podcast indonesia

4 Podcast Indonesia yang Menginspirasi Blog Kamu

Menulis blog memerlukan inspirasi agar ide tulisan bisa terus muncul. Banyak sekali hal yang bisa menginspirasi kamu, salah satunya dengan mendengar podcast. Untuk yang belum tahu, podcast merupakan format siaran seperti radio yang memiliki berbagai pembahasan. Perbedaannya dengan radio, kamu bisa memilih pembahasan dan tema podcast yang ingin didengar. Jadi, bisa sesuai dengan mood menulis yang kamu cari.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa podcast yang layak untuk kamu ikuti. Nah, podcast Indonesia apa saja sih yang bisa menginspirasi? Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Level Up with Benazio

Level Up with Benazio dibuat oleh Benazio atau yang lebih dikenal dengan Benakribo merupakan podcast yang membahas mengenai pengalamannya sebagai creative content creator, selain itu ia juga membahas life guide , tips and tricks , talkshow and inspiring session , dan pengembangan karir.

Saat ini, podcast Indonesia ini sudah memiliki 16 episode yang bisa didengarkan melaui platform online seperti Soundcloud, Spotify, atau Inspigo. Dengan konten pembahasan yang banyak seperti yang sudah disebutkan di atas, bukan hanya motivasi yang didapat tetapi kamu akan menemukan bahasan-bahasan inspiratif untuk menulis blog.

2. MaknaTalks

Setelah sukses dengan Makna Coffe, kini tim Makna Creative menginisiasi podcast yang bernama Maknatalks. Podcast ini merupakan sharing session dengan gaya wawancara yang dilakukan radio, dan dipandu oleh Iyas Lawrence selaku host. Konten yang dibuat oleh Maknatalks sendiri cukup beragam, seperti pembahasaan finansial, seni, hingga self branding .

Saat ini Maknatalks sudah mencapai 22 episode yang tiap minggunya hadir dengan episode baru. Kamu bisa menjadikan podcast Indonesia ini sebagai bahan referensi atau inspirasi untuk menulis konten di blog.

Baca juga: 5 Topik Terbaik untuk Blogger Pemula

3. Podcast Awal Minggu

PAM (Podcast Awal Minggu) merupakan sebuah podcast yang dibuat oleh seorang komedian, Adriano Qalbi. Sesuai dengan namanya podcast ini mengeluarkan episode baru pada awal minggu. Yang menarik, Adri kerap mengundang seseorang untuk menjadi tamu di podcast-nya.

Berbeda dari podcast lainnya, PAM tidak memiliki musik pembuka dan penutup. Tema yang dibahas pun secara spontan dilontarkan oleh Adri, namun tetap memiliki informasi dan pembahasan yang mendalam. Dengan memiliki pembahasan yang mendalam tersebut, kamu bisa menjadikan podcast ini sebagai inspirasi konten.

4. Podcast Subjective

Serial Podcast Subjective yang dibuat oleh Iqbal Hariad ini berisi opini dan keresahannya dalam kehidupan millenial . Ia membuat podcast ini dengan tujuan bisa membuka kesempatan berdiskusi secara produktif di kalangan anak muda. Saat ini, podcastnya sudah memiliki 66 episode yang terdiri dari beberapa pembahasan. Mulai dari pengelolaan keuangan hingga hal-hal berbau IT.

Podcast ini sangat bermanfaat untuk anak muda karena membahas topik-topik hangat yang bisa memberikan wawasan. Kamu bisa mendengarkan podcast ini di platform online seperti Spotify atau Soundcloud. Konten yang kamu dengan di podcast ini bisa kamu perdalam untuk kamu kemas ulang dalam bentuk tulisan blog.


Di atas merupakan beberapa Podcast Indonesia yang bisa didengarkan untuk mencari inspirasi konten blog kamu. Semoga dengan mengetahui hal tersebut, kamu semakin termotivasi untuk menulis blog rajin. Semangat, guys!

Sumber gambar:
Reviewgeek, Benakribo, Instagram Maknatalks, Marketeers radio, Google,

Related Posts

Site Menu