Ani-Berta-1

Yuk Belajar Menjadi Social Blogpreneur Bersama Ani Berta, Founder Komunitas ISB

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Bisa gak sih seorang blogger bisa menggunakan skill mereka dan sukses menjadi seorang blogpreneur? Kalau melihat sepak terjang Mbak Ani Berta, tentu jawabannya bisa! Pasalnya, Mbak Ani ini adalah founder dari Indonesian Social Blogpreneur atau yang biasa dikenal sebagai komunitas ISB.

Siapakah Mbak Ani Berta ini? Apakah itu komunitas ISB? Dan, bagaimana sih Mbak Ani bisa sampai akhirnya menciptakan komunitas ISB? Ingin tahu jawabannya? Yuk, simak hasil wawancara kami dengan Mbak Ani.

Siapakah Mbak Ani Berta Ini dan Bagaimana Ia Bisa Sampai Terjun ke Dunia Blogging?

Ani-Berta-3

Secara sehari-hari, Mbak Ani merupakan ibu dari seorang putri remaja dan sekaligus content writer profesional. Saking produktifnya, Mbak Ani ini bekerja sebagai content writer untuk beberapa perusahaan, mengelola portal perempuan Female Digest, dan juga berperan sebagai pengurus komunitas Indonesian Social Blogpreneur yang ia dirikan. Tentunya semua hal di atas ia lakukan secara terorganisir dan dengan pembagian waktu yang tepat!

Wah, kalau dilihat-lihat, banyak juga ya kegiatan Mbak Ani yang berkaitan dengan menulis. Kira-kira, apa sih yang membuat ia begitu gemar dengan kegiatan tersebut? Ketika dihadapkan dengan pertanyaan tersebut, Mbak Ani menjawab:

Menulis adalah nyawa buat saya karena dengan menulis, saya dapat menumpahkan segala yang menumpuk di otak dan mengurai segala hal yang perlu digali agar kedalaman makna tentang sesuatu bisa didapat.

Mbak Ani juga menambahkan bahwa dengan menulis, ia dapat lebih leluasa berekspresi dan menumpahkannya. Jadi, menulis bukanlah sekedar kesukaan ataupun hobi, tapi merupakan sesuatu yang lebih.

Pada awalnya, Mbak Ani menjalani pekerjaan kantoran. Namun, ia memilih untuk mengejar passion menulis tersebut dan menjadi seorang full-time blogger. Dengan mengikuti jalan tersebut, Mbak Ani menemukan bahwa ternyata ada banyak peluang bagi seorang blogger!

Pencarian Potensi dan Pendirian Komunitas Indonesian Social Blogpreneur

Ani-Berta-7

Ketika Mbak Ani melihat banyaknya peluang yang bisa didapatkan melalui kegiatan blogging, ia jadi terdorong untuk mendirikan suatu komunitas yang dapat mengembangkan sisi entrepreneur dari para blogger. Nah, buah ide tersebutlah yang kemudian tumbuh menjadi komunitas ISB.

Sesuai tagline-nya learning, sharing, networking, opportunities. ISB adalah komunitas yang mengutamakan berbagi, belajar, dan berkegiatan sosial. Selain itu, ditekankan harus selalu percaya diri untuk memperluas jaringan dan tak ketinggalan untuk selalu tanggap terhadap peluang.

Kebenaran dari perkataan Mbak Ani di atas dapat terlihat jelas pada aktivitas komunitas ISB yang menekankan pada berbagi pengetahuan. Dalam komunitas ISB, anggotanya didorong untuk saling berbagi ilmu, mempelajari hal baru, dan kemudian mengaplikasikan ilmu tersebut layaknya seorang entrepreneur, atau dalam hal ini, blogpreneur, untuk membuka kesempatan baru. Tapi, secara jelasnya, apa saja sih kegiatan dalam komunitas ISB?

Baca Juga: Belajar Menjadi Travel Blogger Bertanggung Jawab Bersama Wira Nurmansyah

Hal-hal Yang Aktif Dijalankan Oleh Komunitas ISB

Ani-Berta-2

Ada berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh komunitas ISB. Sebagai permulaan, ISB suka melakukan survei dan menanyakan kepada anggota mereka, kira-kira keahlian apa yang ingin dipelajari oleh para anggota. Setelah mendapatkan jawabannya, ISB pun mulai mencari narasumber yang memang ahli di bidang tersebut dan dapat mengajari para anggota. Tentunya, pelatihan yang diadakan oleh ISB masih relevan dengan bidang menulis dan dapat mendorong jiwa blogpreneur para anggotanya.

Tentunya, sebagai komunitas blogger, ISB selalu aktif membagikan tulisan dalam blog pada anggotanya ke grup Facebook ISB. Di luar itu, ISB juga senang mengadakan tantangan seperti One Day One Post dimana anggotanya diajak untuk menerbitkan satu post dalam blog mereka untuk setiap harinya secara konsisten selama dua minggu. Selain menantang, aktivitas tersebut juga mendorong para anggota untuk melakukan blogwalking alias mengunjungi blog anggota lainnya.

Selain kegiatan yang mendukung produktivitas, komunitas ISB juga memiliki kegiatan yang lebih santai seperti kopdar alias kumpul-kumpul serta kunjungan sosial ke panti asuhan.

Ada Harapan dan Pesan Gak Untuk Rekan-rekan Blogger?

Ani-Berta-4

Ketika ditanya oleh tim C2live mengenai pesan yang ingin disampaikan pada rekan-rekan blogger lainnya, Mbak Ani Berta memberikan jawaban ini:

Jalani saja apa yang ada di depan mata dengan sebaik mungkin dan selalu lakukan hal terbaik dalam setiap karya yang dibuat.

Mbak Ani juga mengingatkan para blogger agar terus setia dengan persona masing-masing dan menulis sebagai diri sendiri. Jangan main ikut-ikutan saja atau bahkan menciptakan karya copy-paste! Jadilah seorang penulis yang berkreasi dengan opini dan pemikiran sendiri. Hanya dengan jalan itu saja seorang penulis bisa menjadi pencipta trend.

Terakhir, jangan lupa untuk sering-sering blogwalking, kunjungi dan tinggalkan komentar di blog orang lain. Ya ibaratnya seperti melakukan kunjungan bersahabat ke tetangga-tetangga blogger.


Nah, itu tadi hasil wawancara C2live dengan Mbak Ani Berta. Wah hebat sekali ya! Dari kecintaannya pada aktivitas menulis, Mbak Ani bisa menciptakan suatu komunitas yang menjadi tempat singgah nyaman bagi para blogger dan bahkan mendorong jiwa entrepreneur mereka! Meskipun sudah seru dan punya banyak kegiatan, Mbak Ani mengatakan bahwa ia masih ingin menambahkan kegiatan dan membuat komunitas ISB menjadi semakin seru. Buat kamu yang penasaran, kamu bisa melihat grup Facebook komunitas ISB di link ini.

Baca Juga: 6 Vlogger Wanita Inspiratif yang Bisa Kamu Teladani

Related Posts

 
Site Menu