lagu pop

10 Rekomendasi Lagu Pop yang Bikin Kamu Jadi Super Produktif Nulis!

Sebagai penulis, kamu tentu sadar kalau lagu bisa membantumu memberi mood yang pas agar kamu bisa mendapat inspirasi dan lancar menulis. Nggak cuma itu, musik juga nggak selalu membuat kita terdistraksi. Justru, di momen-momen yang tepat, alunan musik malah bisa membuatmu jadi fokus.

Cuma, kalau kamu hanya mendengar lagu yang itu-itu aja, bukannya jadi fokus tapi bisa-bisa kamu malah tambah bosan. Biar nggak bosan, yuk simak 10 referensi lagu pop yang bisa kamu dengar bisa proses menulismu bisa semakin produktif!

1. Menenangkan Diri dengan “Falling in Love at a Cofffee Shop”

Saat mulai menulis, sebaiknya kondisimu dalam keadaan rileks dan tenang. Inspirasi biasanya lebih mudah mengalir ketika kamu rileks dibanding saat kamu sedang lelah atau pun terlalu bersemangat. Untuk itu, mulailah menulis dengan lagu “Falling in Love at a Coffee Shop” dari Landon Pigg. Dijamin kamu bakal tenang dan santai, jadi lebih siap untuk mencari inspirasi menulis.

2. Jadi Ceria bareng “Capital Letters”

Mood yang paling produktif buat menulis adalah mood happy dan ceria. Itu sebabnya kamu butuh dengerin lagu Hailee Stainfeld yang berjudul “Capital Letters” biar kamu bisa happy. Irama dan liriknya bakal bikin perasaan murung dan galaumu kabur jauh-jauh!

3. “Glorious”, Tembang yang Bikin Inspirasimu Hidup!

Sudah berusaha nyari inspirasi tapi masih buntu? Coba dengerin “Glorious” aja! Tembang dari Macklemore ini memang menyajikan musik yang berapi-api dan lirik yang optimis, bikin kamu siap untuk mencari inspirasi lebih

4. Butuh Penyemangat? Serahkan pada Paramore!

Sebagai penulis, kamu pasti sering dapet kendala. Klien yang menyebalkan, tulian ditolak editor, atau motivasi menulis yang mendadak hilang. Nah, buat mengatasi hal itu dan kamu siap menulis meskipun ada berbagai halangan, dengerin aja “Hard Times” dari Paramore. Semangat!

5. Mellow bareng Adera di lagu “Muara”

Kalau kamu lagi butuh mood mellow buat nulis artikel soal valentine, inspirasi kisah cinta, atau cerpen romantis, pas banget nih kalau kamu dengerin lagunya Aderea yang berjudul “Muara”. Dijamin mood kamu jadi mellow abis, dan siap untuk nulis soal cinta-cintaan.

6. “Sesuatu di Jogja” yang Bikin Kamu Nostalgia

Kalau kamu lagi suntuk dan mager buat menulis, coba ingat cerita-cerita seru waktu kamu lagi berlibur ke Jogja bareng teman atau keluargamu. Biar lebih greget, dengerin juga lagu “Sesuatu di Jogja” punya Adhitia Sofyan. Dijamin, rasa suntukmu bakal hilang dan kamu jadi senang mengingat momen-momen nostalgia bareng teman dan keluarga.

7. Istirahat Sejenak ditemani Banda Neira

Sebagai penulis, terkadang kamu pun butuh beristirahat biar pikiranmu nggak jenuh karena terus mencari inspirasi. Nah, coba deh bikin teh hangat, terus dengerin lagu “Ke Entah Berantah” dari Banda Neira. Pasti setelah itu otakmu jadi kembali fresh dan siap buat lanjut menulis lagi.

8. Refresh Pikiran yang Suntuk dengan “Memulai Kembali”

Kalau kamu sudah cukup lama menulis, wajar kalau kamu merasa lelah. Solusi terbaiknya memang kamu beristirahat sejenak. Tapi kalau kamu belum bisa istirahat karena deadline udah dekat, coba menulis sambil dengerin Monita menyanyikan “Memulai Kembali”. Suara dan instrumennya adem banget, lumayan mengobati rasa capekmu dan bikin kamu siap memulai menulis lagi.

9. Ciptakan Suasana Teduh dengan lagu “Warm in a Cold Night”

Buat beberapa orang, waktu paling tepat untuk menulis adalah malam hari. Dengan suasana yang sepi dan cenderung lebih dingin, penulis bisa lebih mudah menangkap inspirasi dan menuliskannya. Nah, kalau kamu tipe penulis yang seperti ini, coba dengerin lagi dari Honne yang berjudul “Warm in a Cold Night”, deh. Nuansa lagu ini teduh banget, bisa menciptakan atmosfer yang pas biar kamu bisa tetap produktif.

10. Siap Menulis Soal Apapun Sambil Dengerin “IDGAF”

Sering kali kamu nggak bisa memilih mau menulis soal apa. Bisa jadi klien minta kamu nulis hal yang kamu nggak paham sama sekali dan kamu bingung harus nulis apa. Tapi jangan takut, dengar aja lagu “IDGAF”-nya Dua Lipa biar kamu siap menulis tulisan tentang apapun!


Nah, itu tadi 10 rekomendasi lagu menulis yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan playlist lamamu yang mungkin mulai membosankan. Dalam menulis memang sering kali mood yang buruk jadi halangan untuk kamu bisa produktif. Beberapa lagu di atas bisa membantumu untuk menemukan mood yang sesuai dan proses menulismu bisa berjalan lancar.

Kalau kamu belum terbiasa menulis sambil mendengarkan lagu, mungkin ini bisa jadi alternatif baru yang patut kamu coba. Sementara buat kamu yang sudah punya playlist menulis sendiri, apa lagu favoritmu saat menulis?

Sumber: Wallpapers Craft, Macklemore LLC, FiftyShadesVEVO, Adera Ega, Adhitia Sofyan, Musiklirik, Monita Tahalea, H O N N E, Dua Lipa.

Related Posts

Site Menu