rekomendasi kafe

Cek 5 Rekomendasi Kafe di Jakarta yang Asyik Buat Nongkrong sambil Nulis!

Sebagai penulis freelance, kamu memang bisa bekerja di rumah dengan mengenakan pakaian apapun yang paling nyaman sambil melakukan hal apapun yang kamu suka. Tapi, sebenarnya berada di rumah terlalu lama justru bisa mengurangi produktivitas kamu sebagai penulis. Kamu juga perlu ke luar rumah untuk menjernihkan pikiran dan mendapatkan inspirasi dari hal-hal menarik di luar sana. Namun, sebagai penulis, tentu kamu nggak cuma membutuhkan tempat yang nyaman, tapi juga yang tenang agar bisa tetap fokus.

Dalam hal ini, kafe bisa jadi pilihan utama bagimu. Kafe atau kedai kopi menjadi tempat menulis “sejuta umat” bukan tanpa alasan. Selain karena kafein sangat membantu untuk berjuang menghadapi halaman demi halaman, biasanya kafe juga menyediakan fasilitas seperti meja dan bangku yang nyaman untuk menulis, lengkap dengan stop kontak untuk mengisi ulang daya device andalanmu untuk menulis.

Bingung kafe mana yang bisa menawarkan suasana untuk menulis terbaik bagimu? Cek rekomendasi kafe di Jakarta berikut ini untuk kamu kunjungi sambil menyelesaikan tulisan kamu!

1. Crematology

rekomendasi kafe

Jl. Suryo No. 25, Senopati, Jakarta Selatan, Jakarta

Kafe yang satu ini mungkin sudah terkenal di kalangan anak muda Jakarta, terutama Jakarta Selatan. Beberapa orang berpendapat kafe ini memiliki ambience paling cozy di antara kafe-kafe lain di daerah Senopati. Kafe ini memang punya interior yang nyaman banget untuk nongkrong berlama-lama. Ada banyak sofa yang enak dipakai duduk-duduk santai sambil ngobrol sama teman, tapi ada juga bangku dan meja yang cocok untuk digunakan menulis atau menyelesaikan pekerjaan.

Kerja berlama-lama di kafe tentu harus mencicipi kopinya juga, kan? Tenang. Harga kopi di sini cukup terjangkau, yaitu mulai dari kisaran 35k untuk based espresso coffee. Sebagai catatan, jika kamu ingin bekerja atau nongkrong berlama-lama di sini, usahakan hindari datang saat weekend. Sebab, kafe akan sangat ramai dan mungkin saja menganggu fokus menulismu.

2. Doma Dona Coffee

rekomendasi kafe

Jl. Wijaya No. 9Ab, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jakarta

Kafe yang satu ini memang ukuran ruangannya nggak terlalu besar, karena konsepnya yang minimalis. Tapi, desain interior dan suasananya dijamin bikin kamu betah menulis. Kalau kamu sudah berkunjung, kamu bisa melihat bahwa ruangan di dalamnya didominasi oleh nuansa hitam, cokelat, dan putih. Tempatnya pun agak sepi, jadi enak banget untuk kerja atau bahkan meeting karena suasananya yang cenderung tenang.

3. Trafique Coffee

rekomendasi kafe

Jl. Hang Tuah Raya No. 9, Blok M, Jakarta Selatan, Jakarta

Begitu kamu masuk ke dalam kafe yang satu ini, kamu akan benar-benar merasakan kesan vintage minimalis. Kafe ini lumayan luas, terdiri dari 2 lantai. Dengan interior yang menawan dan suasana yang nyaman, sudah pasti tempat ngopi ini bikin betah pelanggan yang mencari tempat nongkrong sambil menyelesaikan pekerjaan mengunjunginya.

Lokasi Trafique Coffee ini juga sangat strategis. Kamu bisa mencapainya hanya dengan lima menit berkendara dari Senayan City. Kalau mau, saking dekatnya, dari titik yang sama pun kamu juga bisa berjalan kaki juga. Pilihan menunya mungkin biasa saja dengan standar sajian kopi yang biasa kamu temukan di kafe-kafe pada umumnya, tapi buat kamu yang berniat menyelesaikan deadline tulisan, suasana kafe ini mampu memerangkapmu agar betah berlama-lama di sana.

4. 1/15 Coffee

rekomendasi kafe

Jl. Gandaria I No. 63, Jakarta Selatan, Jakarta

Kafe ini memiliki ambiance yang nyaman dan suasananya pun nggak terlalu ramai, cocok untuk menyelesaikan pekerjaan atau deadline tulisanmu. Dilihat dari interiornya, konsep yang ditampilkan adalah urban style yang kental dengan warna hitam, putih, dan nuansa kayu serta tanaman hijau. Jika kamu mencari tempat nulis yang keren dan juga bisa digunakan untuk diskusi seharian di sekita Gandaria, 1/15 Coffee pilihan yang bagus.

5. Coffee Smith

rekomendasi kafe

Jl. Duren Tiga Raya No. 19, Jakarta Selatan, Jakarta

Kafe yang terletak di Jakarta Selatan ini memiliki suasana cozy dengan pencahayaan yg remang. Terdiri atas 2 lantai, lantai kedua memiliki luas yang lebih besar dibandingkan lantai pertama. Di lantai 2 ini, tersedia ruangan untuk merokok dan area tanpa rokok. Mau di ruangan mana pun, kamu bisa asyik nongkrong sambil nulis, karena ada banyak stop kontak yang tersedia dan pastinya ada juga koneksi Wi-Fi yang kencang. What a perfect place to work remotely!

Selain tempatnya nyaman, dengan desain interior dan dekorasi yang serba industrial, kopi di kafe ini juga nggak mengecewakan. Kamu bisa menyelesaikan tulisanmu dengan ditemani segelas kopi seharga mulai dari 25K.


Menulis memang selalu membutuhkan pikiran yang segar. Kalau kamu merasa suntuk bekerja di rumah, kamu bisa mencoba kafe-kafe yang direkomendasikan di atas. Selain tempatnya yang cozy, harga kopinya juga sebanding dengan rasanya. Tapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi sekitar dan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu, ya. Jika kafe sedang ramai pengunjung dan bangku terbatas, sebaiknya kamu nggak berlama-lama di sana untuk menjaga produktivitas.

Semoga rekomendasi kafe asyik buat nongkrong sambil nulis di sekitar Jakarta ini bisa membantu kamu. Untuk kamu yang mau cari-cari rekomendasi lain bagi freelance writer, kamu bisa membaca berbagai artikel serupa di C2live juga. Selamat menulis!

Sumber:
Medium, Crematology Blogspot, Manual.co.id, Jakarta Repose Project, Manual.co.id, Manual.co.id.

Related Posts

Site Menu