalah: authenticity. Begini maksudnya, mau sebagus apapun gerobak, desain kotak, sampai sistem layanan delivery-nya, kalau rasa martabakmu nggak enak, tetep aja nggak ada yang mau beli lagi kan? Sama halnya dengan menulis. Desain blog dengan berbagai widget canggih sih boleh, tapi yang utama adalah kamu harus menulis konten blog yang berkualitas.

Rasanya pun harus authentic, jangan sampai kelihatan artifisial! Kalau dipikir-pikir, banyak banget martabak di pinggir jalan yang rasanya lebih enak daripada martabak di restoran bintang lima. Nah, sama juga dengan tulisanmu. Jadilah otentik, be yourself dengan gaya tulisan yang sesuai dengan karakter. Jangan berusaha untuk menjadi orang lain karena pasti konten blogmu akan terasa aneh untuk dibaca. Apalagi mencuri ide orang, itu BIG NO banget! Sekali ketahuan, orang-orang bisa ogah untuk mampir ke blogmu lagi.

2. Tapi, jangan ragu untuk kasih sesuatu yang berbeda!

konten-blog-martabak-spesial-3

Authenticity memang penting, tapi apakah itu artinya kamu nggak boleh mencoba hal-hal baru? Tentu nggak dong! Namanya juga manusia yang sering bosan, kamu pun harus sering-sering berinovasi biar konten blogmu nggak gitu-gitu aja. Sama juga kayak bikin martabak spesial, kalau inovasimu tepat, dijamin pembeli bakal makin banyak! Lihat aja martabak yang sekarang udah dikasih keju mozzarella lumer yang endeeus, pembeli pun makin rajin ngantri!

Tapi ada syaratnya, lho. Nggak semua inovasi itu berhasil ketika diterapkan. Kamu mau bikin giveaway tiap minggu biar blog makin rame? Atau mau datengin guest blogger dari penulis terkenal? Coba deh mulai dari skala kecil dulu dan lihat feedback dari pembaca. Atau kalau kamu sudah dekat dengan para pembaca blogmu, coba lempar ide tersebut dan lihat reaksi mereka. Kumpulkan dulu feedback sebelum memulai inovasi jangka panjang!

3. Nikmati prosesnya, nggak bisa buru-buru

konten-blog-martabak-spesial-4

Ada persamaan yang identik banget antara membuat konten blog dengan martabak spesial: keduanya tidak bisa kamu kerjakan secara buru-buru. Nggak ada martabak instan, begitu juga dengan menulis blog. Kamu harus benar-benar meluangkan waktu untuk menghasilkan karya yang terbaik.

Misalnya, untuk membuat martabak terbaik, kamu harus membuat kulit yang tipis, menyiapkan isi dan toping, menggoreng kulit martabak, hingga menunggu martabak terlihat crispy dan keemasan. Ketika menulis blog, kamu juga harus melakukan riset, menulis, melakukan editing dan proofreading, sampai terbit di blog tanpa ada kekurangan apa pun. Memang proses yang memakan waktu, tapi kalau kamu terburu-buru, hasilmu pasti nggak maksimal.

4. Menakar rasa yang “pas” untukmu dan pelanggan

konten-blog-martabak-spesial-5

Apa standarmu dalam menentukan konten blog yang bagus atau jelek? Apakah pemilihan flow kalimat? Pemilihan gambar? Atau kemudahan mengaksesnya? Nah, seringkali kesalahan dalam membuat martabak spesial ataupun konten blog adalah: kamu tidak mengetahui apa yang diinginkan pembeli/pembaca. Sebaliknya, kamu hanya membuat berdasarkan standar atau seleramu sendiri. Mungkin karena itulah kamu belum bisa menjaring lebih banyak pelanggan.

Jadi, kalau kamu ingin membuat konten blog yang bagus, rajin-rajinlah mencari referensi. Konten seperti apa sih yang ramai dikunjungi pembaca? Kenapa mereka suka konten seperti itu? Tren apa yang sedang populer untuk dibicarakan?

Misalnya, kalau kamu hobi menulis tentang resep masakan, cari tahu deh apa sih yang paling dicari oleh pembacamu. Mungkin resep hemat untuk anak kos? Atau, resep snack sehat untuk anak-anak? Lalu cara seperti apa yang mereka sukai, apakah dengan sedikit cuplikan video tutorial? Atau beberapa foto yang jelas menunjukkan langkah-langkahnya? Dengan begitu, kamu benar-benar bisa menawarkan hal yang pas dengan “cita rasa” mereka.

5. Bikin pembeli jadi pelanggan!

konten-blog-martabak-spesial-6

Apakah memiliki satu pembeli saja cukup? Tentu tidak! Untuk menjadi penjual martabak spesial yang top markotop, kamu harus bisa membuat para pembeli menjadi para pelanggan yang datang berkali-kali. Sama halnya dengan blogger, kamu pun harus memiliki cara kreatif untuk menarik pembaca agar lebih sering mampir ke blogmu.

Caranya gimana? Mulai dari yang sederhana seperti menggunakan fitur, You might like…, dimana kamu bisa kasih referensi tipe artikel yang mirip dengan yang mereka baca. Selain itu, buatlah subscription list untuk memberikan mereka notifikasi kalau ada konten blog terbaru. Kamu juga bisa meningkatkan engagement lewat kolom komentar ataupun mengadakan giveaway untuk para pembaca setia! Kalau mereka sudah menjadi langganan, maka kesempatan untuk berpindah hati ke blog lain pun makin kecil!


Wah, kalau dibaca-baca lagi, ternyata banyak juga ya persamaan filosofi antara menulis konten blog yang bagus dengan memasak martabak spesial yang nikmat. Jika dilakukan dengan benar, keduanya akan menarik banyak pelanggan untuk keuntunganmu! Makanya, perhatikan benar-benar beberapa tips yang sudah dibahas tadi. Jadi, ketika kamu menulis konten blog berikutnya, kamu sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan.

Nah, untuk mengetahui hal-hal lain terkait blogging seperti informasi kompetisi dan tips-tips mengelola blog, baca juga artikel C2live lainnya, ya! Dijamin deh skill menulismu pasti akan bertambah dengan berbagai artikel panduan di komunitas ini!

Sumber gambar: Cerita Meda, Serious Eats, Jajanbeken, The Sweet Setup, Tastemade, Janetbarclay

Related Posts

Site Menu