Sumber-foto-dan-gambar-gratis

12 Sumber Stok Foto dan Gambar Gratis untuk Blog Post Kamu

Untuk menghasilkan sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca, elemen visual sangatlah penting. Visual di sini tidak hanya membahas mengenai desain tampilan blog namun juga gambar-gambar yang kamu gunakan untuk melengkapi tulisan kamu.

Nggak hanya karangan literatur, gambar juga punya hak ciptanya! Jangan mengira ada di Google Image, kemudian kamu bisa seenaknya mengambil untuk dicantumkan dalam blog. Buat gambar yang tidak termasuk public domain, kamu perlu meminta izin (atau membayar) dalam menggunakannya.

Sehingga, untuk mengambil gambar gratis tanpa ribet untuk melengkapi blog tulisanmu, kamu bisa memanfaatkan berbagai penyedia stok gambar gratis (public domain) yang bebas hak cipta seperti 12 situs berikut!

1. Unsplash

gambar gratisSumber stok foto dan gambar gratis pertama adalah Unsplash. Unsplash berawal dari sebuah blog tumbl dan kini berkembang menjadi komunitas fotografi. Jadi, kualitas gambar (yang sudah UHD) sudah nggak perlu lagi kamu ragukan.

Apalagi, gambar-gambar dari Unsplash sudah kerap digunakan oleh para professional, seperti para penulis hingga perusahaan besar seperti Apple! Keren bukan?

2. Pexels

gambar gratis Website satu ini merupakan tempat dimana berbagai orang bisa membagikan gambar-gambar yang dimilikinya. Terdapat berbagai macam jenis foto dan gambar gratis yang bisa kamu gunakan.

Namun, meskipun begitu kebanyakan yang bisa kamu temukan adalah foto-foto objek. Untuk kamu yang mencari gambar animasi, mungkin Pexels bukan tempat yang tepat.

Meski nggak ada kategori yang mempermudah kamu menemukan gambar yang kamu butuhkan, kamu bisa melihat berbagai pencarian populer yang mungkin bisa membantumu. Terlebih lagi, gambarnya yang jelas dan high-definition banget merupakan salah satu keunggulannya.

3. Flickr

gambar gratisSerupa dengan Pexels, Flickr merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan ratusan juta orang yang membagikan foto-foto yang mereka jepret untuk berbagai kebutuhan kamu.

Namun, dengan ribuan gambar dan foto yang ada di Flickr kamu harus benar-benar teliti karena mungkin ada beberapa foto yang memiliki hak cipta. Sehingga, kamu perlu meminta izin terlebih dahulu untuk menggunakannya.

Tapi, tentu tetap nggak ada salahnya mencari sumber stok foto dan gambar di sini mengingat banjirnya pilihan stok foto yang dimiliki Flickr.

4. Life of Pix

gambar gratisLife of Pix adalah salah satu tempat kamu bisa menemukan komunitas fotografer mulai dari yang amatir hingga profesional. Mereka membagikan foto kualitas beresolusi tinggi untuk kamu gunakan secara cuma-cuma.

Selain foto dan gambar gratis, Life of Pix juga menyediakan video gratis yang mungkin kamu butuhkan dalam mengelola konten blog kamu!

5. StockSnap

gambar gratisSalah satu tempat lainnya dimana kamu bisa menemuka ribuan stok foto dan gambar gratis bebas hak cipta adalah Stock Snap. Tampilan website ini sangat memudahkanmu untuk menemukan foto-foto menarik yang bagus.

Untuk kamu yang membutuhkan gambar-gambar alam dan objek untuk latar natural, Stock Snap merupakan rekomendasi utama dari kami.

6. Pixabay

gambar gratisBisa dikatakan Pixabay merupakan saudara kembar dari Pexels karena kemiripan semua sistem dan jenis gambar yang dimilikinya. Namun untuk soal stok foto, Pixabay lebih banyak dan memiliki beberapa fitur yang lebih unggul.

Pertama kamu bisa mencari gambar berdasarkan kategori. Kedua, untuk gambar beresolusi tinggi dengan ukuran terlalu besar untuk kebutuhan bisa kamu unduh dengan pilihan ukuran lebih kecil. Tentu fitur ini mempermudah kamu karena tidak ada lagi yang namanya kompres gambar.

7. FreeImages

gambar gratisFree Images merupakan sebuah agensi penyedia stok foto gratis sejak tahun 2001. Dengan pengalamannya ini, kualitas foto yang kamu dapatkan dari sini sudah nggak perlu diragukan. Hanya saja, kebanyak foto yang bisa kamu temukan disini didominasi oleh foto-foto objek benda. Jadi, jika kamu ingin mencari foto lainnya, mungkin boleh mempertimbangkan sumber stok foto lainnya.

8. Public Domain Pictures

gambar gratisPublic Domain Pictures merupakan surga untuk para pencari gambar dan foto untuk berbagai kebutuhan. Di sini, mulai dari gambar berbayar hingga gambar gratis bebas hak cipta bisa kamu temukan!

Gambar di website ini bisa dikatakan cukup bervariasi, mulai dari orang, hewan, dan sebagainya bisa kamu temukan di sini! Public Domain merupakan tempat yang dituju bagi para pemburu gambar gratis milik publik (public domain).

9. Free Digital Photos

gambar gratisUntuk kamu yang lebih membutuhkan gambar animasi daripada foto real, maka Free Digital Photos bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan berbagai kategori, kamu bisa menemukan gambar-gambar animasi lucu untuk melengkapi blog post kamu.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu nggak bisa menemukan foto juga di sumber stok foto satu ini. Ada banyak juga foto dan gambar gratis yang bisa kamu temukan dan gunakan, lho!

10. Gratisography

gambar gratisGratisography merupakan website berisikan foto-foto yang semuanya diambil oleh Ryan McGuire. Kamu bisa menemukan berbagai foto unik dan menarik tentunya dengan resolusi tinggi. Ryan sendiri membagi fotonya ke dalam beberapa kategori mulai dari animal, nature, object, urban, dan whimsical.

Pilihan foto dan gambar gratis yang dimiliki Gratisography cukup beragam karena selalu diperbarui setiap minggunya.

Kelemahan adalah kamu nggak akan bisa menemukan gambar animasi karena semua gambar di sini berupa jepretan kamera Ryan. Selain itu, dikarenakan semua foto memiliki resolusi tinggi maka sudah bisa ditebak seberapa besar ukuran gambar tersebut. Namun nggak perlu khawatir, kamu tinggal mengkompres.

11. Image Source

gambar gratisSatu lagi sumber foto dan gambar gratis yang bisa kamu andalkan adalah ImageSource. Ada banyak sekali kategori yang mendetail dalam website satu ini yang bisa membantu kamu menemukan gambar yang tepat untuk tulisan-mu.

Kategori yang mendetil ini menunjukkan betapa banyak gambar yang bisa ImageSource sediakan untuk kamu. Hanya saja, kamu nggak bisa menemukan gambar animasi karena semua gambar yang disediakan ImageSource adalah foto.

Ada banyak fotografer dari berbagai negara yang menjadi kontributor ImageSource yang sudah berdiri sejak tahun 1999 ini. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kehabisan foto dan gambar gratis untuk tulisan kamu!

12.Tookapic

gambar gratisTookapic merupakan media sosial seperti Instagram. Yang membedakannya hanyalah foto yang kamu unggah tidak akan di-kompres resolusinya. Tentunya, ini membuat foto dan gambar gratis di dalamnya nggak hanya dilihat oleh orang lain tetapi juga bisa berguna untuk berbagai orang yang membutuhkan.

Pembagian kategori dalam Tookapic terbilang nggak biasa dan unik. Setiap pengguna bisa membuat album kategori mereka sendiri. Tapi, dengan begitu kamu bisa menemukan berbagai gambar yang unik dan juga artistik. Mungkin di sini kamu bisa menemukan gambar yang cocok untuk blog kamu.

BONUS: CreativeCommons

gambar gratisSebagai bonus, ada satu lagi cara untuk mendapatkan stok foto dan gambar gratis untuk berbagai kebutuhan. Jika semua cara tadi nggak berhasil, kamu mungkin boleh mencoba menggunakan CreativeCommons, sebuah organisasi yang akan membantu kamu menemukan gambar bebas hak cipta dari berbagai sumber.

Hal ini membuat hasil gambar jauh lebih beragam karena menjangkau sumber yang jauh lebih luas. Yang paling penting, semua yang akan direkomendasikan adalah gambar gratis yang bebas dari hak cipta!


Memilih gambar yang tepat dan unik adalah salah satu kunci lainnya agar tulisan-mu bisa menyentuh hati pembaca. Untuk itu, manfaatkanlah berbagai sumber foto dan gambar gratis ini, ya! Selamat menulis!

Sumber gambar: UnsplashGIRT MobilePetaPixelLifeofpixstocksnap.ioID techinasiafreeimages99DesignsPexelsBlogKens, ImageSourcetookapicVimeo.

Related Posts

Site Menu