perubahan algoritma google

Cari Tahu Perubahan Algoritma Google melalui 5 Situs Berikut!

Kamu-kamu yang menekuni dunia blogging tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO dan bagaimana hal ini berpengaruh pada kemajuan blogmu, bukan? Sebagai blogger, wajar saja jika kamu ingin tulisan-tulisan blogmu berada pada peringkat awal SERP. Namun ternyata, hampir setiap hari Google melakukan perubahan algoritma terhadap hasil pencarian melalui search engine-nya.

Perubahan algoritma yang dilakukan Google memiliki pola yang berbeda-beda setiap tahunnya. Pada pertengahan yang tahun 2012, Google menaruh fokus pada keyword dan relevansi konten dengan judul. Sedangkan untuk beberapa tahun belakangan ini, Google berfokus pada afiliasi iklan dan kualitas konten.

Melihat fakta tersebut, ada baiknya jika kamu bisa terus memantau perubahan algoritma yang terjadi untuk menyesuaikannya kembali dengan strategi pengembangan blogmu. Berikut 5 situs yang bisa membantumu melakukan hal tersebut.

1.Mozcast

perubahan algoritma googleMozcast merupakan salah satu tool yang dikelola oleh Moz untuk melakukan pengecekan terhadap ribuan kata kunci yang terdapat pada SERP. Mozcast memberikan petunjuk mengenai seberapa besar perubahan algoritma Google dengan menggunakan analogi perkiraan cuaca.

Ketika Google sedang melakukan perubahan besar-besaran pada algoritmanya, Mozcast akan mengindikasikan situasi cuaca yang buruk, seperti badai dan suhu lingkungan yang tinggi. Semakin besar perubahan yang terjadi pada algoritma Google, maka akan semakin ekstrem pula kondisi cuaca yang dideskripsikan. Begitu pula sebaliknya, apabila perkiraan cuaca sedang cerah atau baik, maka hal tersebut mengindikasikan perubahan algoritma Google tidak terlalu banyak.

2. Panguin Tool

perubahan algoritma googlePanguin Tool merupakan tool yang dikembangkan oleh Barracuda, sebuah agensi pemasaran digital tertua yang berada di London, Inggris. Barracuda menciptakan Panguin Tools dengan tujuan mempermudah upaya peningkatan trafik dengan mengangkat isu-isu yang signifikan. Panguin Tools bisa kamu manfaatkan secara gratis. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menyia-nyiakan tools yang berguna ini.

Selain berfungsi untuk dapat meningkatkan trafik, Panguin Tools juga memiliki Panguin Timeline yang dapat mengetahui perubahan apa saja yang telah terjadi pada algoritma Google yang dimulai dari tahun 2000 hingga saat ini. Dengan Panguin Timeline, kamu dapat mempelajari perubahan algoritma pada tahun-tahun sebelumnya, dan menghadapi perubahan tersebut dengan lebih baik.

3. Algoroo

perubahan algoritma googleAlgoroo adalah tool untuk melakukan pelacakan terhadap algoritma Google yang dikembangkan oleh DEJAN. Algoroo mampu melakukan pengecekan terhadap 17000 kata kunci pada 100 peringkat teratas di Google.

Algoroo menandakan perubahan algoritma dengan grafik yang disebut dengan ‘roo’. Nilai roo yang positif menandakan adanya perubahan SERP yang besar pada Google, sedangkan nilai roo yang negatif menandakan adanya perubahan SERP yang tidak terlalu banyak.

Google tidak pernah melakukan pemberitahuan gamblang jika terdapat pembaharuan internal dalam sistem Google. Hal ini dapat membuat kamu kesulitan untuk mendapatkan informasi perubahan tersebut. Namun, Algoroo dapat membantumu dengan menunjukkan anotasi pada grafik sebagai tanda adanya perubahan tersebut.

4. Advanced Web Ranking

perubahan algoritma googleDengan Advanced Web Ranking kamu dapat menyesuaikan perubahan algoritma dengan perubahan terbaru dari Google. Advanced Web Ranking dapat melacak 11,000 kata kunci dan 500,000 URL dari berbagai industri. Data tersebut akan diperbaharui setiap hari sehingga kamu dapat mengetahui adanya titik rawan yang memiliki potensi negatif bagi website-mu.

Untuk dapat mengetahui adanya perubahan algoritma, Advanced Web Ranking mengklasifikasikan grafik berdasarkan 3 warna; grafik hijau menunjukkan adanya perubahan kecil, grafik kuning menunjukkan perubahan sedang dan grafik merah menunjukkan adanya perubahan besar di hasil pencarian Google.

Selain itu, kamu dapat melakukan pengecekkan terhadap visibilitas sebuah website. Visibilitas sebuah website digambarkan dengan garis biru horizontal. Apabila garis biru meningkat, maka peringkat SERP pada website akan meningkat.

5. SEMrush Sensor

perubahan algoritma googleTool terakhir yang dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui perubahan algoritma Google adalah SEMrush Sensor. SEMrush sensor baru diluncurkan pada Januari 2018, namun tool ini telah mendapatkan banyak kepercayaan dari para penggunanya. SEMrush Sensor menunjukkan perubahan algoritma dengan persentase 1-10%. Semakin besarnya persentase maka semakin besar perubahan yang terjadi.

SEMrush juga membagi persentase perubahan algoritma berdasarkan berbagai kategori. Kamu dapat mengetahui topik seperti apa yang sedang memiliki persentase tinggi saat ini. Jadi kamu bisa memilih topik yang memiliki potensi lebih besar untuk mendatangkan traffic untuk diulas ketimbang topik-topik lain yang sedang tidak heboh diminati para pembaca di internet.


Perubahan algoritma yang dilakukan Google akan sangat berpengaruh terhadap posisi situsmu pada SERP. Apabila kamu tidak dapat mengelola dan menyesuaikan blogmu terhadap perubahan tersebut dengan baik, kamu bisa kehilangan kesempatan untuk tetap mendapatkan eksposur tinggi secara organik. Oleh karena itu, kamu harus dapat memonitor perubahan tersebut dari waktu ke waktu dan menyesuaikannya dengan strategi pengembangan blogmu supaya reputasi blog yang kamu kelola tetap terjaga.

Sumber gambar: visualmarketing.com, Page One Power, SEO Expert Brad, Blog Hands, AdvancedWebRanking, SEMRush.

Related Posts

Site Menu