Tantangan-Blogging

10 Tantangan Blogging yang Umum Banget dan Bagaimana Kamu Bisa Mengatasinya

Jadi blogger itu mudah-mudah-susah. Kamu harus berhadapan dengan berbagai tantangan blogging yang tampaknya sepele, tapi bisa mematahkan semangat. Untuk pemula ataupun yang sudah berkecimpung di dunia blogging, pasti pernah berhadapan dengan kesepuluh tantangan blogging ini. Apa saja? Yuk, simak!

10 Tantangan Blogging yang Paling Sering Dihadapi Para Blogger

1. Harus nulis apa, ya?

tantangan bloggingPaaasti! Baik pemula maupun yang udah sering nulis, pasti pernah terbentur masalah ini. Kamu bisa mulai menulis seperti catatan harian. Kejadian menarik apa yang kamu saksikan hari ini. Psst, bahkan kejadian yang menurut kamu biasa bisa dianggap menarik sama orang lain, lho.

Atau, kamu bisa mulai menulis seputar bidang keahlian dan bidang peminatanmu. Misalnya, kamu senang banget belanja online, kamu bisa nulis suka-duka berbelanja online dan rekomendasi untuk pembaca.

2. Takut untuk memulai

Hal ini wajar, kok. Berbagai macam alasan, mulai dari “nggak bisa nulis”, “nggak punya modal”, sampai bahkan takut dianggap lebay dan alay pasti pernah muncul.

Tapi, kesampingkan dulu imajinasi menakutkan itu! Menjadi seorang blogger bukan berarti kamu harus sukses, menginspirasi, atau lainnya, kok. Ya, meskipun diharapkan ada ‘sesuatu’ yang bisa diambil dari tulisanmu, sih.

Kalau kata orang-orang, “Lebih baik gugur saat mencoba daripada nggak mencoba sama sekali.”

3. Gimana caranya biar tulisanmu menarik?


Kalau yang ini sih, kamu harus banyak latihan dan banyak baca. Kamu punya penulis idola? Boleh, lho, mencontoh cara penulis idolamu dulu untuk menemukan gayamu sendiri. Tapi, jangan sampai melakukan plagiarisme, ya!

Kamu juga bisa lihat contoh tulisan yang viral di media sosial itu seperti apa atau manfaatkan strategi SEO. Intinya, latihan terus-menerus, perbanyak ilmu, dan mengevaluasi perkembangan tulisanmu dijamin membantu kamu untuk menulis lebih baik dan menarik.

 

4. Sudah lama menulis, tapi kok nggak berkembang?


Menulis itu memang nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa kamu lakukan! Justru itu tantangannya menjadi blogger!

Kalau suatu hari kamu merasa tersesat di kejenuhan atau kefrustasian, kamu boleh istirahat sejenak. Coba tanyakan pada diri sendiri apa tujuan awalmu memulai blogging? Apakah sekadar katarsis, memberi manfaat, atau menghasilkan uang?

Untuk mencapai tujuan itu, kamu butuh bantuan orang lain. Termudah, bisa minta pendapat orang-orang terdekatmu. Kalau sudah punya pembaca setia, kamu juga bisa minta umpan balik dari mereka, lho! Bertukar ilmu dalam komunitas penulis juga sangat membantu!

5. Niat nulis, kok timbul tenggelam…

tantangan bloggingKalau begini sih, selain mengingat tujuan awalmu, kamu juga harus bikin agenda yang jelas. Biar konsistensi tetap terjaga, kamu harus atur jadwal nulis, brainstorming, dan agenda lainnya secara teratur.

Idealnya, agenda itu sudah harus jadi untuk satu bulan ke depan. Buat agenda kegiatan blogging kamu lebih variatif supaya nggak monoton. Kamu juga harus konsisten terhadap tenggat yang sudah kamu buat supaya kerjaan nggak numpuk dan jadi beban!

Baca juga:  Ini 5 Blogger yang Bisa Menginspirasi Kehidupan Blogging Kamu!

6. Jangan-jangan…


Sudah jadi rahasia umum kalau penulis itu orang yang sensitif! Kalau kamu tipe orang yang sensitif dan mudah tersinggung, lebih baik kamu juga perbaiki sifat itu. Siapa bilang nggak bisa?

Kamu harus percaya pada diri sendiri dan tulisanmu! Jangan berhenti menulis cuma gara-gara dihantui rasa khawatir yang diciptakan oleh orang lain, bahkan dirimu sendiri.

7. Semua sudah oke, tapi nggak punya modal buat nulis?

tantangan bloggingBuat jadi blogger, seenggaknya butuh modal kuota internet dan gawai. Kalau nggak punya, sebenarnya bisa diselesaikan dengan pergi ke warnet terdekat. Kamu juga bisa catat dulu apa yang ingin kamu tulis di blog untuk diunggah kemudian pas ada internet.

Pilihan lain: daftar ke perusahaan penyalur iklan supaya bisa menjadi partner mereka atau toko-toko untuk mengulas produk mereka. Lagipula, zaman sekarang blogging juga bisa dari ponsel, lho. Tinggal cari WiFi gratis, deh!

Ditambah lagi sekarang lagi marak-maraknya microblogging di Twitter, Instagram, bahkan Line. Nggak memakan terlalu banyak kuota, kan?

8. Duh, gaptek nih!

tantangan bloggingMau punya laman sendiri yang kece, tapi nggak ngerti caranya? Sekarang platform seperti WordPress.com punya sistem yang sangat ramah pengguna, kok. Tinggal ikuti petunjuk yang mereka sediakan, jadilah blogmu sendiri.

Kalau mau lebih serius, kamu bisa belajar secara online atau beli buku yang berkaitan dengan blogging atau sewa jasa ahlinya.

9. Cari sumber informasi ke mana, ya?

tantangan bloggingPaling mudah dan murah adalah mencari sumber tulisan di internet. Kalau yang berkaitan dengan akademis, coba cari di Google Cendekiawan. Di samping itu, informasi bisa didapatkan dari berita, majalah, jurnal, bahkan media sosial. Kalau ada modal dan belum ada informasi yang valid, kamu juga bisa coba observasi langsung ke lapangan. Seru banget, ya!

10. Saltik di mana-mana!

Memang sih kamu bukan penyunting, tetapi nggak saltik alias salah tik di mana-mana, dong! Biasakan baca ulang dan sunting tulisanmu sebelum mengunggahnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Baca juga: Apa Rahasia Di Balik Sebuah Konten Viral?


Setelah membaca tulisan ini, diharapkan kamu bisa kembali mengobarkan semangat menulis blog. Jangan kecil hati apalagi patah semangat ketika berhadapan dengan 10 tantangan blogging di atas. Justru blogger sejati adalah blogger yang bisa melewati tantangan dan mengubahnya menjadi semangat menulis! Temukan kembali pijakanmu dan mulai tulis blog lagi! Untuk tips blogging lainnya, jangan lupa kunjungi Blog C2live, ya!

Sumber gambar: DiginomicaDigital TigerExporoCosmos MagazineLessons Learned

Related Posts

Site Menu