blogging competition

Yuk, Kenalan dengan Robit, Pemenang I Blogging Competition C2live bersama EV Hive!

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Membuat sebuah blog memang bisa dilakukan oleh siapapun, tapi untuk membuat tulisan menarik untuk blog secara konsisten? Itu perlu jurus tersendiri. Ada berbagai cara menulis blog secara konsisten, tetapi kali ini kita berkesempatan untuk mendengar tips menulis dari langsung dari Robit, pemenang pertama blogging competition EV Hive bersama bersama C2live. Yuk, simak apa aja tipsnya!

Menghadapi Kesulitan Menulis dengan Terus Menulis

blogging competition

Sumber: Robit.Id

Apa aja sih biasanya alasan seorang blogger ketika lagi nggak bisa menulis? Alasan yang paling sering kita dengar adalah tidak punya ide untuk membuat tulisan. Biasanya saat kita kehabisan ide, menulis memang bisa jadi pekerjaan paling berat sedunia. Tapi nyatanya, kalau kita berhenti saat kehabisan ide, hal itu akan menjadi kebiasaan yang lebih sulit lagi untuk diubah. Lalu apa yang seharusnya kita lakukan saat kehabisan ide tulisan? Jawabannya adalah terus menulis.

Menurut Robit, salah satu rintangan besar bagi seorang blogger adalah menjadi penulis yang konsisten. Masalah “buntu ide” sudah pasti dialami oleh semua blogger, baik blogger pemula maupun yang sudah bertahun-tahun menulis blog. “Yang terpenting, kalau saya ya, adalah nulis terus, biasanya saat menulis itu muncul ide-ide baru yang belum dipikirkan.” ujar Robit. Mungkin kamu bisa membaca satu topik lalu coba menulis sebuah kalimat dari topik tersebut, biarkan ide-ide segar mengalir sepanjang kamu menulis, walaupun terkadang tulisan seperti itu bisa lompat-lompat pembicaraannya. Tenang saja, tulis dulu lalu sunting kemudian.

Cegah Kebuntuan dengan Membuat Tema Blog

blogging competitionSumber: Robit.Id
Untuk menghadapi kebuntuan ide, kita justru harus terus menulis. Tetapi untuk mencegah hal tersebut sebenarnya kita bisa menyusun jadwal posting. Jadwal ini akan membantu kita menentukan apa saja yang akan kita tulis selama seminggu, artikel mana yang akan di-posting terlebih dahulu, dan saat sedang semangat menulis dalam sehari kita bisa menulis lebih dari satu tulisan untuk di-posting di hari berikutnya.

Selain itu, menurut Robit, membuat blog dengan topik yang seragam juga bisa memudahkanmu untuk konsisten dalam membuat tulisan karena topiknya sudah ditentukan. “Ketika buat blog, sebisa mungkin dibuat satu niche saja, jangan yang gado-gado agar nulisnya konsisten. (Sebenarnya) nulis gado-gado juga boleh, tapi fokusnya bisa terpecah dan malah menjadi beban.” Menulis itu tidak boleh menjadi beban, untuk membuat tulisan yang menyenangkan kita harus bisa menulis senyaman mungkin dan tanpa paksaan. Lebih baik lagi jika penulis menguasai tema yang ingin ditulis, tulisannya bisa lebih mengalir dan isi tulisan lebih mudah tersampaikan.

Dari Menulis, Juga Bisa Lahir Ide-Ide Besar Lainnya

blogging competitionSumber: Robit.Id
Berkaitan dengan menguasai tema yang akan ditulis, saat mengikuti blogging competition EV Hive bersama C2live, Robit juga telah mencari tahu tentang apa itu coworking space. Ia ternyata sudah sering membaca beberapa berita tentang startup lokal yang juga membahas mengenai coworking space. Ia juga beberapa kali mencoba bekerja di coworking space, cara ini bagus untuk mendapatkan pengalaman pribadi sebelum membuat sebuah tulisan review. Jadi meskipun tidak terlalu akrab dengan apa itu coworking space, ia sudah memiliki bekal untuk menulis tentang topik ini.

Lalu apakah pengetahuan itu berhenti di artikel untuk lomba blogging? Ternyata tidak, lho! Sekarang saat sudah tahu lebih banyak tentang coworking space, Robit dan beberapa temannya justru sedang membuat portal khusus sebagai Coworking Space Directory yang juga akan membahas berita-berita startup lokal. Wah seru, ya! Kalau portal tersebut benar-benar terealisasikan, akan sangat membantu para freelancer atau penggiat startup untuk menemukan tempat kerja yang nyaman.


Menulis memang bukan hanya membutuhkan ide-ide segar untuk diracik menjadi tulisan yang menarik, tetapi juga butuh ketekunan untuk terus menulis meski ide itu sedang tidak ada. Nah, kalau kamu ingin belajar hal-hal seputar blog atau tips-tips menulis lainnya, kamu dapat membacanya di Blog C2live! Selain itu, akan ada interview lainnya dengan para pemenang dan juri blogging competition C2live yang bisa jadi inspirasimu, lho. Happy writing, guys!

Related Posts