plugin monetisasi blog

3 Plugins Untuk Memonetisasi Blog Kamu

Membuat situs blog bagi beberapa orang bukan hanya untuk sekadar berbagi cerita, tetapi juga menjadi sumber penghasilan. Tentu saja kamu bisa mencari penghasilan melalui situs blog kamu dengan cara memonetisasi blog kamu, salah satunya lewat plugin.

Apa itu plugin? Plugin merupakan suatu fungsi tambahan yang tersedia pada WordPress. Untuk menggunakannya tidak rumit dan kamu tidak perlu menguasai coding, kamu bisa langsung memasangnya di Plugin Directory WordPress. Di sana, terdapat banyak sekali plugin yang tersedia yang bisa kamu gunakan.

Dengan banyaknya plugin yang tersedia, pasti membuat kamu bingung untuk memilihnya. Nah, tim C2live merangkum beberapa plugin yang bisa kamu gunakan. Apa saja plugin monetisasi blog tersebut? Yuk, simak rangkuman ini bersama!

1. Shareaholic

Shareaholic merupakan salah satu dari banyaknya plugin yang tersedia di WordPress dan berbentuk code atau script yang bisa kamu masukkan ke HTML editor kamu jika menggunakan platform selain WordPress. Plugin ini bisa kamu gunakan untuk memonetisasi blog tanpa ada syarat!

Shareaholic berguna untuk memaksimalkan semua fitur yang ada di blog kamu seperti related post, social sharing, analytics, hingga memonetisasi. Apabila kamu menggunakan WordPress, maka kamu lebih baik menggunakan plugin ini karena sangat mudah dan praktis.

Untuk menggunakannya, kamu harus memverifikasi blog kamu dengan membuat akun Shareaholic di websitenya. Apabila kamu menggunakan WordPress, maka kamu hanya membuat akun Shareaholic lalu verifikasi dengan memasukkan url blog kamu di dashboard akun Shareaholic.

Apabila kamu tidak menggunakan WordPress, maka kamu bisa menggunakan website Shareaholic dengan memasukkan setiap code atau script dari fitur yang diperlukan blog kamu secara manual.

Namun, advertiser Shareaholic lebih banyak menargetkan visitor dari luar negeri, sehingga komisi yang diberikan untuk blog berbahasa Indonesia masih sangat kecil. Syarat payout yang bisa dilakukan minimal adalah 100 USD. Setiap pembayaran yang diminta akan diproses sekali setiap 30 hari.

2. SumoMe

Plugin selanjutnya yaitu SumoMe, plugin yang tidak hanya bermanfaat untuk share konten blog kamu tetapi juga kumpulan dari berbagai aplikasi yang bisa meningkatkan pengunjung blog kamu. Salah satu aplikasi dari SumoMe yang bisa digunakan adalah fitur social sharing.

Untuk bisa menggunakan plugin monetisasi blog ini, tentunya kamu harus meng-install plugin ini, lalu membuat akun SumoMe. Plugin ini memiliki banyak fitur selain _sharing conten, ada juga fitur share yang bisa dipasang pada gambar.

Fitur lain dari SumoMe adalah analytic pada akun, menampilkan tombol iklan yang paling banyak mendapatkan share, hingga UTM tracking.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis

3. Jetpack

Jetpack adalah plugin gratis yang memiliki 32 modul yang sangat bermanfaat. Modul tersebut pada WordPress akan langsung terpasang secara otomatis dan bisa diakses melalui dashboard. Dari 32 modul yang tersedia, terdapat 2 modul yang berbayar yaitu VaultPress dan VideoPress.

Dari banyaknya modul yang ada pada Jetpack, terdapat 6 modul penting yang bisa kamu gunakan untuk memonetisasi blog, yaitu :

• WordPress.com Stats, memiliki peran untuk kebutuhan statistik tentang pengunjung, post, dan pages yang sedang populer, fitur ini ringan dan simple

• Publicize. Fitur ini akan secara otomatis membagikan post yang sudah dipublikasikan ke beberapa media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Path, dan Google+.

• Subscription, fitur untuk pengunjung blog kamu mengikuti dan untuk menerima notifikasi post terbaru ataupun sebuah komentar melalui email, setelah mereka berlangganan melalui fitur ini.

• Likes, fitur yang memungkinkan pengunjung blog untuk memberikan apresiasinya terhadap konten yang kamu buat.

• Markdown adalah cara cepat untuk menambahkan teks berformat tanpa harus menuliskannya dalam kode HTML.

• Custom CSS. Tanpa memodifikasi tema secara langsung, modul ini bisa dimanfaatkan untuk kustomisasi tampilan blog kamu.

Fitur di atas memerlukan konfigurasi lebih di Jetpack section pada dashboard. Dan khusus untuk Markdown, modul ini harus diaktifkan tersendiri.


Di atas adalah beberapa plugin yang bisa bermanfaat untuk memonetisasi blog kamu. Dengan mengetahui plugin tersebut, kamu bisa mencobanya. Jadi, semangat terus ngeblognya, ya!

Sumber gambar: Nauzah Blog, Shareaholic, Mykajabi, Shoutmeloud

Related Posts

Site Menu