Persiapan Penting Sebelum Memilih Anjing Sebagai Hewan Peliharaan

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Life is better with a dog.

Anjing memang menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan yang tepat bagi masyarakat modern. Selain bisa menjadi teman bermain, jenis anjing tertentu juga cocok dijadikan penjaga rumah. Tak mengherankan bila kini masyarakat semakin gemar memelihara anjing untuk melengkapi kebahagiaan di rumah.

Jika kita berencana memiliki anjing peliharaan dalam waktu dekat, maka kita wajib melakukan beberapa persiapan penting. Supaya semua kebutuhan anjing kesayangan kita akan terpenuhi dengan baik:

Kenali Jenis-Jenis Anjing Sebelum Membeli

Ada banyak jenis anjing yang mesti kita kenali sebelum membeli. Jenis anjing ras berukuran kecil seperti mini pom dan shihtzu adalah teman bermain yang tak cocok untuk menjaga rumah. Demikian pula dengan ras besar berperangai jinak seperti golden retriever, siberian husky, atau samoyed.

Jenis anjing ras yang cocok sebagai penjaga rumah antara lain doberman, rottweiler, dan german shepherd. Selain itu, anjing mongrel (ras campuran) berukuran besar biasanya juga memiliki karakteristik yang pas untuk menjaga rumah. Anjing dengan ukuran tubuh besar dan suara gonggongan yang nyaring pasti membuat rumah kita jadi lebih aman.

dog-2645627_1920

Mempelajari Cara Merawat Anak Anjing

Banyak orang memilih memeliharan anjing sejak usia bayi karena lebih mudah dilatih dan dianggap lebih setia. Namun perawatan anak anjing harus dilakukan secara intensif agar anak anjing selalu sehat dan tumbuh kembangnya maksimal. Asupan gizi, perlengkapan kebersihan, dan mainannya harus terpenuhi dengan baik. Sebab anak anjing yang akan ganti gigi biasanya gemar menggigit berbagai jenis barang. Kita harus lebih sabar menghadapinya dan menyiasati dengan cara menyiapkan mainan khusus.

Baca juga: Packing Make-Up untuk Travelling

Halaman Rumah yang Memadai

Salah satu kebutuhan penting bagi anjing bertubuh besar adalah keberadaan halaman rumah yang luas. Hal ini sangat dibutuhkan anjing untuk menyalurkan energi berlebih. Anjing-anjing kita nanti bebas bermain dan berlarian di halaman ketika tidak berada di kandang. Sementara anjing bertubuh kecil tidak terlalu membutuhkan halaman besar. Kita hanya perlu melatih anjing untuk buang air kecil dan buang air besar di halaman agar kita tak kerepotan membersihkan kandangnya.

doggy-2648198_1920

Membeli Anjing di Tempat Terpercaya

Mungkin kita akan kesulitan memilih anjing karena banyak yang jual hewan peliharaan dengan harga terjangkau. Namun kini kita tak perlu khawatir lagi. Selain membeli dari petshop terpercaya, banyak pula marketplace berkualitas yang memfasilitasi jual beli anjing peliharaan. Kita bisa mencari tahu jenis anjing dan standar harganya sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan lupa meminta surat-surat lahir anjing sebagai bukti keturunan anjing ras yang sah. Kita juga patut memastikan bahwa anjing yang kita beli berada dalam kondisi sehat.

Bila nanti kita memiliki anjing peliharaan, suasana rumah pasti jadi lebih ceria dan menyenangkan. Kita dan anggota keluarga lainnya bisa bersama-sama merawat anjing peliharaan kesayangan. Tak ada lagi rasa kesepian karena kita segera memiliki sahabat kecil yang setia.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Ngomongin. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Jangan lupa untuk cek dan ikuti Lomba Blog Hujan Duit untuk mendapatkan saweran duit asli!

Related Posts

 
Site Menu