Meneropong Niche Blog yang Potensial di Tahun 2018 Menggunakan Google Trends

Sebagian dari kamu mungkin sudah pernah dengar apa itu Google Trends dan bagaimana itu bisa membantumu mengelola sebuah blog secara optimal. Buat yang belum tahu, Google Trends adalah sebuah layanan yang disediakan oleh raksasa internet, Google, yang memungkinkan kamu untuk memonitor topik-topik tertentu yang sedang hangat. Google akan menghimpun data seberapa banyak orang mencari topik tersebut di search engine mereka, lalu Google akan mengolahnya menggunakan suatu rumus sehingga mereka bisa menampilkan hasilnya dalam skala indeks 0 hingga 100.

Jika muncul indeks 0, maka topik tersebut sama sekali nggak dicari di hari itu, sementara jika mencapai indeks 100 maka artinya topik itu adalah salah satu topik yang banyak dicari. Singkatnya, semakin tinggi nilai indeks yang diberikan oleh Google Trends, semakin besar pula kemungkinan artikelmu dibutuhkan oleh pembaca dan mendatangkan banyak traffic. Itulah sebabnya, kamu bisa berkaca pada hasil Google Trends ini untuk menentukan niche blog yang akan kamu kembangkan.

Menarik, kan? Yuk simak niche blog apa saja yang potensial di Indonesia berdasarkan data Google Trends pada tahun 2018 ini!

1. Travelling

Bukan hal yang mengherankan jika topik soal travelling masih menjadi idola yang banyak dicari di internet. Google Trendss pun menunjukan indeks yang cukup tinggi untuk topik ini. Bahkan, topik travelling beberapa kali mencapai indeks 100 dalam rentang 3 bulan terakhir, dan paling rendah berada di indeks 62. Itu artinya pencarian harian terhadap topik ini masih sangatlah tinggi.

Google Trends juga menunjukan bahwa biasanya orang mencari tujuan wisata serta pamera-pameran travelling yang bisa memberikan mereka info promo tiket. Selain itu, pencarian soal perlengkapan dan tips travelling, informasi rute, serta vlog travelling juga banyak dicari. Jadi jika kamu tertarik untuk mendalami niche blog ini, kamu bisa mengembangkan bahasan-bahasan tersebut.

Baca juga: 5 Trik Membuat Vlog Travelling yang Berkesan

2. Beauty and Fashion

Make up, skin care, serta fashion adalah niche yang semakin hari peminatnya semakin bertambah. Meskipun topik kosmetik ini mayoritas hanya menarik untuk kaum perempuan,tapi rataan indeksnya di Google Trends menunjukan performa yang lebih baik daripada topik soal travelling.

Untuk artikel yang diminati sendiri, yang paling banyak dicari tentu saja terkait tutorial make up dan make over. Lalu setelahnya ada rekomendasi produk seperti facepowder, lipstick, foundation, hingga brush. Kalau kamu merasa punya minat dan keahilan di bidang ini, rasanya nggak perlu ragu untuk memulai blog dengan niche beauty dan fashion.

3. Tips Pengembangan dan Monetisasi Blog

Sebenarnya, performa niche ini di Google Trends cukup fluktuatif. Beberapa kali ia bisa mencapai indeks 100, tapi terkadang bisa drop ke angka 0, yang artinya nyaris nggak ada pencarian soal topik ini. Kemungkinan besar, naik dan turunnya trend terhadap niche ini banyak dipengaruhi soal berbagai isu di dunia blogging.

Nah, isu yang banyak mencuri perhatian dan dicari adalah soal Google AdSense 2018. Seperti yang kita ketahui, proses verifikasi Google AdSense sudang nggak lagi semudah dulu, sehingga cukup merepotkan untuk beberapa orang. Sisanya, orang banyak mencari tahu bagaimana cara paling efektif untuk memonetisasi channel YouTube mereka.

Baca juga: Cara Cerdik Lolos Verifikasi Google AdSense 2018

4. Personal Development

Sama seperti niche blog tentang monetisasi, berdasarkan laporan Google Trends, blog yang membahas pengembangan personal memang nggak seistimewa niche travelling. Nilai indeksnya naik turun, walaupun pernah beberapa kali mencapai nilai sempurna di angka 100. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya niche ini punya potensi yang besar, namun belum cukup banyak blog Indonesia yang bisa menghadirkan informasi yang relevan.

Topik yang digemarik biasanya adalah soal tips untuk meningkatkan produktivitas, sesuai dengan keinginan banyak generasi millennials untuk bisa bekerja secara efektif dan efisien. Selain itu, banyak juga yang mencari tahu skill dan keahlian yang banyak dibutuhkan di industri kerja hari ini. Mereka juga gemar membaca pengalaman dari para experts yang susah sukses dengan karier mereka dan belajar dari cerita mereka.


Memiliki niche blog terbukti sangat penting untuk proses pengembangan blogmu. Selain memudahkan proses mencari ide dan menulis konten, juga membantumu mendapat pembaca yang loyal. Maka dari itu, memilih niche yang tepat untuk dikembankan adalah hal yang krusial. Kamu bisa menggunakan Google Trends untuk memantau niche blog yang menarik untuk kamu kelola. Bagaimana pun, keputusan yang diambil berdasar data Google Trends tentu lebih kredibel dibanding sebatas asumsi belaka.

Tapi tentu, Google Trends saja nggak lantas menjawab semua kebutuhan agar blogmu bisa laris dibaca pembaca. Kamu perlu konsistensi, kreativitas, dan juga mengoptimalkan beberapa tools lain agar performa blogmu bisa semakin prima. Nggak semua perlu dipelajari dalam waktu singkat, bisa sambil berproses seiring waktu. Yang penting, kamu harus terus mengembangkan blogging skill-mu agar blogmu nggak stagnan di satu fase.

Anyway, sebagai blogger, yuk suarakan kepedulianmu pada laut Indonesia lewat lomba blog yang diselenggarakan oleh C2live sekarang juga! Siapa lagi yang harus bersuara kalau bukan kita?

Sumber: Pirates Wikia, SparkUp, Shasha, The Conversation, MYOB.

Related Posts

Site Menu