7 Resolusi Tahun Baru yang Bisa Membuatmu Lebih Produktif dalam Blogging

Bagi kebanyakan orang, pergantian tahun kerap diikuti dengan membuat resolusi tahun baru. Resolusi ini biasanya berisi target jangka panjang dan hal-hal yang ingin dicapai oleh seseorang, agar kehidupan di tahun yang baru ini bisa lebih baik daripada tahun sebelumnya. Pertanyaannya, apakah seorang blogger juga perlu memiliki resolusi tahun baru semacam itu?

Memiliki resolusi tentu bukanlah hal yang negatif. Resolusi bisa jadi cara agar di tahun 2019 ini kamu memiliki arah yang jelas, baik dalam pengembangan diri maupun pengembangan blogmu. Jadi, enggak ada salahnya apabila kamu mempunya daftar resolusi untuk blogger sendiri.

Bingung apa saja resolusinya? Ini dia beberapa rekomendasi dari C2live:

Ciptakan Strategi Blogging yang Produktif

Di tahun 2019 ini, kamu tentu ingin karier ngeblogmu bisa lebih berkembang dari tahun lalu kan? Itulah sebabnya sejak awal, kamu perlu membuat sebuah strategi agar kamu bisa lebih produktif dan konsisten.

Jangan sampai kamu hanya berhenti di rutinitas yang sama dari tahun ke tahun. Karena jika kamu hanya mengulang hal yang sama melulu, karier blogging-mu pun juga akan jalan di tempat.

  • Beberapa strategi yang bisa membuatmu lebih produktif di antaranya:
  • Menggunakan content calendar dengan disiplin
  • Menggunakan outline untuk memperlancar proses menulis
  • Mengalokasikan 1-2 jam per hari sebagai waktu menulis
  • Catat ide random yang muncul, agar bisa dikembangkan menjadi artikel nantinya

Kelola Channel Promosi Baru

resolusi untuk blogger

Dengan semakin banyaknya blog di luar sana, kegiatan blogging tidak lagi hanya soal menulis saja. Kini, kamu pun harus mencoba berbagai cara agar hasil tulisanmu bisa ditemukan dan dibaca orang. Tanpa adanya usaha memasarkan tulisanmu, tulisanmu akan tenggelam di antara jutaan artikel lain, tidak peduli seberapa bagus tulisanmu itu.
Untuk itu, mengelola channel promosi baru untuk blogmu adalah salah satu resolusi yang perlu kamu fokuskan. Channel itu sendiri cukup beragam, dan mayoritas bisa kamu manfaatkan secara gratis. Contohnya:

  • Membagikan artikelmu di grup Facebook
  • Mengirimkan artikelmu untuk sindikasi di C2live
  • Membuat vlog-vlog ringkas di Youtube dengan tema yang sesuai dengan artikelmu
  • Konversi artikelmu menjadi sebuah infografis/gambar, lalu unggah di Instagram

Beberapa hal tersebut mungkin terdengar asing dan merepotkan bagimu, namun kamu tetap perlu mencobanya agar blogmu bisa meraih lebih banyak pembaca. Jika kamu selalu ragu-rgu untuk mencoba hal baru, blogmu akan kalah saing dengan blog lain yang dipasarkan dengan lebih gencar dan kreatif.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis

Membersihkan dan Merapikan Blog

Ini adalah salah satu resolusi untuk blogger yang tidak boleh diabaikan, terutama untuk kamu yang sudah ngeblog lebih dari 2 tahun. Dengan umur yang sudah cukup lama, kamu perlu meluangkan waktu untuk membersihkan blogmu.

Pertama, kamu bisa mulai membuang widget dan berbagai pernak-pernik yang tidak terlalu memberi manfaat. Dulu, memasang berbagai widget memang dianggap keren dan berguna. Namun sekarang widget yang terlalu banyak justru dianggap menganggu dan membuat blogmu berantakan.

Kedua, tinjau ulang artikel-artikel lamamu dan cari dead link di sana. Dead link adalah link yang sudah rusak atau tidak berlaku lagi. Adanya Dead link sangat memberi dampak buruk pad SEO blogmu. Coba gunakan tools seperti Broken Link Checker atau Screaming Frog agar blogmu terbebas dari dead link.

Yang terakhir, kamu juga bisa mencari artikel-artikel lamamu, dan temukan artikel mana saja yang bisa kamu update dengan informasi yang lebih baru. Jangan lupa, meng-update artikel lama adalah salah satu strategi SEO yang cukup ampuh, jadi layak banget untuk kamu lakukan.

Memperbarui Tampilan Blog

”New year, new me” adalah salah satu ungkapan yang sering kamu dengar, dan tidak ada salahnya kamu terapkan ungkapan tersebut pada blogmu. Caranya, adalah dengan mengubah tampilan blogmu untuk mendapat citra dan identitas yang lebih fresh.

Tahun baru adalah momen yang tepat untuk memperbarui tampilan blog. Selain agar pembaca tidak bosan, tampilan yang baru juga bisa membuat kamu selaku penulis merasa menemukan semangat baru.

Perubahannya pun tidak harus besar-besaran. Bisa hanya dengan mengganti header image, mengganti warna background, atau juga mengganti jenis font yang kamu gunakan. Beberapa perubahan kecil sudah cukup kok untuk membawa spirit baru pada blogmu!

Memperluas Jaringan Pertemanan Sesama Blogger

Yang satu ini tentu bukan konsep yang asing bagi kamu selaku blogger. Jejaring pertemanan sesama blogger adalah hal yang penting. Dari sana kamu bisa belajar banyak hal, bahkan juga terlibat ke berbagai kampanye blog, baik yang berbayar maupun tidak. Itulah sebabnya kegiatan ini layak ada di daftar resolusi untuk blogger kamu tahun ini.

Di Indonesia sendiri, untuk memperluas jaringan pertemanan antarblogger bukanlah hal yang sulit. Ada begitu banyak komunitas blogger di berbagai daerah yang bisa kamu ikuti. Masing-masing memiliki identitas dan keseruannya sendiri. Kegiatan mereka pun beragam dan selalu seru. Mulai dari sharing session, workshop, hingga melakukan program blogwalking untuk saling support satu sama lain.

Baca juga: 8 Komunitas Blogger Keren di Indonesia yang Wajib Kamu Kenali

Membaca Lebih Banyak

Sejak kecil kita sudah diajarkan bahwa membaca adalah salah satu kegiatan yang perlu kita tekuni. Apalagi sebagai blogger, kamu pun butuh banyak membaca agar kamu mendapat banyak asupan informasi yang bergizi. Semakin banyak informasi yang kamu punya, semakin luas dan baik juga kualitas artikel yang bisa kamu produksi.

Membaca di sini juga bukan berarti harus berupa buku atau majalah. Kamu juga bisa membaca blog-blog lain, terutama mereka yang sudah berhasil merebut jutaan pembaca setia. Kamu bisa belajar bagaimana mereka memilih tema, mengemas suatu topik, hingga gaya bahasa yang mereka gunakan. Pelajaran semacam itu tidak akan kamu dapat jika kamu malas membaca dan belajar dari blogger lain.

Kurang membaca juga membuat kepalamu jadi sepi inspirasi. Hal ini disebabkan kurangnya informasi baru yang masuk, sehingga tidak ada hal yang bisa memantik inspirasi menulismu. Dampaknya, kamu jadi kesulitan mencari ide menulis dan akhirnya terjebak dalam writer’s block.

Memiliki Etos Kerja yang Profesional

resolusi untuk blogger

Beberapa tahun belakangan, semakin banyak brand yang memercayai blogger sebagai salah satu mitra marketing mereka. Tren itu akan terus berlanjut di tahun ini, jadi kamupun harus bersiap menghadapinya.

Meskipun kamu tidak memiliki kantor, bukan berarti kamu lantas tidak perlu memiliki etos kerja dan profesionalisme yang baik. Justru karena sebagai blogger kamu bekerja dengan pengawasan yang minim, kamu perlu disiplin pada dirimu sendiri, agar brand tidak kecewa dengan kinerjamu dan kredibilitasmu terus menguat.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar etos kerja dan profesionalismemu sebagai blogger tidak diragukan adalah:

  • Memiliki portofolio yang representatif dan up to date
  • Memiliki manajemen waktu yang baik sehingga mampu menyelesaikan project sebelum deadline
  • Mengetahui etika komunikasi yang benar dalam hal berbisnis
  • Mampu memahami kebutuhan brand dan menulis artikel sesuai brief

Di atas adalah 7 resolusi untuk blogger yang bisa kamu canangkan di tahun 2019 ini. Tentu masih ada banyak resolusi lain yang bisa kamu pilih dan kamu jadikan target pribadi. Yang perlu kamu ingat, semua resolusi di atas tidak akan memberi dampak positif apabila kamu tidak disiplin dan berkomitmen dalam mengejarnya.

Semoga dengan adanya resolusi ini, kamu jadi memiliki arah pengembangan diri yang jelas, dan bisa terpacu untuk terus level up. Dengan begitu karier blogging-mu bisa terus menanjak, dan blogmu bisa semakin disukai banyak pembaca.

Sumber gambar: Getty Images, Search engine Land, SAMSHK, Transporte, Cities in Transition, BEacon View, Better Team.

Related Posts

Site Menu