Strategi Content Marketing

Menerapkan Strategi Content Marketing dalam Blogging? Singkap Manfaatnya di Sini!

Custom publishing, content marketing, branded content, atau apapun istilahnya, pasti penguasaan strategi konten marketing dalam blog sudah menjadi keharusan di masa kini apalagi jika kamu menjalankan blog dan bisnis online.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu content marketing, ini adalah teknik pemasaran dalam menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai, relevan serta bisa konsisten dalam menarik audiens yang tepat. Sekarang ini content marketing tidak hanya digunakan hanya untuk periklanan saja, tapi juga bisa untuk menunjang blog kamu, lho. Katakanlah kamu ingin memberikan pesan yang kuat mengenai tulisanmu. Tujuan ini harus disampaikan kepada orang yang tepat. Nah, disinilah kamu akan membutuhkan strategi pemasaran konten yang tepat. Kalau kamu bisa memanfaatkannya dengan tepat, strategi content marketing adalah penentu kesuksesan website-mu.

Content marketing saat ini memang memiliki posisi yang sangat kuat. Bahkan, kalau kamu sering searching mengenai statistik beberapa brand di dunia, nggak jarang kamu akan menemukan fakta bahwa mereka rela menginvestasikan dana dengan jumlah yang nggak sedikit hanya untuk mengembangkan kontennya.

Di sisi lain, walaupun hal ini penting untuk kesuksesan mereka, masih banyak blogger yang bingung mengenai konsep strategi content marketing itu sendiri. Di tengah hangat-hangatnya isu ini, C2live kali ini akan mengangkat pembahasan mengenai pentingnya menerapkan strategi content marketing dengan tepat! Yuk, langsung simak artikelnya.

1. Membawa Traffic yang Tinggi ke Situsmu

Strategi Content Marketing

Ketika berbicara mengenai content marketing, pembahasan pasti nggak akan lari jauh dari tujuan strategi pemasaran yang satu ini. Pastinya kamu tahu, dong, bahwa tujuan utama dari strategi ini adalah membawa traffic yang tinggi ke dalam situs atau blog-mu? Ini terjadi dikarenakan masyarakat luas memiliki masalah atau kebutuhan tertentu, hal yang dilakukan selanjutnya tentu mencari solusi. Untuk mendapatkan solusi, ia akan mencari-cari informasi dalam bentuk panduan atau bahkan hiburan. Masyarakat senang ketika solusi mereka terpecahkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Disinilah peran content marketing tersebut.

Jika kamu adalah pemilik blog, akan lebih mudah bagimu untuk membawa traffic ke situsmu ketika informasi yang kamu berikan adalah informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung situsmu. Misalnya saja, banyak orang yang ingin mencari handphone yang cocok untuk mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan. Orang-orang seperti ini tentunya akan mencari penulis yang memiliki fokus dalam review smartphone untuk memecahkan masalah kebutuhan mereka. Kamu, sebagai pemilik bisa memberikan informasi tersebut melalui tulisanmu sebagai pemecah masalah pengunjungmu. Jika blog-mu hanya memberikan informasi yang tidak relevan dengan apa yang pengunjungmu cari, maka hal itu nggak akan membuat mereka terus menerus datang ke blog yang kamu miliki.

2. Meningkatkan Engagement

Strategi Content Marketing

Nah, perhatikan ya! Kalau kamu mau blog-mu maju dan berhasil. Kamu harus mulai memperhatikan mengenai strategi content marketing-mu, karena hal ini juga memiliki hubungan dengan pengunjung blog-mu.

Tujuan dari content marketing adalah membangun hubungan yang erat antara pengunjung. Tanpa ada pengunjung, buat apa kamu capek-capek menulis blog. Apalagi kalau kamu menulis dengan riset, tambah capek, kan?

Makanya, sebagai pemilik blog, kamu harus memperhatikan bobot konten yang kamu tulis. Jangan asal nulis lalu terbitkan. Sebuah konten harus memiliki nilai tambah di mata konsumen. Sebagai contoh, kamu sudah membuatkan satu artikel dan ada beberapa kritik dan saran mengenai kontenmu. Nah, di konten selanjutnya, kamu bisa menggunakan beberapa saran dari pengunjungmu untuk meningkatkan relasi. Ketika mereka tahu bahwa saran mereka kamu terapkan, mereka akan secara nggak langsung merasa dihargai. Tapi ingat, ya! Bersikap terbuka nggak berarti kamu menerima semua kritik dan saran begitu saja. Kamu teteap harus menyaring pendapat yang ada dan menyesuaikannya dengan kebutuhan content marketing-mu.

3. Meminimalisir Biaya Pengeluaran

Strategi Content Marketing

Tanpa sadar, sebenarnya menerapkan strategi content marketing dengan benar bisa meminimalisir pengeluaran biaya, lho. Soalnya kamu nggak perlu lagi pusing-pusing pasang iklan sana sini ke media massa atau elektronik. Cukup tampilkan konten-konten yang bermanfaat dan menarik untuk dibaca oleh pengunjung.

Ini adalah cara paling efektif agar kamu nggak mengeluarkan uang bayak untuk mendanai iklan berbayar. Namun, kamu harus super sungguh-sungguh ya dalam mengelola blog-mu. Jangan setengah-setengah. Nih, C2live kasih saran, deh! Ada beberapa konten yang digemari oleh para pengunjung misalnya dibuat infografis, informatif, dan juga mengedukasi. Jadi, banyak pengunjung yang akan menggunakan blog-mu sebagai sumber informasi mereka.

4. Meningkatkan Penjualan

Strategi Content Marketing

Pasti ada beberapa dari kamu yang membangun blog untuk tujuan komersil. Nah, coba deh dipikir lagi. Kalau kamu menerapkan strategi konten yang baik dan diminati, kemungkinan ada peningkatan penjualan produk atau jasa yang sedang kamu lakukan.

Ibarat pasar, deh. Kalau pengunjung pasarnya banyak, maka bisa dipastikan mereka memiliki ketertarikan akan barang-barang yang dijual. Sama dengan blog dan website-mu. Semakin tinggi pengunjungmu, semakin tinggi juga kesempatan untuk menjual produk dan jasamu kepada masyarakat luas.

Selain itu, semakin banyak orang yang mengunjungi blog-mu, tandanya kontenmu juga semakin terekspos. Jika konten yang kamu buat sudah berkualitas , maka blog dan website-mu bisa saja membantu mereka dalam membuat keputusan pembelian. Plus, orang juga jadi tahu apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum mereka membeli.


Nah, gimana setelah tahu mengenai pentingnya menerapkan strategi konten sudah siap belum menjalankan strategi content marketing yang benar? Saran C2live, sih, jangan buang-buang waktu untuk menjalankan strategi yang salah. Sebab banyak sekali manfaat penerapan strategi pemasaran konten yang tepat untuk blog-mu, baik untuk saat ini dan masa depan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber: crossbridgemarketing, Mashable, StreamOn, Enterpreneur, The Resourceful CEO.

Related Posts

Site Menu