Blogger Pelajar

Walau Masih Pelajar, Kamu bisa Merintis Blog yang Sukses dengan 3 Tips Ini!

Hi, Guys! Apakah kamu seorang blogger pelajar? Apa, sih, yang membuatmu mengambil keputusan untuk menjadi blogger di usia muda?

Sebagian besar pelajar cenderung memiliki keinginan untuk mengisi waktu luang mereka dengan hal yang bermanfaat, salah satunya adalah dengan blogging. Namun, blogging itu sebenarnya bisa dimanfaatkan lebih dari sekadar pengisi waktu luang, lho.

Daripada cuma dijadikan kegiatan iseng belaka, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun blogmu dengan serius supaya lebih cepat meraih kesuksesan. Jadi, hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mengembangkan blogmu sejak dini? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Bangun kualitas konten yang baik

Blogger Pelajar

Konten adalah jiwa dari sebuah blog. Tanpa adanya konten yang berkualitas, blogmu tidak akan maju. Sebesar itulah porsi konten bagi blogmu. Karena itu, berikanlah pertimbangan dan upaya lebih untuk pengembangan konten-konten yang akan kamu berikan kepada para pembacamu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba untuk melakukan hal tersebut:

Tentukan niche yang sesuai dengan ketertarikanmu

Sedapat mungkin, cobalah untuk mengulas topik-topik yang memang menjadi ketertarikan pribadi bagimu. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikan berbagai hal dengan lebih tulus pada pembaca. Ketika kamu tertarik dengan suatu hal, kamu pun pasti akan lebih giat untuk mengulik informasi dan menyampaikan pemahaman yang lebih mendalam pada pembacamu. Namun perlu diingat, kamu juga perlu untuk memikirkan cara penyampaian yang mudah dicerna oleh pembaca, terutama bila pembahasanmu terlalu spesifik dan menggunakan berbagai terminologi yang tidak umum.

Jujurlah pada pembacamu

Selain original dan mudah dibaca, tulisan yang jujur dan sesuai fakta itu penting, lho! Tahu, kan, kalau sekarang berita hoax sedang marak tersebar di mana-mana sampai membuat banyak pembaca tidak nyaman? Jadi, tak perlu mengada-ada untuk membuat tulisan yang menarik. Bahkan, dengan penyampaian yang tepat, sebuah pengalaman sederhana saja bisa membuat para pembacamu excited, kok.

Jadilah dirimu sendiri

Sebagai blogger pelajar, mungkin kamu masih banyak melakukan eksplorasi diri. Temukanlah siapa dirimu dan tulislah topik-topik yang menggambarkan pribadimu. Gunakanlah juga gaya menulis yang nyaman bagimu. Tidak perlu bingung-bingung mencari topik yang belum pernah dijamah orang lain untuk diulas. Jika kamu bisa mengulas sebuah topik populer dengan perspektif yang unik dan berbeda, tulisanmu masih berpotensi untuk menjadi bacaan yang menarik, kok! Dengan cara ini, kamu juga tetap bisa menjaga orisinalitas tulisanmu walaupun menggunakan topik yang sudah umum.

2. Tingkatkan optimasi blogmu

Blogger Pelajar

Kamu boleh hanya seorang blogger pelajar, tapi hal ini tidak cukup untuk mengecilkanmu di dunia blogging. Justru, semangat belajar adalah senjata terkuat yang bisa kamu gunakan untuk terus mengembangkan blog. Nah, untuk blogging sendiri, SEO (Search Engine Optimization) bisa jadi topik pembelajaran yang akan berguna bagimu.

Perlu diketahui, selain pembaca, tulisanmu juga harus menarik perhatian Google. Karena itu, tidak cukup hanya dengan menyuguhkan tulisan yang menarik dan informatif, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti:

Penggunaan kata kunci

Seberapapun kreatifnya konten yang kamu miliki, jika kamu tidak menggunakan kata kunci yang tepat dan dengan jumlah yang proporsional, maka tulisanmu tidak akan menarik perhatian Google. Kalau sudah begini, tulisan yang sudah kamu buat dengan susah payah akan memiliki visibilitas yang rendah dan sulit ditemukan oleh banyak orang. Pasalnya, bot Google menggunakan filter yang menyaring penggunaan kata kunci. Jadi, ingatlah untuk selalu memperhatikan keyword yang kamu gunakan, ya.

Tampilan blog

Ada baiknya jika kamu bisa meluangkan sedikit waktu dan biaya untuk memperbaiki tampilan blogmu agar lebih terlihat orisinal. Hal ini dimaksudkan supaya kamu memiliki identitas yang khas sebagai blogger. Dengan tampilan yang catchy namun tetap nyaman untuk dilihat, blogmu bisa mendulang popularitas lebih daripada hanya menggunakan default theme. Oh, ya… kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan logo sebagai elemen branding blogmu, lho!

Kanal distribusi konten

Selain mempublikasi tulisanmu lewat paltform blog yang kamu gunakan, kamu juga perlu mendistribusikan artikel tersebut melalui kanal-kanal lain agar lebih mudah dieksplor oleh para pembacamu. Salah satu contoh kanal distribusi yang bisa kamu manfaatkan adalah media sosial. Bagikanlah tulisan-tulisanmu melalui akun-akun media sosial yang kamu miliki dengan menyertakan caption yang menarik juga.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan RSS feeds pada blogmu. RSS feed sendiri adalah sebuah tipe weeb feed yang membuat penggunanya bisa mendapatkan update konten terbaru dari beragam situs melalui sebuah agregat tunggal. Dengan begitu, para pembacamu pun jadi bisa mendapatkan informasi terkait konten-konten terbaru dari platform-platform yang kamu gunakan.

3. Peliharalah engagement dengan pembacamu

Blogger Pelajar

Mungkin sebagai blogger pelajar, saat ini kamu melakukan blogging karena iseng belaka. Namun demikian, kamu tetap perlu untuk menjaga hubungan dengan pembacamu, lho. Mengapa? Soalnya sedikit banyak, blogging itu mirip seperti menjalankan usaha. Kalau kamu tidak ramah-ramah pada pelangganmu, bisa jadi mereka ogah kembali. Keramahan ini ibarat service tambahan yang bisa kamu berikan pada mereka untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Jadi, hal-hal seperti apa yang perlu kamu lakukan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pembacamu?

Berkomunikasilah dengan pembacamu

Layaknya pedagang, kalau ada pelanggan yang datang, janganlah kamu biarkan mereka menganggur. Sapalah dan ajaklah mereka berkomunikasi dari waktu ke waktu. Hubungan yang erat bisa terjalin dari rutinitas semacam ini. Kalianpun jadi bisa saling bertukar pikiran dan memberikan insight bagi satu sama lain. Jika mereka senang dengan ‘pelayanan’ yang kamu berikan, maka bukan tidak mungkin jika mereka nantinya akan membicarakan blogmu pada teman-teman mereka. Alhasil, blogmu akan makin populer, deh!

Bersikap moderat

Menanggapi komentar dan berinisiatif untuk menjalin hubungan dengan pembaca itu memang penting, namun kamu tetap perlu berlaku sewajarnya. Jangan sampai karena kamu terlalu bersemangat untuk membangun hubungan yang akrab, kamu jadi terlalu sering mengontak pembacamu hingga dianggap mengganggu. Kata-kata yang kamu gunakan pun juga perlu diperhatikan. Hindarilah candaan yang berpotensi menyinggung atau tidak nyaman untuk didengar/dibaca.

Tak perlu gentar dengan adanya komentar negatif

Perlu dipahami, tidak ada manusia yang bisa menyenangkan hati semua orang. Begitu pula dengan dirimu. Bahkan, blogger kelas dunia pun tetap saja akan mendapatkan kritik pedas dan komentar negatif dari berbagai pihak. Tanggapilah kritik dengan netral. Jika itu bersifat membangun, jadikanlah pecut untuk berkembang. Ketika kamu dicaci karena melakukan kesalahan, akuilah dan belajar dari kesalahan tersebut.

Yang penting, usahakanlah untuk selalu bersikap santun pada para pembacamu. Selama kamu menanggapi mereka dengan tata krama yang baik, kamu tidak perlu gentar dengan adanya komentar-komentar negatif yang berdatangan.


Itulah dia beberapa langkah awal yang bisa kamu jadikan panduan untuk mengembangkan blog pada fase dini. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, siapa tahu dari sekadar kegiatan iseng mengisi waktu luang belaka, kamu nantinya bisa sukses mengelola blog dan rutin berbagi inspirasi bagi banyak orang. Bahkan, jika kamu mau belajar lebih lanjut, kamu bisa memonetisasi blogmu untuk mendapatkan pendapatan sampingan, lho.

Yang penting, kamu harus terus konsisten untuk mengembangkan diri dan blogmu dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kamu pun akan maju selangkah demi selangkah untuk mewujudkan blog yang sukses. Selamat berjuang, kawan-kawan blogger pelajar!

Sumber: Thrive Online, Telios Tutors, Dream Host, kknews.

Related Posts

Site Menu