Brand-Featured

5 Tips Jitu untuk Menggaet Bloger jadi Mitra Promosi Brand-mu

Dewasa ini, mungkin kamu banyak menyaksikan berbagai macam bentuk promosi yang dilakukan oleh sebuah brand dengan bekerja sama dengan bloger. Dari situ mungkin muncul pertanyaan dalam benakmu, kenapa brand perlu menggandeng bloger sebagai mitra promosi ataupun pemasaran mereka?

Ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan perilaku brand yang satu ini. Pertama, karena bloger memiliki peran penting dalam penyebaran informasi di era digital. Nggak hanya itu, mereka bahkan bisa menyajikannya dengan beragam posting-an yang menyenangkan untuk dibaca; nggak kaku dan rumit seperti berita.

Kedua, sebagai influencer, bloger memiliki ‘pengikut’nya masing-masing. Sebagai representasi brand tentunya kamu nggak akan sembarang menggaet bloger untuk membantu promosimu, kan? Nah, bloger-bloger seperti ini biasanya sudah mendulang kepercayaan yang tinggi dari para pembacanya yang berjumlah banyak. Jika si bloger memberikan informasi yang bagus mengenai produkmu, maka pengikut setianya pun akan memiliki kesan baik atas produkmu juga.

Ketiga, orang-orang cenderung nggak mau tahu soal kualitas produk dari si pemilik brand, melainkan dari pihak ketiga yang dianggap lebih netral dan objektif. Nah, karena bloger juga memiliki kebutuhan untuk mempromosikan situsnya, celah ini bisa menjadi kesempatan yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Tapi, gimana sih caranya agar brand bisa bekerja dengan lebih mudah bersama bloger-bloger di Indonesia? Tentunya, kamu perlu trik dan strategi supaya bisa membangun relasi yang baik dengan mereka sebelum kesepakatan dibentuk, bukan? Untuk itu, yuk simak beberapa tips di bawah ini!

Bagaimamana Brand Bisa Bekerja Sama dengan Bloger Indonesia

1. Carilah Bloger dengan Niche yang Sesuai dengan Brand-mu

Brand-1

Nggak seperti banyak media pada umumnya, bloger memproduksi dan menyampaikan informasi sesuai dengan niche yang mereka bangun, termasuk dengan bloger-bloger di Indonesia. Mengapa niche ini menjadi suatu hal yang penting? Karena konsistensi bloger untuk selalu menuliskan hal-hal seputar niche tertentu akan membuatnya lebih peka dan cermat akan informasi seputar niche tersebut.

Dengan demikian, semakin giat seorang bloger bergelut dengan suatu niche khusus, maka pengetahuannya akan hal tersebut akan makin kaya, sehingga informasi yang dihasilkan bisa dipercaya dan kredibel. Artinya, audiens bloger-bloger seperti ini adalah orang-orang yang super targeted. Jika kamu bisa menemukan bloger yang nichenya sesuai dengan produkmu, makan kamu bisa menggapai perhatian orang-orang yang memang mungkin ingin mengetahui lebih banyak seputar brand-mu sendiri beserta dengan produk/jasa yang kamu tawarkan!

2. Hindari Melakukan Pendekatan yang Tiba-tiba

Brand-2

Orang-orang Indonesia terkesan lebih pasif dibanding orang-orang barat, termasuk dalam pola interaksi mereka. Hal ini juga nggak lepas dari para bloger. Bisa dibilang, walaupun katanya orang bule cuek dan individualis, tapi orang Indonesia yang punya budaya ramah tamah justru lebih socially awkward ketika dihampiri oleh pihak ‘asing’.

Memang, mereka terkesan fun dan aktif. Tapi, karena karakterisitik di atas tadi, kamu perlu melakukan pendekatan yang tepat dengan bloger targetmu sebelum menjalin kerja sama. Selain mencari bloger yang kredibel dan sudah familiar dengan brand-mu, ada baiknya kamu juga melakukan engagement agar ia merasa lebih nyaman denganmu sebagai bagian dari suatu entitas usaha.

Misalnya, jangan hanya mengirimkan mereka e-mail tawaran kerja sama dan mengharapkan mereka akan langsung bergabung begitu saja lewat kiriman formal tersebut. Ajak mereka ‘bicara’ dengan bahasa dan suasana yang santai, agar kalian bisa saling mengenal. Setelah itu, kamu juga bisa tawarkan hal-hal relevan yang berkaitan dengan blog serta readership mereka.

3. Tawarkan Review Product atau Endorse

Brand-3

Menggandeng bloger dalam suatu kerja sama, kamu harus mengetahui apa yang mereka sukai. Entah sejak kapan, menggandeng bloger untuk mengulas ataupun meng-endorse suatu produk menjadi tren yang berkembang di Indonesia. Di sisi lain, para bloger Indonesia pun terlihat menyukai bentuk kerja sama yang satu ini, terutama jika produk/permintaan yang ditawarkan relevan dengan kebutuhan mereka. Mungkin, hal ini disebabkan karena dengan me-review ataupun meng-endorse, bloger jadi bisa merasakan manfaat dari produk yang ingin kamu promosikan.

Nah, mengetahui fakta ini, brand harus bisa memanfaatkannya. Memberikan tawaran pekerjaan yang disukai target tentunya memiliki potensi kesuksesan kerja sama yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Sebab, tawaran yang nggak menarik akan membuah mereka kabur atau bahkan menjalankan tugas dengan enggan hati. Maka dari itu, jika memungkinkan, tawarkanlah bloger Indonesia untuk mempromosikan brand-mu dengan memberikan mereka contoh produk untuk di-review atau di-endorse.

4. Berikan Giveaway pada Mitra Bloger Potensial

Brand-4

Walaupun memberikan produk gratis nggak bisa menjamin kamu mendapat prominent blogger untuk dijadikan mitra promosi, jika pada akhirnya kamu bisa menemukan bloger yang berminat untuk bekerja sama denganmu karena giveaway ini, setidaknya kamu bisa membangun excitement tersendiri dari bloger yang bersangkutan akan brand-mu.

Jangan disepelekan, ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk menggaet hati para bloger supaya mereka mau bekerja sama bersamamu dengan senang hati. Apalagi, orang-orang Indonesia dikenal dengan karakter yang suka barang gratis! Well, siapa sih yang nggak? Apalagi, dengan kecenderungan bloger Indonesia yang suka ditawari kerjasama endorse atau review, memberikan giveaway bisa menjadi cara yang pas buat kamu untuk menarik minat mereka!

5. Adu Beberapa Kandidat dalam Kompetisi

Brand-5

Terkadang, mata para bloger nggak melulu tertuju pada brand yang memiliki kesesuaian dengan niche mereka. Sebagian besar perhatian mereka sebagai bloger akan terserap pada bagaimana mereka bisa memproduksi konten inspiratif untuk menjaga ‘kesehatan’ blog mereka. Kalau sudah begini, sayang kan apabila peluang yang kamu buka bagi mereka malah terabaikan?

Untungnya, bloger-bloger Indonesia peka banget sama yang namanya kompetisi. Mungkin kamu juga bisa menyadari hal ini dari berbagai blogging competition yang diselenggarakan oleh berbagai brand dan bertebaran di kalangan bloger. Nah, ini adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian para bloger supaya bisa kamu gaet untuk menjadi mitra promosimu. Yang penting, pastikan kamu menyampaikan segala informasi yang butuh mereka tahu supaya nggak terjadi miskomunikasi pada proses ini.


Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menggandeng bloger Indonesia agar mereka mau berkerja sama mempromosikan brand ataupun produkmu dengan senang hati. Kunci utama untuk bisa sukses menjadikan para bloger sebagai partner-mu adalah dengan mengenali karakteristik mereka, sehingga kamu bisa memberikan penawaran yang menarik dan menyenangkan bagi mereka.

Selain itu, pastikan kamu membangun kerja sama yang bersih dan jujur dengan mereka ya. Nggak ada orang yang suka ditipu. Jadi, pastikan kamu nggak menjebak mereka atau memberi info yang menyesatkan bagi mitra blogermu. Dengan begitu, jika ia merasa senang dengan pengalaman bekerja sama denganmu, ia akan dengan senang hati untuk diajak bekerja sama di kemudian hari.

Sumber: Blogfoster, Singapore Beauty, Bosworth Independent College
, Gr8nola, Polished Couture, Search Engine Land.

Related Posts

Site Menu