widget blog

Jangan Biarkan Blogmu Tampil Membosankan, Lengkapi dengan 5 Widget Blog Ini!

Membuat blog itu hampir serupa dengan membangun rumah. Orang-orang di dalamnya memang jadi salah satu unsur penting yang menentukan rumah itu menyenangkan atau nggak untuk disinggahi. Tapi, di luar itu, penampilan rumah juga penting dalam membangun suasana yang bersahabat. Nggak heran kalau ada banyak orang yang rela menyisihkan uang khusus untuk membeli furnitur yang cocok untuk menghias rumahnya.

Kalau di blog, yang dapat menunjang kenyamanan seseorang saat berkunjung adalah widget blog. Tapi, saat memilih-milih widget, jangan lupa memilih ragam widget yang bisa menunjang performa blogmu karena nggak semua widget begitu, lho. Ada widget yang justru mengganggu pengunjung atau malah memberatkan laman blogmu sehingga susah dibuka.

Berikut ini beberapa rekomendasi widget yang bukan hanya menarik, tetapi juga bisa menunjang performa blogmu.

1. Authors

widget blogSumber: AccessPress Themes
Widget Author ini adalah cara mudah untuk membuat link ke akun atau halaman penulis. Widget ini berguna banget nih buat kamu yang memiliki atau mengelola blog dengan lebih dari satu author (penulis).

Widget ini bukan hanya akan menunjukkan siapa yang menulis sebuah artikel, tapi juga akan membuat link yang dapat diklik oleh pengunjung blog agar mereka dapat melihat tulisan-tulisan yang dibuat oleh penulis sama. Jadi, jika ada pengunjung blog yang ingin mencari artikel, tetapi lupa judul dan ingat penulisnya, dia bisa mencarinya melalui widget author ini. Setiap platform blog memiliki pilihan tampilan widget author, jadi kamu bisa memilih widget yang sesuai platform blogmu dengan tampilan yang kamu suka.

2.Feedjit

widget blogSumber: AlternativeTo
Widget yang satu ini akan menunjukkan siapa saja yang mengunjungi blogmu. Bedanya dengan visitor record bawaan blog pada umumnya, Feedjit dapat menampilkan statistik pengunjung blogmu secara real time termasuk di negara atau kota mana mereka berada dan bagaimana mereka bisa menemukan blogmu.

Jika kamu memasang link blog di web lain atau di media sosialmu, kamu bisa melacak link mana yang digunakan oleh pengunjung untuk sampai ke blogmu. Selain itu, jika blogmu terdiri atas beberapa laman, kamu juga bisa melihat laman mana saja yang dikunjungi. Terakhir, kamu dapat melihat external link yang digunakan untuk keluar dari blogmu.

3. Social Media Icons Widget

widget blogSumber: WP Enlight
Saat ini, hampir semua orang yang punya akses ke internet pasti punya juga akun media sosial. Nah, widget media sosial ini bisa, lho membantu meningkatkan publisitas blogmu. Dengan memasang widget ini, kamu memberikan akses mudah bagi pengunjung blogmu untuk membagikan tulisan yang dia sukai.

Tulisan kamu akan dibagikan dalam bentuk tautan atau link yang secara otomatis dibuat dalam format media sosial yang dipilih, jadi pengunjung nggak perlu repot-repot meng-copy dan paste kembali URL posting-anmu ke media sosial mereka secara manual. Widget ini bisa kamu temukan di berbagai platform blog. Biasanya tampilan widget ini dipengaruhi oleh tema blog yang kamu gunakan.

4. Links Menu (Blogroll)

widget blogSumber: FireworkProdz
Kamu punya tulisan favorit yang ingin selalu kamu simpan di permukaan agar mudah dilihat? Atau, ada link blog yang ingin kamu bagikan kepada pengunjung blogmu? Kamu bisa memasang widget ini untuk memunculkan link-link tersebut.

Sebagai blogger, biasanya kita akan menemukan tulisan-tulisan yang menarik untuk dibagikan ulang. Ada juga blog-blog teman, postingan favorit kita, dan situs web yang ingin kita tunjukkan di blog kita. Link menu memudahkan pengunjung blog kamu untuk berkunjung ke laman-laman rekomendasi dari kamu. Seru, kan?

5. Website Translator

widget blogSumber: Galih
Ingin tulisan di blog dibaca lebih banyak pengunjung? Terkadang kamu ingin berbagi dengan lebih banyak orang dari berbagai negara. Kamu bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional yang banyak dipelajari di berbagai negara lain. Tetapi, bagaimana jika kamu ingin tetap menulis dengan bahasa Indonesia? Atau, kamu ingin tulisanmu bisa dibaca oleh orang-orang yang nggak berbahasa Indonesia atau Inggris?

Widget website translator jawabannya! Widget ini merupakan widget dari Google yang jika dipasang pada blogmu akan membantu menerjemahkan artikel blogmu ke dalam berbagai bahasa. Keren, kan?


Bagaimana? Sudah menentukan harus memasang widget apa saja di blogmu? Masih banyak widget blog lainnya yang dapat kamu coba. Saat memilih widget, pastikan widget tersebut compatible atau sesuai dengan platform blogmu, ya. Ingin baca berbagai tips blogging lainnya? Yuk, baca artikel-artikel lainnya di Blog C2live. Selamat menulis!

Related Posts

Site Menu