Monica Anggen

Ingin Menulis Artikel Review dengan Lebih Baik? Simak Tipsnya dari Monica Anggen!

I’m a writer at Content Collision

Ketika mendengar atau melihat nama Monica Anggen, hal apakah yang terbesit dalam pikiranmu? Sosok yang satu ini memang dikenal sebagai influencer dan penulis buku. Namun, ia juga mengelola blog miliknya sendiri, lho. Bagi kamu yang penasaran, bisa cek langsung di MonicaAnggen.com.

Hingga saat ini, Monica sudah sering menulis berbagai macam artikel untuk blog post-nya. Mulai dari tips dan trik, kesehatan, travel, kuliner, teknologi, hingga review.

Sehubungan dengan itu, beberapa waktu lalu, tim C2live sempat menghubungi Monica untuk berbagi insight soal bagaimana cara menulis artikel review, nih! Soal review, Monica sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Pasalnya, ia sudah sering mendapat penawaran kerja sama untuk mengulas ataupun meliput berbagai hal.

Jadi, buat kamu yang ingin mengasah diri dalam hal ini, yuk telisik bersama tips dari Mbak Monica. Tapi sebelum itu, mari kita kenali lebih dalam dulu sosok inspiratif yang satu ini!

Profil singkat Monica Anggen

Monica Anggen

Monica Anggen merupakan sosok kelahiran Banjarmasin yang sudah merantau ke Jakarta sejak 2013 lalu. Saat ini, kesibukan utama yang dijalaninya adalah menjadi influencer untuk kampanye media sosial. Soal ini, ia juga sering kali dipercaya untuk menangani kampanye brand tertentu untuk kepentingan promosi media sosial. Selain itu, seperti yang sudah kalian ketahui, Monica juga merupakan seorang penulis buku. Hingga kini, ia masih aktif mengirimkan berbagai naskah untuk dikirimkan ke penerbit.

Bicara soal tulis-menulis, Monica rupanya telah mengasah kemampuannya dalam bidang ini sejak kecil. Sejak duduk di bangku SD, Monica sudah sering menulis cerpen di buku tulisnya. “Dulu buku tulis sekolah saya penuh dengan cerpen ala anak SD,” akunya. Sayangnya, minatnya di bidang kepenulisan kurang mendapat dukungan dari orang tuanya. Namun, ketika ia sudah berkeluarga, suaminya justru memberikan dukungan untuk meneruskan kecintaannya terhadap dunia menulis.

Tentu, Monica sangat bersyukur dengan hal itu. Bagi dirinya, menulis bisa memberikan berbagai manfaat positif. “Menulis bagi saya membebaskan diri, mendapatkan ilmu, kemudian membagikannya pada banyak orang melalui tulisan.”

Cerita awal mula blogging

Monica Anggen

Kecintaannya terhadap dunia menulis ternyata mendukung kariernya sebagai blogger sekarang ini. Monica sendiri memutuskan untuk menjadi blogger sekitar satu tahun lalu. Keputusan tersebut diawali ketika suaminya jatuh sakit yang membuatnya tidak mampu lagi menjalani pekerjaan harian layaknya pegawai kantoran pada umumnya. Untuk meningkatkan semangat hidup suaminya yang sempat menurun, Monica mengajak beliau untuk bergabung dalam sebuah komunitas blogger, yakni Kelas Blogger.

Dari situ, Monica yang sembari ikut mempelajari berbagai hal tentang blogging bersama suaminya malah turut menggandrungi dunia ini. Pasalnya, Monica sendiri memiliki karakteristik yang cenderung penasaran. “Saya ini orangnya suka penasaran akan suatu hal, jadi kalau sudah suka dan penasaran, saya pasti akan cari ilmunya sampai dapat agar bisa saya coba dan terapkan,” terangnya.

Karena itu, tak heran ketika blogging masih merupakan hal yang baru baginya, ia jadi banyak mencari tahu tentang dunia ini agar ilmunya bisa coba ia terapkan. Akhirnya, ia bersama dengan suaminya mendalami berbagai hal tentang blogging bersama. Mulai dari bagaimana cara membangun sebuah situs web, cara mendapat dan meningkatkan traffic, meningkatkan SEO, hingga memastikan halamanmu terindeks di Google.

Artikel review sebagai tulisan yang banyak diminati dari para blogger

Monica Anggen

Menurut Monica, dengan adanya internet, sekarang ini hampir semua orang sudah terhubung secara digital. Hal tersebut dirasakan terutama pada jaringan media sosial. Ketika hendak menggunakan suatu produk, orang-orang tersebut cenderung mencari tahu informasi tentang produk terkait secara online terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Begitu pula ketika seseorang ingin bepergian ke destinasi wisata atau lokasi kuliner; ia akan mencari informasinya dulu melalui internet.

“Artinya, artikel-artikel review terkait produk/jasa/brand masih sangat dibutuhkan masyarakat,” jelasnya sehubungan dengan kecenderungan masyarakat tersebut. Belum lagi, artikel review yang kredibel juga bisa membantu menekan persebaran informasi hoax yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Bagi Monica, ini juga merupakan salah satu alasan mengapa artikel review begitu diminati.

Namun, Monica juga menyampaikan bahwa menulis artikel review tetap ada tantangannya, lho. Misalnya, persaingan yang ketat antarblogger yang rajin memberikan review. Dengan kondisi seperti itu, kamu harus pandai-pandai mengemas ulasan dengan semenarik dan se-insightful mungkin agar memiliki nilai lebih di mata pembaca. Ini tentunya memerlukan keterampilan blogging umum yang dibutuhkan oleh semua blogger dari niche manapun. Misalnya, kamu perlu juga untuk mempercantik tampilan blog dan mengasah keterampilan tata bahasamu untuk membuat pengunjung betah berlama-lama membaca tulisan blogmu

Di sisi lain, jika kamu menyajikan konten secara sembarangan, baik dari segi tulisan maupun tampilan, jangan heran jika artikel review-mu akan sepi dikunjungi pembaca. Ini juga termasuk penyampaian ulasan yang tidak sesuai fakta atau malah tinggal copy-paste. Hal-hal seperti ini bisa membuat pembacamu kecewa berat. Kalau sudah begitu, brand-brand pun juga akan ragu untuk menggunakan jasamu sebagai blogger. Jadi, hindari perilaku blogging yang seperti itu, ya.

Baca juga: Suka Menulis Review Produk di Blog? Yuk Terapkan 5 Trik Ini Agar Ulasanmu Menarik dan Menjual

Tips menulis artikel review yang baik dari Monica Anggen

Monica Anggen

Nah, ini dia yang kamu tunggu-tunggu. Memang, Monica tidak hanya menulis artikel-artikel review. Tapi, sebagai blogger yang sudah berkali-kali mendapat tawaran kerja sama untuk mengulas/meliput berbagai hal, pasti ada pembelajaran yang bisa dibagikan dari sosok berpengalaman satu ini terkait menulis artikel review.

Kepada tim C2live, Monica membagikan beberapa tips supaya kamu bisa membuat artikel review yang lebih ciamik. Jadi, apa sajakah tips yang bisa kamu dapat dari Monica Anggen? Berikut di antaranya:

    • Kamu perlu memiliki product knowledge (pengetahuan akan produk) yang akan kamu ulas. Tanpa memiliki pemahaman yang baik tentang objek terkait, akan sulit bagimu untuk memberikan ulasan yang baik, mendalam, dan tepat sasaran.
    • Sebaiknya tulislah ulasan berdasarkan pengalaman pribadimu. Untuk itu, kamu perlu menggunakan produk yang akan kamu ulas terlebih dahulu. Ini ditujukan agar review yang kamu berikan memiliki dasar yang jelas, bukan sekadar memberikan opini tanpa bukti apa-apa.
    • Gunakan teknik soft-selling. Masyarakat sekarang merupakan pembaca yang sudah lebih cerdas. Mereka lebih senang jika suatu review bisa menjelaskan dulu pengalaman penulisnya terhadap objek ulasan terkait dibanding hanya tinggal langsung mempromosikannya saja.
    • Utamakan kelebihan produk. Tapi ini bukan berarti kamu jadi memberikan opini positif secara buta. Jika memang ada kekurangan yang kamu rasakan, sampaikanlah dengan cara yang manis. Hindari penyampaian sisi buruk produk dengan cara yang terkesan menjatuhkan.
    • Tambahkan testimoni dari pengguna lain jika memungkinkan. Ini bisa menjadi dukungan argumen dari opini yang kamu sampaikan. Kamu juga bisa menggunakan testimoni orang lain yang kredibel jika kebetulan kamu belum sempat mencoba produk terkait.
    • Sebisa mungkin, berikan tips juga seputar penggunaan produk terkait atau tips-tips pendukung lainnya. Ini bisa membuat tulisanmu dirasa lebih bermanfaat.
    • Sertakanlah infografis sebagai elemen visual pendukung untuk memancing ketertarikan pembaca agar mereka mau membaca lebih banyak tentang produk yang kamu review.

Melalui sharing di atas, semoga kamu semakin tercerahkan tentang bagaimana membuat artikel review yang baik, ya. Diharapkan, dengan memberikan ulasan yang lebih bermanfaat, kamu bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan informasi seputar produk/jasa/brand yang mereka butuhkan.

Monica sendiri sudah mendapat berbagai pengalaman menyenangkan lewat e-mail dan komentar positif melalui artikel-artikel review-nya. Bahkan, kepercayaan yang telah terbangun dari ulasan yang diberikannya pun turut membukakan pintu rezeki baginya, seperti dengan mendapatkan banyak tawaran kerja sama dari berbagai brand dan proyek penggarapan buku bersama. Menarik, bukan?

Ke depannya, Monica berharap agar dirinya bisa menjadi digital nomad supaya bisa tetap berkarya di manapun ia berada. Tidak hanya sekadar menjadi blogger, ia pun ingin mengembangkan keterampilan dirinya agar bisa menjadi pembicara di berbagai tempat, menulis konten serta buku di manapun, hingga sering-sering melakukan travelling.

Bagaimana dengan kamu?

Sumber gambar: Dok. Monica Anggen.

Related Posts

 
Site Menu