4 Potensi Bekerja Sama dengan Blogger yang Harus Dipahami oleh Brand

Jika kamu bekerja di dunia marketing, tentu kamu sudah menyadari bahwa digital marketing sedang menjadi metode pemasaran yang banyak digunakan oleh berbagai brand atau perusahaan. Media yang digunakan sendiri bisa beragam, mulai dari iklan di televisi, di YouTube, hingga bekerja sama dengan influencer di media sosial atau blog.

Alasan kenapa digital marketing menjadi digemari adalah karena metode ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil yang jelas dan terukur. Dengan metode konvensional, kamu sulit mengetahui seberapa banyak orang yang melihat dan terpengaruh dengan iklanmu. Lewat media digital, angka-angka tersebut terangkum dengan jelas, sehingga mudah untuk kamu olah dan evaluasi.

Sayangnya, banyak pelaku digital marketing hanya terfokus pada ranah media sosial. Padahal bekerja sama dengan para blogger juga penting dan sangat bermanfaat bagi sebuah brand. Agar kamu bisa memahami manfaat dari bekerja sama dengan para blogger, mari pahami ulasan berikut.

1. Terhubung dengan Audiens yang Tepat

Sebuah blog tentu memiliki niche atau topik bahasan yang menjadi fokus mereka. Ada blog yang fokus membahas soal teknologi, ada yang soal kuliner, ada yang soal makeup dan skincare, ada juga yang soal parenting. Itu artinya, setiap blog memiliki demografi pembaca yang berbeda. Ini bisa membantumu memasarkan produk ke pasar yang tepat.

Jika produk yang kamu pasarkan berhubungan dengan teknologi, cari blogger yang memang memiliki niche teknologi. Sementara jika produkmu adalah produk kecantikan, maka kamu perlu untuk bekerja sama dengan beauty blogger. Memasarkan produk ke demografi pasar yang jelas tentu lebih menjanjikan dibanding memasarkan tanpa mengenali jenis audiens yang dituju. Itulah sebabnya bekerja sama dengan blog adalah strategi yang efisien.

2. Memperbaiki Performa SEO

Search Engine Optimization atau SEO sangat berperan penting pada blog atau website perusahaanmu. Semakin baik performa SEO website-mu, semakin mudah orang menemukan brand-mu lewat mesin pencari seperti Google. Faktor ini menjadi sangat penting karena faktanya hampir semua orang selalu mengandalkan mesin pencari saat mereka membutuhkan informasi.

Dengan bekerja sama dengan blogger, kamu bisa membuat SEO website-mu menjadi lebih baik lagi. Caranya, selain meminta mereka untuk menulis sebuah artikel tentang produkmu, kamu juga bisa meminta mereka untuk menyertakan backlink yang mengarah ke website-mu. Backlink ini sangat membantu performa SEO, dan juga bisa mengantarkan cukup banyak traffic ke website perusahaan secara stabil.

Baca juga: Membaca Arah Media Digital Indonesia bersama Nadine Freischlad

3. Lebih dari Sekadar Awareness

Media sosial sering dipilih oleh brand karena banyak influencer yang memilik ratusan ribu followers. Meskipun bisa menjangkau pasar yang sangat luas, namun media sosial hanya efektif untuk fase pengenalan produk, atau biasa disebut sebagai tahap awareness. Ketika seseorang tertarik lebih lanjut, mereka butuh untuk diyakinkan lagi dengan lebih detail dan jelas.

Biasanya, ketika seseorang ingin membeli sebuah produk, mereka akan mencari ulasan terhadap produk tersebut di internet. Dibanding membaca ulasan para influencer di media sosial, orang-orang lebih memillih mencari ulasan blog lewat mesin pencari. Orang menganggap ulasan di blog lebih kredibel dan genuine dibanding ulasan dari influencer yang sering kali terasa sangat generik. Sebaliknya, blogger memang sering mengulas atau beropini secara objektif, itu membuat tulisan mereka lebih dipercaya publik. Itulah sebabnya jika kamu ingin merebut kepercayaan dari calon konsumenmu, kamu wajib bekerja sama dengan blogger yang relevan dan kredibel.

4. Adakan Kompetisi Blog

Bekerja sama dengan blogger caranya nggak selalu dengan meminta mereka mengulas produk atau jasamu. Cara cerdik dan efektif lainnya yang layak kamu coba adalah mengadakan sebuah kompetisi blog. Lewat kompetisi, kamu bisa mengajak ratusan blogger untuk menulis tentang suatu tema, serta sambil mentitipkan pesan-pesan tertentu untuk memasarkan produkmu.

Beberapa brand cerdas sudah melakukan strategi ini. Hasilnya pun memuaskan, setiap kompetisi diikuti oleh ratusan blogger. Yang artinya, ada ratusan blogger yang menyuarakan dan memasarkan produkmu secara bersamaan. Tulisan mereka pun akan tersebar di mana-mana, dan akan dibaca oleh puluhan ribu orang. Strategi ini tentu sangat bermanfaat dan cukup efisien jika kamu ingin menjangkau pasar yang luas.


Dengan semakin berkembangnya dunia digital marketing, artinya semakin banyak cara kreatif dalam memasarkan suatu produk atau jasa. Apabila kamu bekerja di bagian marketing dari sebuah brand, kamu pun harus jeli membaca potensi berbagai media dan metode yang tersedia.

Media sosial memiliki kelebihan untuk meningkatkan awareness dengan demografi yang luas, blog bisa menjadi senjata ampuh untuk meyakinkan publik tentang kualitas produkmu, sementara televisi bisa menjadi alternatif untuk menggapai demografi yang belum terjangkau internet. Apapun pilihannya, masing-masing memiliki potensi tersendiri.

Ingin menularkan semangat positif ala Blogger? Yuk suarakan kepedulianmu pada laut Indonesia lewat lomba blog yang diselenggarakan oleh C2live sekarang juga!

Sumber: Colorado PA, Art + Marketing, Lifewire, Christopher Witt, Motesbokning.

Related Posts

Site Menu