tipe artikel

Kenalan dengan Tipe-Tipe Artikel yang Bisa Kamu Tulis

Ketika memilih untuk menjadi seorang penulis, kamu mungkin sudah membayangkan hal-hal yang ingin kamu tulis. Tetapi dalam pekerjaan freelance, kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan muncul di hadapanmu, seperti tantangan baru, permintaan klien baru, tipe artikel baru. Kamu mungkin setuju, dari begitu banyak tipe artikel yang ada di internet, tidak semua artikel menarik untuk dibaca. Beberapa di antaranya ada yang membuatmu berhenti membaca di paragraf pertama. Jika kamu membutuhkan ide mengenai artikel apa yang bisa kamu tulis, berikut ini ada beberapa tipe artikel yang bisa kamu tulis sesuai kebutuhan.

1. Panduan / Guide

Tipe artikelSumber: Pxhere
Bagaimana cara menjadi seorang penulis yang baik? Itu adalah salah satu pertanyaan yang dapat kamu ketik di mesin pencari untuk menemukan sebuah artikel panduan. Di era teknologi yang serba canggih ini, banyak orang yang berusaha untuk mencari tahu cara melakukan atau menghasilkan sesuatu di internet. Karenanya, tipe artikel ini semakin dibutuhkan oleh masyarakat modern masa kini.

Tapi, hal itu bukan berarti menulis artikel panduan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Artikel panduan adalah tipe artikel yang kontennya terperinci dan cukup panjang untuk ditulis. Menulis artikel panduan nggak hanya membutuhkan seorang penulis yang baik, tetapi juga ide dan riset yang dieksekusi dengan baik.

Karena artikel tipe ini ada begitu banyak bertebaran di internet, kamu harus bisa menghadirkan konten yang dibutuhkan pembaca dengan cara yang menarik. Untuk itu, tidak ada salahnya menyajikan artikel panduan yang dilengkapi dengan ilustrasi atau bahkan video.

Selain itu, tipe artikel ini dapat menjadi umpan yang bagus jika ingin menambah subscriber untuk blog atau website yang kamu kelola. Gunakan kalimat untuk memancing seseorang mendaftarkan e-mailnya seperti: “Dapatkan panduan selengkapnya dengan mendaftarkan alamat e-mail Anda sekarang.”

2. Ulasan / Review

Tipe artikelSumber: Flickr
Umumnya, sebelum membeli sebuah produk, seseorang akan memeriksa ulasan atau review orang lain yang telah menggunakan produk tersebut. Biasanya hal itu ditujukan untuk menghindari insiden salah beli seperti spesifikasi yang tidak sesuai, faktor alergi, dan sebagainya. Oleh karena itu, menulis ulasan bisa juga dikatakan sebagai kegiatan membagikan pengalamanmu mengenai sebuah produk, lalu memberikan rekomendasi atas produk tersebut. Supaya kamu bisa memberikan ulasan yang baik, kenali juga produk sejenisnya agar dapat menambahkan perbandingan ke dalam ulasanmu.

Umumnya artikel ulasan dimulai dengan memperkenalkan produk terkait, mulai dari nama produk, produsen, dan spesifikasi lainnya. Misalnya kamu mengulas produk perawatan kecantikan, kamu dapat menuliskan kandungan produk, cara pakai dan hasil yang didapatkan jika menggunakan produk tersebut. Setelah membahas hal yang umum, mulailah menuliskan penilaianmu. Tuliskan apa yang kamu suka dan tidak sukai dari produk tersebut, lalu berikan rekomendasi jika ingin menggunakan produk yang sama.

Biasanya ada dua jenis artikel ulasan, artikel tidak berbayar dan berbayar. Artikel berbayar biasanya dipesan oleh produsen dengan cara mengirimkan produknya dan memintamu menuliskan artikel berdasarkan pengalamanmu setelah mencoba produk tersebut. Meskipun berdasarkan permintaan, tipe artikel ini harus ditulis seobjektif mungkin agar bermanfaat untuk pembaca yang benar-benar membutuhkan informasi mengenai barang yang kamu ulas.

3. How-to

Tipe artikelSumber: Pexels
Saat seseorang terlalu malu untuk menanyakan bagaimana cara melakukan sesuatu kepada orang lain, tipe artikel ini yang akan jadi penyelamat! Artikel how-to sering disamakan dengan artikel panduan karena informasi yang diberikan hampir serupa, yakni cara melakukan atau mendapatkan sesuatu, tetapi cara penyajiannya berbeda. Biasanya artikel ini dibuat dalam bentuk step-by-step atau prosedur untuk menjelaskan suatu proses.

Untuk menulis artikel how-to, kamu dapat membukanya dengan membahas permasalahan yang ingin diselesaikan. Setelah itu, perkenalkan solusi yang akan kamu berikan dan mulailah menjabarkan langkah-langkah dari solusi tersebut. Untuk memperjelas setiap langkah, kamu dapat menyertakan ilustrasi dalam bentuk diagram, gambar, atau video. Apapun bentuknya, ilustrasi akan meningkatkan kualitas artikel how-to kamu. Di akhir, berikan kesimpulan mengenai solusi yang sudah kamu berikan.

Terdapat berbagai pilihan topik untuk dijadikan artikel how-to, yang harus kamu pikirkan adalah bagaimana memilih topik yang akan dibaca oleh banyak orang. Pikirkan satu topik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, lalu tulis artikel how-to berdasarkan topik tersebut. Semakin detil penjelasan, semakin baik.

4. Daftar / Listicle

Tipe artikelSumber: Pexels
Artikel dengan penyajian konten berupa daftar informatif memang memiliki daya tarik tersendiri. Formula dari artikel daftar dapat terlihat dari judul artikel yang melibatkan kalimat-kalimat seperti “5 Artikel Kejadian yang Paling Banyak Dibicarakan Tahun Ini”, “18 Alasan Mengapa Penulis Punya Masa Depan yang Cerah”, dan semacamnya. Hei, kamu bahkan sekarang sedang membaca sebuah artikel listicle, lho!

Beberapa orang yakin tipe artikel ini berpotensi besar untuk menarik minat pembaca. Dimulai dari judulnya, formula artikel ini sudah menawarkan kepopuleran. Bukan hanya artikel di internet, majalah populer juga masih menggunakan listicle untuk menjual sebuah isu. Bagaimana cara menulis artikel listicle? Pilih sebuah topik, lalu tentukan jumlah informasi yang ingin kamu sajikan. Dengan begitu, kamu sudah setengah jalan dalam menciptakan artikel tipe ini. Untuk membuat artikel ini, kamu bisa membuka tulisan dengan perkenalan topik, isi poin-poinnya dengan penjelasan yang ringkas, lalu tutup dengan sebuah kesimpulan. Jangan lupa dukung setiap poin dengan ilustrasi yang menarik.

Hal yang perlu diingat dalam menulis artikel jenis ini adalah semakin rinci daftarmu, maka tulisanmu akan semakin baik. Oh ya, dalam memilih jumlah poin untuk artikelmu, tidak pernah ada batasan mengenai angka berapa yang harus digunakan. Kenyataannya angka ganjil, angka bulat, dan semua jenis angka bekerja dengan baik sebagai daya tarik.


Ada begitu banyak tipe artikel yang dapat kamu tulis. Daftar di atas tentu saja belum lengkap, tapi paling tidak empat tipe artikel di atas adalah tipe artikel yang akan sering kamu temui di internet atau bahkan mungkin diminta klien minta untuk kamu tulis. Semakin banyak tipe artikel yang kamu kuasai, maka akan semakin kuat pula penguasaanmu terhadap pemasaran konten.

Artikel, sebagai bagian dari konten, adalah sebuah upaya untuk berbicara dan menyampaikan informasi kepada pembaca. Dengan berbagai tipe artikel yang berbeda, kamu dapat berbicara dengan berbagai tipe pembaca. Hal itu hampir sama dengan kemampuan menguasai berbagai bahasa. Sekarang setelah kamu tahu tipe-tipe artikelnya, saatnya membuat rencana artikel yang ingin kamu tulis. Untuk tips menulis, blogging, dunia freelance dan pengetahuan lainnya, kamu dapat membacanya di Blog C2live. Selamat menulis!

Related Posts

 
Site Menu