Inspirasi Konten

Cari Inspirasi Konten untuk Blogmu? Yuk, Ikuti Rahasia Para Ahli Konten Dunia

Writer’s block merupakan hal yang nggak jarang ditemui ketika kamu mengikatkan diri pada kegiatan menulis yang cukup rutin. Di saat kamu mengalami hal ini, hal yang kamu cari pasti nggak jauh-jauh dari inspirasi. Tapi, mencari inspirasi konten itu nggak semudah yang dibayangkan. Dari segala hal yang ada di sekeliling kita, kadang saking buntunya, kita nggak mampu mencermati topik-topik menarik yang bisa kita tulis. Kadang, kalaupun sudah dapat, kamu masih akan bingung akan menulis tentang apa lagi untuk artikel selanjutnya

Nah, supaya kamu bisa terus mendapatkan ide untuk menulis, kamu bisa ikuti rahasia para ahli konten berikut soal bagaimana mereka bisa tetap menginspirasi diri dan menghasilkan konten secara konsisten. Penasaran dengan cara yang mereka lakukan? Yuk, langsung kita simak!

1. Tulislah Hal yang Kamu Pahami – Ramsay Taplin

Inspirasi Konten

Dikenal juga sebagai “The Blog Tyrant”, blogger muda asal Australia ini telah sukses mendulang sejumlah uang dengan kegiatan blogging-nya, mulai dari menjual website, berbagi metode pengembangan blog, hingga kiat membangun niche blog yang kuat.

Sebagai seorang blogger, ia mengaku bahwa dirinya dapat memberikan tulisan terbaik pada pembaca ketika ia benar-benar memahami apa yang bahas. Lalu, bagaimana caranya supaya kamu bisa benar-benar memahami topik yang kamu bahas? Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan banyak riset, eksperimen, dan berinteraksi dengan orang-orang baru. Nah, biasanya, kalau kamu sudah rutin melakukan hal-hal tersebut, berbagai ide dan inspirasi menulis akan datang padamu, karena kamu jadi terekspos dengan berbagai informasi baru.

Hasil penemuan tersebut bisa kamu perkaya dengan pengalaman pribadimu, sebab pembaca blog cenderung akan lebih excited dengan cerita/tulisan yang memiliki sisi pengalaman menarik dari individu tertentu secara nyata. Dengan melakukan ini, konten yang kamu sajikan pun juga akan lebih hidup, nggak cuma sekadar menyampaikan data dan informasi faktual.

2. Menyajikan Solusi bagi Pembaca – Cindy Ratzlaff

Inspirasi Konten

Sebenarnya, mencari topik untuk dibahas dalam sebuah konten nggak perlu melibatkan hal-hal rumit atau luar biasa, kok. Kalau tiap konten yang kamu buat secara rutin harus berkaitan dengan hal-hal tersebut, kamu pasti akan kelelahan dan kewalahan. Sebaliknya, konten untuk disajikan kepada pembaca bisa didasarkan pada hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita.

Coba tengok di sekelilingmu, adakah permasalahan yang perlu diselesaikan? Jika ada, kamu bisa segera mengangkatnya menjadi suatu pembahasan tertentu untuk konten blogmu. Metode seperti inilah yang dilakukan oleh Cindy Ratzlaff, sosok wanita inspiratif yang dinominasikan oleh Forbes sebagai salah satu dari “Top 30 Women Entrepreneurs to Follow on Twitter”. Sepak terjangnya dalam memberikan berbagai kiat pemasaran dan brand sudah diketahui banyak orang hingga memenangkan penghargaan.

Sebagai seorang wirausahawan, Cindy memiliki brand tersendiri yang ia kembangkan. Brand tersebut dibangun untuk memberikan solusi bagi para penulis untuk membantu mereka mempromosikan hasil kerjanya. Karenanya, ketika ia mengalami writer’s block, ia dengan sigap memanfaatkan apa yang memang digelutinya. Nggak mencari inspirasi konten yang muluk-muluk, sebagai seorang penulis, ia juga memahami hambatan-hambatan fundamental yang dialami para author. Karenanya, ia terus mencoba untuk menawarkan solusi-solusi terbaru atas permasalahan-permasalahan yang kerap dialami para penulis. Cerdas, bukan?

3. Ceritakan Pengalaman Pribadimu – Zac Johnson

Inspirasi Konten

Menurut Zac Johnson, seorang blogger ternama dan online marketer ulung yang sudah yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia marketing selama lebih dari 15 tahun, inspirasi konten bisa didatangkan secara kontinu melalui pengalaman sehari-harimu. Bagaimana tidak? Setiap hari, pasti ada hal yang kamu lalui, kan? Nah, kamu bisa mengembangkan sebuah tulisan dari apa yang kamu alami hari demi hari tersebut.
Satu hal yang perlu kamu ingat. Walaupun selalu ada hal yang kamu lalui setiap harinya, tetaplah coba untuk menghindari tulisan-tulisan yang sifatnya terlalu umum, karena artikelmu akan kurang memiliki daya tarik. Mengenai pengalaman seperti apa yang sebaiknya kamu tulis, usahakanlah untuk menyesuaikannya dengan tipe atau niche dari blog yang kamu miliki.
Cobalah untuk membuat tulisan otentik berdasarkan pengalaman menarik yang kamu miliki, sehingga nantinya ada banyak pembaca yang akan tertarik untuk kembali membaca artikel-artikel di blogmu karena merasa bisa relate pengalaman hidup mereka dengan cerita yang kamu bagikan.

4. Ceritakan Apa yang Kamu Pelajari dan Menginspirasi – Celestine Chua

Inspirasi Konten

Lagi-lagi, mencari topik untuk ditulis nggak perlu dibuat susah. Cukup bagikan apa yang kamu pelajari, atau mengenai hal-hal yang menarik perhatianmu. Soal ini, Celestine Chua, seorang life coach yang juga merupakan pendiri dari Personal Excellence, mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, inspirasi konten untuk ditulis bisa datang dari lingkup internal maupun eksternal.

Salah satu filosofi kehidupan yang dianut oleh Celestine adalah mengajari berdasarkan apa yang kamu pelajari. Sebab, ketika kamu nggak mengetahui sesuatu, bagaimana caranya kamu akan memberitahukannya kepada orang lain? Karenanya, hal-hal yang kamu pelajari bisa jadi inspirasi internal untuk ide-ide menulismu. Hal ini bisa berupa pengalaman dan tantangan hidup yang kamu alami dan bagaimana kamu menghadapinya. Dari situ, kamu bisa memberikan semacam life lesson ketika membagikan ceritamu bagi orang-orang.

Sedangkan untuk inspirasi eksternal, kamu bisa menilik artikel-artikel yang memiliki performa baik yang bertebaran di internet. Dari artikel-artikel terbaik yang kamu lihat, temukanlah hal-hal yang membuat tulisan-tulisan itu menjadi lebih berharga dibandingkan dengan tulisan-tulisan serupa. Nah, jika kamu sudah menemukan “resep rahasianya”, gunakanlah trik itu untuk meningkatkan performa tulisanmu yang berikutnya.

5. Berselancarlah di Internet – Heather Lloyd-Martin

Inspirasi Konten

Salah satu hal penting yang perlu dimiliki seorang penulis adalah keterbukaan, terutama keterbukaan terhadap informasi. Kenapa? Tentu supaya kamu bisa mendapat lebih banyak pencerahan. Banyaknya informasi yang kamu dapat juga akan berkontribusi terhadap banyaknya hal yang bisa kamu sampaikan kepada orang-orang melalui tulisan yang kamu sajikan.

Sehubungan dengan hal ini, Heather Lloyd-Martin, CEO dari sebuah agensi SEO copywriting bernama SuccessWorks, mengemukakan bahwa ia setuju dengan pendapat orang-orang yang mengatakan bahwa Facebook, Quora, Twitter, dan Google+ bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi untuk melahirkan ide-ide baru, termasuk inspirasi konten.

Menurutnya, apa yang kamu baca, lihat, dan alami bisa kamu kemas menjadi sajian konten menarik bagi pembaca. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu ada banyak hal yang bisa kamu amati. Karenanya kamu perlu membuka diri, termasuk mata dan telingamu untuk mencermati apa yang ada di sekeliling. Dengan begitu, kamu bisa terus mendapatkan ide-ide fresh setiap harinya. Kadang, tulisan-tulisan yang berdasarkan pada ide-ide spontan juga malah cenderung mendulang perhatian lebih dari pembaca. Di sisi lain, tentunya tulisanmu akan menjadi lebih baik jika kamu bisa mengaplikasikan trik-trik SEO juga di dalamnya.


Bagaimana, readers? Apakah sekarang kamu sudah tercerahkan? Dengan memanfaatkan trik-trik dari para ahli konten di atas, sekarang kamu bisa mendapatkan inspirasi konten secara terus menerus dengan lebih mudah deh. Jika mereka saja bisa membuktikan keampuhan trik-trik di atas dan menjadikan rahasia kesuksesan mereka, maka seharusnya kamu juga bisa.

Jadi, next time kalau kamu mengalami writer’s block lagi, jangan panik dulu. Perhatikanlah apa yang ada di sekelilingmu dan coba cermati apa yang bisa kamu perbuat. Entah itu memberikan solusi, berbagi pengalaman, atau hal-hal lain yang bisa kamu jadikan pembahasan dalam tulisan kontenmu. Karena pada dasarnya, selalu ada banyak hal menarik yang terjadi kok di dunia ini!

Sumber: TheCartoonHub, Feedspot, Zimbio, WP Elevation, Celestine Chua, Flickr.

Ingin berbagi cerita yang menginspirasi? Yuk, serukan emansipasi wanita dengan berpartisipasi dalam lomba blog “Perempuan Juara dalam Lingkungan Kerja” yang diselenggarakan oleh C2live sekarang juga!

Related Posts

Site Menu