Mas Irwin

5 Tips Membuat Desain Blog yang Mudah dan Menarik Versi Mas Irwin

Memiliki desain blog yang menarik  dan nyaman untuk dilihat adalah keinginan para blogger umumnya. Meski ingin, terkadang kebingungan datang melanda sebab kita tak tahu harus memulai mendesain dari mana. Apakah harus dari titik A? Atau dari titik B?

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, kita akan mencari tahu jawaban cara membuat desain blog yang mudah dan menarik. Tips untuk membuat desain blog ini akan dibagikan oleh Mas Irwin. Seorang blogger yang dengan suka rela membagikan tipsnya, sehingga bisa kita manfaatkan dan praktikkan langsung di blog kita masing-masing.

Namun, sesuai kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang,” alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang Mas Irwin selaku blogger yang juga menjadi narasumber tips membuat desain blog yang mudah dan menarik kali  ini.

Sekilas Tentang Mas Irwin

Mas Irwin

Penggiat blogging yang akrab disapa Mas Irwin ini memiliki nama lengkap Irwin Andriyanto. Pria kelahiran tahun 1993 ini merupakan salah satu lulusan S1 Teknik Informatika Universitas Serang Raya. Menjadi blogger rupanya ia geluti disamping pekerjaan utamanya sebagai staf administrasi di salah satu perusahaan produsen akrilik. Bahkan, ia juga sibuk mengurus beberapa blog pribadi dan klien.

Pengalaman Ngeblog Versi Mas Irwin

Mas Irwin

Tahun 2010 menjadi tahun pengenalannya terhadap dunia blogging. Di tahun 2016, ia memulai aktif untuk menulis di blog. Kini ia sibuk mengelola blognya yang bernama MasIrwin. Dipilihnya nama blog tersebut karena dirasa paling pas untuknya. Sejauh ini, niche blognya masih bersifat general. Namun di tahun mendatang, 2019, ia berupaya untuk fokus ke niche teknologi yang menyangkut tema digital dan inovasi bagi blog pribadinya.

Hal tersebut didasari pada rasa sukanya terhadap dunia digital. Ia sendiri juga kini sedang mempelajari seputar digital marketing. Selain itu, ia juga merupakan penggemar ide-ide brilian yang inovatif. Di samping itu, Mas Irwin juga mengamati bahwa saat ini Google lebih suka pada blog yang fokus pada satu niche.

Ketertarikannya terhadap niche teknologi ini juga dilandasi akan minatnya dalam mendalami perkembangan tentang inovasi tekonologi. Ia juga yakin bahwa rasa keingintahuan warga Indonesia terhadap dunia inovasi dan teknologi juga cukup tinggi. Contohnya seperti cara mudah mendapatkan uang dengan mudah di internet, informasi seputar spesifikasi hp, dan selainnya.

Nah, karena sudah tahu sekilas tentang profil Mas Irwin, sekarang waktunya kita cari tahu cara membuat desain blog yang mudah dan menarik darinya, nih!

5 Tips Membuat Desain Blog yang Mudah dan Menarik ala Mas Irwin

1. Tentukan tujuan blog

Dalam membuat sebuah  desain blog yang menarik, tentunya sebagai blogger kita harus memikirkan untuk apa blog tersebut ingin dibuat? Tanpa adanya tujuan tersebut, tentu keseluruhan desain akan sulit dibuat. Jangan sampai kita bingung apa yang harus dimasukkan ke dalam blognya, tulisan apa yang harus dipakai, dan warna apa yang ingin digunakan. Untuk itulah, ada baiknya kita menentukan terlebih dahulu tujuan blog. Apakah kita ingin membuat blog dengan niche make-up? Fashion? Review makanan? Atau yang lainnya?

2. Navigasi yang simple

Salah satu cara untuk membuat desain yang menarik dan mudah adalah dengan menggunakan tombol navigasi yang simple. Orang yang berkunjung ke blog kita harus tahu mudah mengerti tombol mana yang mengarahkan mereka ke halaman yang mereka inginkan.

Intinya, kita harus menggunakan tombol navigasi yang tidak terlalu ramai dan mudah dimengerti orang. Tujuannya adalah memudahkan para pengunjung untuk berpindah halaman. Dengan begitu, mereka akan betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama di blog kita. Ingat, hindari pembuatan tombol yang rumit, cukup pakai yang simple dan fokus pada tujuan kemudahannya saja.

3. Hindari penggunaan slider

Bagi para pemula, slider selalu muncul di halaman utama suatu blog. Hal tersebut tentu membuat tampilan menjadi unik dan keren. Tapi, dengan menggunakannya ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Seperti tidak banyak pengunjung yang membukanya, loading halaman menjadi lama, dan tidak semua cocok di perangkat mobile.

Menurut pakar website, menggunakan slider di halaman blog belum tentu membuat orang tertarik untuk mengkliknya. Bahkan, berdasarkan penelitian yang pernah dibuat, hanya 1% saja pengguna blog mengkliknya. Anggap saja 1 dari 1000 orang yang melakukannya.

Daripada membuang-buang kualitas blog yang kita rancang. Alangkah baiknya untuk tidak menggunakan slider. Tampilan desain blog tetap akan menarik meskipun hanya memakai gambar saja. Namun tentunya, hal itu akan terwujud hanya jika kamu memilih gambarnya gambar-gambar terbaik yang tidak asal.

4. Pentingnya white space

Membuat desain blog yang mudah juga menarik yaitu dengan menggunakan white space di halaman blog. Apa sih white space itu? White space adalah bagian dari halaman blog yang sengaja dikosongkan atau bisa dikatakan sebagai ruang desain yang tidak terpakai. Pentingnya item desain ini adalah untuk membuat tampilan blog tidak terkesan terlalu ramai. Selain itu, pengunjung pun juga akan semakin mudah membaca konten-konten blog kita.

5. Hindari penggunaan background gelap

Tips yang terakhir adalah jangan pernah menggunakan background yang gelap. Pilihlah warna yang kontras dengan warna tulisan kita. Jangan memilih warna background terlebih dahulu lalu teksnya. Lakukanlah sebaliknya karena warna teks harus menjadi lead untuk background.

Wah, kalau seperti ini caranya sih, semua orang juga bisa dong membuat desain blog yang mudah dan menarik. Kalau ada cara yang mudah, siapapun juga bisa deh mempraktikkannya!

Tunggu apalagi? Yuk, kita coba terapkan segera agar desain blog telihat menarik sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Famotiva. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Related Posts