cara memasang google analytics di wordpress

Ini Cara Sederhana Memasang Google Analytics dalam Blogmu!

Tolak ukur default kesuksesan sebuah blog adalah jumlah pengunjungnya. Walau bukan indikator utama, nggak bisa dipungkiri, angka visitor menunjukkan banyak hal tentang sebuah blog. Artinya mempelajari luar-dalam metrik visitor sudah menjadi hal yang wajib dilakukan blogger seperti kamu. Caranya? Mulai dengan melakukan setup Google Analytics untuk blog kamu dulu!

Buat yang belum familiar dengan hal ini, C2live coba kasih penjelasan sedikit, ya. Memasang tools analitik seperti Google Analytics bertujuan untuk memahami pembaca yang mengunjungi situs blog. Berapa jumlahnya, apa yang mereka lakukan, berapa lama mereka stay di blog kamu, serta bagaimana mereka menikmati konten yang kamu sajikan bisa kamu pahami dan jadikan data untuk meningkatkan kualitas blogmu!

Dalam artikel ini, Blog C2live akan memberikan panduan sederhana soal cara memasang Google Analytics di WordPress untuk blog kamu! Yuk, lihat!

Pssst… kamu bisa memahami lebih dalam tentang Google Analytics dengan 5 tips ini!

1. Sign-up dulu ke akun Google Analytics kamu

cara memasang google analytics di wordpress

Layaknya penggunaan pertama untuk online tools, langkah pertama dalam men-set-up Google Analytics untuk blog kamu adalah dengan melakukan sign-up. Untuk melakukan hal ini, sebaiknya kamu memiliki akun Google terlebih dahulu. Ini akan memudahkanmu dalam proses pendaftaran akun Google Analytics, sebab untuk memanfaatkan tool ini, kamu perlu memiliki Google Account.

Yuk, langsung aja coba buka analytics.google.com, dan kamu bisa memulai langkah pertama dengan menekan tombol Create Account seperti yang terlihat pada gambar di atas.

2. Untuk akun baru, yuk ambil tracking ID dulu!

cara memasang google analytics di wordpress

Setiap akun Google Analytics memiliki tracking ID tersendiri. Tracking ID tersebut berfungsi sebagai identitas analitikmu. ID tersebut memuat semua informasi analitik dari situs yang bisa dilacak oleh Google Analytics.

Bagi kamu yang membuka akun baru, kamu perlu memperoleh tracking ID terlebih dahulu. Halaman pertama mengandung beberapa informasi yang bisa kamu isi untuk memberitahu Google Analytics tujuan kamu membuat akun. Ini ditujukan agar layanan yang diberikan bisa tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan tiap pengguna secara spesifik.

Untuk keperluan blog, kamu bisa tekan tombol situs/website. Di tahap ini, akan muncul tombol Application juga untuk kamu yang ingin melacak analitik aplikasi.

cara memasang google analytics di wordpress

Selanjutnya, masukan informasi nama akun kamu. Akun ini yang akan dipakai untuk memantau blogmu. Sebuah akun bisa memantau lebih dari 1 situs, tergantung tracking ID yang terdaftar di dalamnya.

Setelah menentukan nama akun, coba masukkan informasi blogmu, dari nama, alamat, industri, serta zona waktu beroperasi untuk memastikan laporan yang diberikan Google Analytics relevan dan real-time.

Kamu bisa membagikan tracking code kepada siapa saja nantinya. Namun pada tahap ini, kamu akan diberikan opsi untuk membagikan akses ke akun Google Analytics-mu kepada pihak Google atau tidak.

Setelah selesai mengisi, kamu bisa menekan tombol Get Tracking ID. Setelah itu, pastikan kamu membaca secara seksama syarat dan kebijakan yang diberikan. Jika setuju, silakan beri konfirmasi kesepakatan dan kamu bisa memulai pengalaman menggunakan Google Analytics-mu!

3. Memahami property dan reporting view

cara memasang google analytics di wordpress

Setiap akun yang kamu miliki bisa mengandung hingga 50 properti. Adapun properti di sini merujuk pada data kepemilikan yang disimbolkan dengan tracking ID di atas. Nah, dalam setiap laporan yang akan diberikan oleh Google Analytics nanti, akan muncul data-data yang juga dipengaruhi oleh properti-properti yang kamu cantumkan.

Proses pelaporan dalam Google Analytics bisa dikatakan cukup hirarkiah. Pasalnya, setelah membuat akun dan properti, kamu bisa menambah properti lagi di akunmu. Setiap properti memiliki pilihan view laporan yang menunjukkan data berdasarkan metrik dan filter yang kamu pilih. Hal ini penting untuk kamu pahami pada tahap awal agar kamu bisa lebih mudah mengatur laporan setiap situs yang kamu libatkan dalam akun Google Analytics-mu.

Semuanya itu bisa diatur pada bagian Settings dari akun terkait, lalu lanjutkan ke bagian Properti, dan berikutnya ke Vied Report. Selanjutnya, kita akan masuk ke dalam langkah-langkah menghubungkan Google Analytics dengan blogmu. Untuk ini, kamu perlu selalu mengingat tracking code yang bisa kamu temukan dalam bagian tracking info di bawah kolom properti bagian manajemen pengguna.

Baca juga: 10 Tools SEO Gratis dari Google untuk Optimasi SEO Terbaik!

4. Integrasi dengan WordPress

cara memasang google analytics di wordpress

Sebagai blogger atau penulis lepas, kemungkinan besar kamu akan menggunakan 2 platform untuk menulis: WordPress dan Blogger. Nah, sesuai judul artikel, kali ini C2live akan lebih dulu mengulas tentang cara memasang Google Analytics di WordPress.

Melakukan setup Google Analytics untuk blog WordPress dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bagi kamu yang sering menulis langsung di WordPress, kamu perlu melakukan upgrade setidaknya ke paket bisnis agar bisa mendapatkan layanan pelacakan Google Analytics. Kalau sudah memiliki paket berbayar, langkah selanjutnya adalah menuju ke pilihan Settings, pilih tab Traffic, dan pilih Enable pada section Google Analytics.

Setelah selesai, akan muncul tab baru yang bertajuk Analytics. Masukkan tracking ID-mu, dan simpan. Setelah itu.. Voila! Akun Google Analytics dan WordPress-mu sudah terhubung! Nah, kalau sudah begini, gimana kalau kamu lanjut  menulis menggunakan dukungan WordPress untuk situs blogmu?

Kamu bisa memasang Google Analytics dengan setidaknya 2 cara. Cara memasang Google Analytics di WordPress yang pertama adalah menggunakan plugin khusus Google Analytics seperti MonsterInsight, atau plugin Insert Header and Footer untuk memudahkanmu melakukan perubahan pada header. Memasang kode analitik pada dasarnya hanya berkaitan pada header-mu. Kamu hanya perlu meng-copy tracking code Google Analyticsmu dan masukkan pada bagian header dengan plugin.

Atau kamu bisa juga menggunakan cara memasang Google Analytics di WordPress yang kedua, yaitu dengan mengedit file header.php dan memasukkan kode di bawah tag.

5. Integrasi dengan Blogger dan website statis

cara memasang google analytics di wordpress

Turns out, kamu juga memiliki akun blog lain menggunakan platform Blogger? Enggak masalah! C2live akan tetap berbagi informasi soal gimana cara men-setup Google Analytics untuk Blogger.

Secara umum, cara memasang Google Analytics pada Blogger lebih mudah dan sederhana karena platform ini dimiliki oleh Google itu sendiri. Kamu hanya perlu ke bagian Settings dan pilih opsi Others. Di bagian paling bawah, ada kolom tempat memasukkan tracking ID kamu. Tekan simpan, dan akun Blogger dengan Google Analytics-mu seketika terhubung!

Nah, untuk kamu menggunakan website statis (situs HTML biasa yang isinya tidak berubah secara dinamis, dan tidak dihasilkan oleh bahasa pemrograman), masukkan tracking code sebelum tag, ya!


Itulah beberapa langkah mudah untuk melakukan setup Google Analytics untuk blog kamu. Dimulai dari mendaftar, hingga beberapa cara pasang antar-platform. Setelah semuanya selesai, kamu bisa menikmati laporan dalam beberapa saat. Semoga tutorial sederhana ini membantu kamu semakin memahami prilaku pengunjung blogmu, ya! Selamat mencoba!

Nantikan tips Google Analytics dan blogging lainnya dari Blog C2live!

Sumber gambar: Google AnalyticsMarketing LandAnalytics-Toolkit.comMarketing LandShoutMeLoudfoodbloggersofcanada

 

Related Posts

Site Menu