maskot-untuk-blog-fitur

Pentingkah Membuat Maskot Untuk Blog Kamu? Apa Saja Sih Pertimbangannya?

Kita lazim melihat maskot pada produk-produk besar, restoran ternama, atau situs terkenal. Mereka biasa dimanfaatkan sebagai wajah dan duta bagi produk karena maskot seringkali lebih mudah diingat publik. Tidak jarang, popularitas sebuah maskot melonjak hingga dia memiliki merchandise-nya sendiri untuk dijual‒melampaui tujuan utama mereka sebagai duta dan representasi produk. Hello Kitty merupakan contoh nyata dimana sebuah maskot melebihi fungsinya dan menjadi karakter atau produk bagi dirinya sendiri.

Namun, apakah terpikirkan olehmu untuk memiliki maskot bagi blogmu? Sebuah ide yang sekilas nampak berlebihan memang. Tapi bila dipikirkan lebih lanjut, maskot untuk blog bisa jadi merupakan ide yang brillian. Apalagi bila konten blogmu berfokus pada demografik anak muda yang mengedepankan personality dan keunikan dari media. Maskot untuk blog dapat menjadi senjata pemasaran pamungkas bagimu!

Tentu saja, dalam perkara mengambil maskot tidak hanya ada keunggulanya, namun juga terdapat kerepotan yang mesti dipikirkan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, mari simak pertimbangan berikut ini!

Maskot Sebagai Wajah Bagi Blog

maskot-untuk-blog-2

Secara esensial, maskot adalah wajah bagi suatu hal yang mereka representasikan. Ketika kamu ingin menggunakan maskot untuk blog kamu, maka bersiap-siaplah kalau kehadiranmu sebagai si penulis blog digantikan. Karena, kecuali kamu menggunakan wajah kamu sendiri sebagai simbol atau logo, maka kehadiran sebuah maskot yang memiliki wujud visual akan menjadi sangat kuat dalam menarik perhatian dan kedekatan pembaca.

Hal ini bisa menjadi baik atau buruk tergantung dari tujuan yang hendak kamu raih dalam blogmu. Bila kamu berkehendak untuk menaikkan citra penulismu sebagai pribadi, maka maskot tidak akan membantumu mencapai hal tersebut. Malahan, maskot dapat merebut perhatian pembaca dan menimbulkan krisis identitas bagi blog kamu.

Namun, apabila yang menjadi tujuan ialah menciptakan blog dengan traffic ramai serta rate interaksi yang tinggi, maka kelebihan maskot akan menjadikannya alat pemasaran yang sangat efisien. Dikatakan bahwa otak manusia secara alamiah akan berusaha menyusun bentuk wajah, bahkan pada pola-pola yang acak. Dari situ, secara tidak langsung, kehadiran sebuah maskot akan membantu pembaca untuk merasa lebih dekat secara personal. Daripada melihat gambar foto ataupun banner yang umum, para pembaca akan selalu menemukan wajah si maskot yang menyambut mereka. Alhasil, return dan engagement rate mereka juga akan meningkat!

Demikian adanya, maskot dapat kamu jadikan sebagai ‘duta’ bagi blog ketika dibutuhkan. Seperti misal menghadirkan maskot blog kamu di sebuah podcast atau ketika menjadi tamu penulis di blog lain. Maskot akan memudahkan pembaca atau calon pembaca mengingat dan mengasosiasikan visual maskot dengan blog milikmu.

Fleksibilitas Sebuah Maskot

maskot untuk blog 3

Maskot sekilas memang terlihat sebagai duta belaka atau menjadi wajah visual bagi sebuah produk, situs, atau tentu saja blog kamu. Seringkali, fungsi mereka digunakan sebatas itu saja, hanya sekadar muncul di kemasan, halaman web, atau material promosi. Penggunaan yang sangat terbatas ini sebenarnya patut disayangkan karena maskot memiliki fleksibilitas yang tidak terkira sebagai alat pemasaran.

Dalam ranah blog saja, kehadiran maskot dapat kamu pergunakan dengan berbagai cara. Bisa diletakkan di banner, dapat tampil di laman utama, atau bisa juga menjadi header untuk setiap postingan blog. Disini, maskot menjadi elemen visual yang menarik dan konsisten serta siap pakai ketika kamu membutuhkannya.

Tidak hanya sebagai elemen visual yang siap sedia, kamu juga dapat menggunakan maskot sebagai alat untuk berinteraksi dengan pembaca. Apabila diberi personality-nya sendiri, kamu dapat melakukan roleplay ketika membalas komentar atau juga menentukan tone tulisan yang kamu gubah. Aspek ini akan sangat membantu kamu untuk membangun image yang hendak dicapai lewat blog.

Sebagai alat pemasaran yang lebih luas lagi, maskot dapat membuka beragam peluang baru. Dengan banyaknya aplikasi chatting yang memiliki fitur stickers, kamu dapat memanfaatkan maskot milikmu untuk dibuat stickers-nya dan dijual di platform yang tersedia. Apabila maskotmu benar-benar menjadi populer, kamu bahkan bisa mulai berjualan merchandise-nya, yang tidak hanya menguntungkan secara pemasaran, tapi juga menjadi tambahan pemasukan bagi kamu!

Tentu saja, segala kelebihan maskot di atas tidak datang dengan cuma-cuma. Ada beberapa kerepotan yang mesti kamu lalui terlebih dahulu untuk dapat memperoleh keunggulan dari sebuah maskot.

Mencari Desain yang Tepat

maskot-untuk-blog-4

Sebagaimana desain visual lainnya, merancang maskot sama sekali tidak mudah. Banyak aspek tampilan yang mesti dipikirkan oleh kamu selaku pemilik blog. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sehingga tidak mengherankan apabila banyak perusahaan yang mengadakan lomba desain maskot untuk mempercepat proses tersebut.

Kesulitan dari mencari desain yang tepat tentu saja datang dari keterkaitan elemen visual sang maskot dengan image yang hendak ditampilkan dan demografik pembaca yang diincar. Proses desain ini akan semakin rumit apabila kamu ingin maskot tersebut memiliki kepribadian yang solid.

Kecuali kamu familiar dengan desain visual, maka tugas mendesain ini tidak mungkin dilakukan sendiri. Dibutuhkan seorang desainer visual yang sesuai dan dapat mengerti apa yang kamu inginkan dari maskot untuk blog milikmu nantinya. Hal ini sudah merupakan pencarian tersendiri yang tidak akan mudah untuk dilakukan.

Jelas membuat maskot tidak akan mudah. Keseluruhan prosesnya akan memakan waktu yang tidak terbilang sedikit bila kamu menginginkan hasil terbaik. Jangan coba-coba menyingkat proses ini dengan cara yang curang seperti mengambil atau menjiplak desain dari maskot lain secara mentah-mentah, apalagi mencuri. Hal itu harus kamu hindari sejauh mungkin karena pada akhirnya yang menjadi buruk hanyalah reputasimu.

Biaya Yang Cukup Mahal

maskot-untuk-blog-5

Seperti yang dituliskan tadi, proses mendesain maskot itu lama dan cukup sulit. Tanpa pengetahuan yang mumpuni pada bidang desain visual, tentu kepala kamu dan ide sendiri tidak akan cukup untuk menghasilkan maskot yang benar-benar unik dan penuh dengan personality. Bantuan dari pihak lain yang lebih berpengalaman di bidang ini tentu dibutuhkan.

Namun, menyewa seorang desainer visual untuk mendesain maskot tidak akan terjadi dengan biaya yang murah atau seadanya. Seorang desainer profesional pasti akan meminta tarif cukup mahal untuk jasanya. Menyewa desainer lain yang menawarkan tarif lebih murah memang sebuah pilihan, tapi pilihan tersebut punya risiko tersendiri dimana kamu mungkin akan dapat hasil maskot yang tidak maksimal.

Mencari desain atau desainer maskot bisa saja kamu manfaatkan untuk melakukan interaksi dengan pembaca. Caranya tidak lain adalah dengan mengadakan sayembara desain. Banyak orang melakukan sayembara maskot untuk mempersingkat waktu, memberi engagement, dan melakukan pemasaran. Tapi, sayembara pun memiliki risikonya sendiri dimana kamu bisa jadi tidak memperoleh satu pun hasil yang sesuai. Biayanya pun tetap terbilang tinggi. Penggunaan sayembara juga dapat melukai reputasimu bila dilakukan dengan tidak elok seperti membatalkan kompetisi karena merasa hasil yang masuk tidak ada yang sesuai.


Di zaman yang intens dengan gambar visual dan padat konten seperti sekarang, maskot dapat menjadi salah satu cara terbaik agar blogmu terlihat unik dan menonjol. Banyak kelebihan yang kamu peroleh dengan memiliki maskot, utamanya ya menjadikan blog kamu terasa lebih unik dan lebih personal. Selain itu, maskot juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan lainnya. Yang pasti, membuat maskot merupakan ‘investasi’ yang sangat berharga.

Tentu saja memiliki maskot yang baik tidaklah mudah. Mencari desainer yang mumpuni untuk memenuhi keinginan kamu akan memakan waktu yang tidak sebentar. Biayanya pun tidak akan murah karenanya. Keputusan untuk memiliki maskot harus dipikirkan secara masak-masak, tidak bisa sambil lalu lewat begitu saja.

Tapi, seluruh kerepotan yang mesti dilalui akan sangat sesuai dengan imbalannya apabila kamu berhasil memperoleh maskot yang diinginkan. Apakah kamu bersedia melaluinya atau tidak, itu semua tergantung pada keputusanmu pada akhirnya.

Sumber Gambar: Yata.hk, Art Burst Chicago, USA Today, Invictus, Olympic

Related Posts

Site Menu