Situs-blog-gratis

5 Situs Blog Gratis Terbaik Untuk Memulai Karir Sebagai Penulis

Dengan meningkatnya kebutuhan untuk menggunakan content marketing hampir di seluruh bisnis teknologi, kemampuan menulis pun menjadi salah satu kemampuan yang paling dicari oleh perusahaan.

Nggak hanya untuk keperluan berkarir saja, dengan menulis kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Dengan menulis, pandangan kamu tentang banyak hal akan berubah total. Kamu akan menjadi lebih teliti dan lebih menunjukkan apresiasi ke hal-hal kecil.

Walaupun begitu, sebagian besar orang mungkin masih bingung harus mulai menulis darimana. Memang konten dari tulisan penting, tapi sebelum kamu mulai menulis, lebih baik kamu menentukan tempat menulis yang sesuai.

Dari sekian banyak situs menulis di internet, ini adalah lima situs blog gratis terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. WordPress

Kalau kamu mencari situs yang paling umum digunakan orang banyak, kamu bisa menggunakan WordPress.com dan WordPress.org.

Yang membedakan keduanya adalah WordPress.com lebih ditujukan untuk free hosting dan ratusan theme gratis. Sementara WordPress.org ditujukan untuk kebutuhan menulis yang lebih serius.

Nggak perlu lagi repot-repot belajar HTML dan berbagai bahasa kode lainnya, kamu cukup menulis seperti kamu menulis di Microsoft Word. Tampilannya yang sederhana juga nggak akan membuat kamu bingung kalau kamu adalah pemula.

Melalui WordPress.org, kamu juga bisa mendapatkan domain kamu sendiri. Selain itu, ada banyak pilihan desain dan kustomisasi lainnya yang bisa kamu gunakan.

Selain hanya menulis, kamu juga bisa belajar SEO lebih mudah dengan WordPress.org. Untuk belejar mengenai SEO, sebaiknya dilakukan dengan melakukannya secara langsung. WordPress.org menyediakan banyak plugin termasuk Yoast SEO, yang sekarang ini dinamai sebagai plugin SEO nomor satu.

2. Tumblr

Berbeda dengan WordPress, Tumblr mengarahkan situsnya supaya terlihat lebih minimalis. Nggak hanya itu saja, ketika kamu menggunakan Tumblr, kamu akan merasa seperti sedang menggunakan platform media sosial.

Hal yang paling dielu-elukan ketika menggunakan Tumblr adalah kesempatan untuk membuat komunitas dan mengikuti blog favorit kamu. Kamu juga bisa mencari perhatian pembaca dengan me-reblog posting-an bloger favoritmu.

Selain situs web yang gratis, kamu juga bisa menulis kapan saja dengan aplikasi Tumblr yang tentunya didesain dengan sangat keren.

Kalau WordPress terlihat lebih serius dan profesional, Tumblr lebih ditujukan untuk penulis yang lebih santai.

3. Blogger

situs membuat blogi-backing oleh Google, jadi kamu juga mendapatkan fitur untuk menghubungkan blog kamu ke Google Ads, Google Analytics, dan berbagai macam tools Google lainnya.

Dengan bantuan Google Analytics, kamu bisa mencatat jumlah pageview dan traffic halaman kamu.

Nggak hanya itu, sistema kemanan dari Blogger juga pantas diacungkan jempol. Ditangani langsung oleh Google, kamu bisa mengontrol akses halaman kamu dan blogsite kamu pun akan aman dari serangan hacker.

4. Medium

Situs Medium mulai digunakan di mana-mana, nggak hanya karena situs ini terlihat unik dan cantik saja. Medium mampu mendeteksi platform media sosial manakah yang paling sering digunakan oleh lingkunganmu. Setelah itu, situs Medium akan secara otomatis mempublikasikan tulisanmu di platform media sosial tersebut.

Kalau kamu lebih tertarik untuk menulis tentang hal-hal yang berbau industri, politik, dan kebudayaan, situs Medium adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Kabarnya, para penulis profesional juga melakukan publikasi di Medium. Jadi, kalau kamu secara rutin menulis dan mem-posting di situs ini, mungkin minat dan bakat kamu akan segera disorot.

Selain bisa mendeteksi platform media sosial lingkunganmu, Medium bisa melacak apakah tulisanmu mendapatkan reaksi positif dari para pembaca. Lama waktu yang dihabiskan pembaca di halaman situs kamu akan dicatat oleh Medium dan kamu juga bisa tahu rata-rata waktu baca tulisanmu.

5. Wix

Situs ini khusus dikembangkan bagi kamu para penulis yang nggak ingin berurusan sama sekali dengan pemrograman. Nggak hanya itu saja, kamu bisa membuat situs baru kamu sendiri.

Yang lebih hebatnya, kamu nggak perlu susah-susah mendesain situs buatanmu sendiri karena Wix menyediakan berbagai macam template profesional untuk situsmu.

Ketika kamu mengalami kerusakan pada situs, dengan Wix kamu nggak perlu takut mengatasi hal ini. Support center yang disediakan oleh situs ini sangat mudah dijangkau. Bahkan situs ini memberikan kontak teleponnya di halaman utama.

Apakah kamu sudah siap membuat blog kamu sendiri? Cobalah lima situs blog gratis ini dan tumpahkan semua ide dan pikiranmu ke tulisanmu.

Kalau kamu ingin berbangga dan mempunyai portfoliomu sendiri, kamu bisa mengunjungi situs C2Live.com. Situs ini adalah tempat berkumpulnya penulis-penulis handal yang mengejar impian untuk menjadi penulis profesional. Kabarnya, kamu juga bisa langsung dilirik oleh perusahaan melalui situs portfolio ini, lho.

Related Posts

1 Comment

Comments are closed.

 
Site Menu