Mau Dapat Uang dari Blogging? Pelajari 5 Jurus Lolos Verifikasi Google AdSense Terbaru

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Sebagai blogger kamu mungkin sudah pernah mendengar soal Google AdSense. Google AdSense sendiri adalah jerjaring periklanan milik Google yang paling banyak digunakan oleh kalangan blogger karena dianggap cara tercepat dan termudah untuk menghasilkan uang dari blog. Cara kerjanya, kamu akan memberi ruang di blogmu yang nantinya akan digunakan Google untuk memasang iklan, nantinya kamu akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blogmu yang membuka iklan tersebut.

Dahulu, cara mendaftar Google Adsense sangatlah gampang. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan internet yang cepat, Google Adsense telah membuat banyak sekali perubahan pada layanan mereka ini demi menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Dampaknya, proses verifikasi pun semakin ketat dan banyak blogger yang nggak lolos karena dianggap kurang layak.

Tentu saja ini bisa jadi sangat merugikan bagi blogger karena AdSense adalah salah satu jalur monetisasi yang paling menguntungkan. Nah, agar kamu bisa lolos verifikasi Google AdSense, yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Lahirkan Konten yang Unik

Sebagai blogger, kamu tentu tahu seberapa pentingnya memiliki konten berkualitas akan sangat membantu perkembangan blogmu dalam berbagai aspek, termasuk dalam hal proses verifikasi Google AdSense.

Pastikan artikel yang kamu tulis diblogmu adalah artikel yang unik dan original. Hindari menjiplak tulisan blog lain hanya untuk menaikkan traffic karena Google bisa melacak dan mengetahuinya. Jadi kamu harus rutin menulis artikel yang faktual dan informatif, dengan panjang artikel 400-700 kata. Selain itu pastikan artikel-artikel yang kamu tulis bebas dari kesalahan eja dan memiliki struktur yang rapi. AdSense paling anti sama typo dan juga artikel yang strukturnya berantakan, jadi harus lebih cermat lagi ya dalam menulis!

2. Siapkan Kolom Contact Us dan About Us

Kolom About Us dan Contact Us adalah dua hal yang sering diabaikan oleh blogger Indonesia karena dianggap nggak penting dan nggak ada yang baca. Padahal, tim dari Google sangat menghargai kolom ini.

Dengan adanya kolom ini, kamu mengizinkan pembacamu untuk mengenal siapa kamu dan bagaimana cara yang tepat untuk menghubungimu. Google menganggap ini adalah sikap keterbukaan yang baik. Kamu jadi bisa meraih kepercayaan pembacamu, dan kredibilitasmu di mata Google jadi baik karena nggak ada hal yang kamu tutup-tutupi. Ketika semua informasi soalmu sudah lengkap dan tersedia, Google pun nggak ragu untuk bekerja sama denganmu.

Baca juga: Kisah 4 Blogger Kontroversial Indonesia

3. Desain yang Nggak Bikin Bingung

Sebagai blogger kamu mungkin ingin blogmu terlihat keren dan canggih, sampai-sampai lupa menyadari bahwa bisa jadi apa yang kamu anggap keren justru membingungkan bagi pembacamu. Hindari penggunaan warna-warna yang terlalu mencolok yang nggak nyaman di mata pembacamu. Selain itu, gunakanlah template yang ringan dan rapi. Kalau template yang kamu gunakan justru memberi kesan blogmu amburadul, AdSense nggak akan berpikir dua kali untuk menolak pengajuanmu.

Selain itu, Google AdSense juga berkali-kali menekankan pentingnya menu navigasi yang mudah dimengerti dan tepat guna. Jadi pastikan blogmu memiliki menu navigasi yang befungsi dengan baik dan lengkap. Jangan sampai ada menu yang ternyata salah link atau malah kamu nggak menyediakan menu navigasi sama sekali. Problem ini sering menjadi alasan kenapa pengajuan Google AdSense seseorang ditolak, kamu jangan sampai mengulanginya, ya!

4. Jangan Buru-buru Mendaftar Google AdSense

Setiap orang pasti ingin bisa segera memonetisasi blog mereka, bahkan sebagian menjadikan pendapatan dari blog sebagai motivasi utama mereka mengelola sebuah blog. Meskipun begitu, kamu jangan terburu-buru mendaftarkan blogmu ke Google AdSense.
Pastikan blogmu sudah cukup berumur dan punya jumlah konten yang memadai.

Biasanya, Google menerima sebuah blog yang sudah berumur setidaknya 6 bulan dan memiliki jumlah konten minimal 60. Sebenarnya hal ini karena Google ingin melihat konsistensimu dalam merilis konten berkualitas secara rutin. Jika kamu baru beberapa minggu membuat konten, Google masih menganggap blogmu belum matang dan belum teruji. Namun demikian, jika umur blogmu baru 2 bulan tapi kamu sudah memiliki 150 konten, Google pun akan mencurigai bisa-bisa kamu menjiplak artikel blog lain. Jadi sabar saja dulu jika kamu memang masih di fase awal mengelola blogmu.

5. Bersihkan dari Layanan Ads Lain

Ada beberapa layanan ads lain seperti Chitika, Infolinks, ataupun Clicksor. Jika sebelum ini kamu bekerja sama dengan mereka di laman blogmu, mungkin ini saat yang tepat untuk berhenti.

Google akan mengunjungi blogmu saat mereka melakukan proses verifikasi, untuk itu pastikan blogmu memiliki citra yang baik bagi mereka. Salah satunya adalah dengan menampilkan blogmu bebas dari iklan lain, sehingga seolah blogmu menjadi hak eksklusif bagi Google untuk beriklan. Nantinya, jika sudah proses lolos verifikasi, baru deh kamu bisa mempertimbangkan untuk kembali memasang iklan-iklan dari penyedia lainnya.

Baca juga: 7 Jenis Pertanyaan Jitu untuk Mendapatkan Konten Brilian


Sebagai raksasa internet terbesar saat ini, wajar jika Google memiliki proses verifikasi yang ketat untuk bekerja sama dengan mereka. Mereka nggak mau mendukung blog-blog yang gemar menyebar informasi rancu apalagi hoax nggak bermutu.

Kamu pun nggak perlu cemas ataupun takut, pada dasarnya kamu cuma perlu membuktikan kalau kamu adalah seorang blogger yang bertanggung jawab dan nggak akan bikin artikel kontroversial yang negatif. Selama kamu bisa membuktikan itu, Google AdSense juga nggak akan ragu bekerja sama denganmu, dan kamu pun bisa mulai memonetisasi blogmu lewat iklan-iklan Google.

Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan uang dari blogmu, coba ikuti kontes blog Hujan Duit yang bisa bikin kamu bergemilang uang! Buruan segera daftar sekarang sebelum lombanya berakhir dan dapatkan hadiah jutaan rupiah!

Sumber: Gizmodo, Get The Gloss, Search Engine Journal, Petnet, Reddit, PC Mag.

Related Posts

 
Site Menu