travel blogger fitur

Belajar Menjadi Travel Blogger Bertanggung Jawab Bersama Wira Nurmansyah

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Seringkali, pekerjaan travel blogger itu terkesan mudah. Hanya tinggal jalan-jalan dan pamer foto untuk dapat views dan likes. Namun, pada nyatanya ada banyak travel blogger yang peduli dengan isu-isu lingkungan dan menyampaikan nilai lebih melalui jurnal perjalanan mereka. Salah satu dari blogger tersebut adalah Wira Nurmansyah.

Siapakah dia dan pesan seperti apa yang dia bawakan? Mari simak dulu profil dari Wira Nurmansyah.

Mari, Kenalan Dulu Dengan Mas Wira

travel-blogger-2

Dengan tagline: inspire Indonesia to travel the world, Wira sudah mengisi blognya dari tahun 2009. Dalam posting-an pertamanya di blog wiranurmansyah, Wira sudah menunjukkan ketertarikannya dalam menulis. Dalam posting-an berjudul “Trusty 2008 Road to Bali”, Wira menuliskan pengalamannya di Pulau Dewata selama 7 hari secara kronologis dan juga jenaka. Dimulai dari sana, Wira secara konsisten terus mengisi blognya dengan konten bertajuk travel dan fotografi hingga sekarang ini.

Tidak hanya mengabadikan kisah perjalanan di lokasi populer seperti Gili Trawangan dan Lombok saja, Wira juga membagikan perjalanannya di berbagai pelosok Indonesia, seperti Sota yang terletak di provinsi Papua. Dengan konsistensinya dalam mengisi konten dan membagikan kisah perjalanan serta buah pikirannya, tidak heran kalau blog milik Wira mendapatkan hingga 150.000 views setiap bulannya.

Apa yang menjaga Wira untuk dapat konsisten blogging dari tahun 2009 hingga sekarang ini? Alasannya ternyata karena Wira memandang blog sebagai sarana untuk bisa mengorganisir pikirannya dan menolak lupa. Dengan menuangkan buah pikirannya ke dalam blog, ia jadi mengabadikan pengalamannya traveling.

Pengalaman Lucu Ketika Blogging

travel blogger 2

Dalam wawancara, Wira sempat membagikan salah satu pengalaman lucunya. Semua berawal dari blog post-nya di mana Wira mengkritik soal kejanggalan pendakian dalam film 5cm. Walaupun mengandung kepedulian dan kritik yang nyata dari segi pendaki gunung, blog post itu sempat jadi bahan kritik negatif warganet.

Untungnya, Wira juga mendapat banyak dukungan positif dari pembaca yang memang menangkap kepedulian dari tulisan tersebut, yakni agar pendaki melakukan persiapan yang memang memadai!

Bagaimana, sih, Wira Bisa Sampai Terjun ke Dunia Blogging dan Apa yang Membuatnya Betah?

travel-blogger-4

Pada awalnya, Wira sendiri mengaku bahwa awalnya ia hanya blogging untuk pamer cerita dan foto saja setelah jalan-jalan. Namun, setelah mendapati bahwa kontennya bisa booming di media sosial, Wira mulai menentukan tujuan yang jelas pada blognya.

Melalui blognya, Wira ingin membantu orang dalam mencari informasi soal lokasi traveling. Oleh karena itu, konten blognya sudah teratur dan tertata rapi sesuai dengan lokasi destinasi traveling. Tapi, tidak hanya sampai di sana saja. Ia juga ingin menyampaikan pesan pada para pembacanya bahwa jalan-jalan juga harus dilakukan secara bertanggung jawab.

Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak
Jangan ambil apapun kecuali gambar/foto
Jangan membunuh apapun kecuali waktu

Itulah mantra yang kerap kali ditemukan pada halaman wiranurmansyah.com. Maksudnya adalah jangan merusak lokasi wisata dengan meninggalkan ukiran nama, grafiti, atau bahkan sampah. Jangan mengambil/membawa pulang flora atau fauna asli lokasi wisata, kamu cukup berfoto saja dengan mereka. Jangan membunuh flora dan fauna di lokasi wisata, baik secara langsung atau secara tidak langsung dengan merusak lingkungan mereka.

Harapan dan Pesan Wira Untuk Para Blogger

travel-blogger-5

Di era teknologi ini, bahkan blog tidak terlepas sebagai media untuk hal-hal negatif‒mulai dari konten hoax, penipuan, sampai pesan provokatif. Dalam suasana modern seperti inilah, Wira berharap bahwa blogger dan influencer lainnya terus melanjutkan sepak terjang blogging mereka secara positif saja.


Nah, itu tadi sekilas mengenai Wira Nurmansyah dan pesan yang ingin disampaikannya, meskipun pada awalnya, ia juga hanya melakukan blogging untuk pamer saja. Pada akhirnya, Wira berhasil mengembangkan blognya untuk tujuan yang dapat didukung oleh banyak orang. Tidak hanya membantu orang yang mau memulai travel saja, Wira juga jadi mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan ketika tengah menikmati pemandangan alam dalam wisata.

Sumber: wiranurmansyah, NIDJI | Official Website, wiranurmansyah, wiranurmansyah

Related Posts

 
Site Menu