media sosial

Buat Blogmu Makin Diserbu dengan Memanfaatkan Tren Media Sosial!

Berbagai macam penyedia layanan blogging seperti WordPress kini telah menyediakan fitur yang memungkinkan kamu membagikan post blogmu ke media sosial dengan mudah. Media sosial sendiri sekarang telah menjadi raksasa di industri internet, dengan jutaan pengguna mengakses lewat gadget mereka setiap jamnya.

Tentu saja, trend pengguna media sosial yang terus menanjak ini bisa menjadi angin positif untukmu sebagai seorang blogger. Kamu bisa mempelajari trend yang ada di berbagai media sosial dan mengaplikasikannya pada blogmu. Biar lebih kebayang, yuk, simak ulasannya!

1. Pasar Besar Facebook dan Twitter

media sosial

Dua media sosial dengan pengguna paling banyak di Indonesia saat ini adalah Facebook dan Twitter. Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, wajar jika media sosial ini memiliki demografi pengguna yang beragam. Artinya, ada banyak trend yang bisa kamu intip setiap waktu. Bahkan, bisa jadi posting-anmu malah menarik banyak perhatian dan menjadi tren baru.

Itu sebabnya, kamu nggak perlu berpikir dua kali untuk membagikan post blogmu di Facebook ataupun Twitter. Karena, pasti akan ada saja orang yang tertarik dengan konten yang kamu tuliskan. Mulai dari parenting tips, ulasan film, atau berbagi info kuliner bisa saja viral di media sosial ini. Yang perlu kamu catat, dengan potensi yang besar di media sosial ini itu artinya banyak juga blogger yang juga membagikan post mereka di sana. Agar kamu nggak kalah, pastikan post-mu punya featured image dan judul yang unik, Cari gambar yang kocak atau nyentrik, sehingga orang yang melihat pun jadi tertarik untuk membaca atau membagikannya.

2. Vlog di YouTube, Kenapa Nggak?

media sosial

Kalau kamu terbiasa menulis soal tips atau tutorial di blogmu, mungkin kamu bisa sesekali mencoba untuk membuat video blog atau vlog. Pada dasarnya, konten yang akan kamu sampaikan sama seperti biasa. Yang membedakan adalah biasanya kamu menyampaikannya dalam bentuk tulisan, kali ini kamu mencoba menggunakan video. Setelah membuat videonya, kamu bisa mengunggahnya di YouTube, tentunya nggak lupa mencantumkan alamat blogmu di kolom description yang sudah disediakan.

Dengan adanya vlog, pembaca lamamu akan memberi respon positif karena adanya variasi positif sehingga update-mu nggak monoton. Sementara itu, kamu juga bisa menjaring pembaca baru dari para penonton videomu di YouTube. Intinya, vlog adalah sebuah variasi kreatif yang sama sekali nggak ada ruginya buat kamu coba.

3. Berbagi Tips Travelling di Instagram

media sosial

Meskipun Instagram adalah media sosial berbasis gambar, bukan berarti kamu nggak bisa mempromosikan blogmu di sana. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah, merilis gambar setiap kali ada post baru di blogmu. Nantinya, kamu bisa menyisipkan tautan yang menuju ke blogmu di bagian caption atau bio pada profilmu.

Instagram adalah wadah yang tepat apabila kamu mempunyai blog yang membahas tentang lifestyle, fashion, atau travelling. Berhubung rata-rata pengguna instagram adalah remaja yang memang memiliki minat besar pada fashion dan travelling. Jangan lupa sekarang juga ada fitur instastory yang bisa kamu gunakan untuk memberikan tips atau flash news, sehingga pembacamu semakin menyukai konten yang kamu berikan. Dengan pengguna yang sangat banyak, sayang banget kalau Instagram ini nggak kamu manfaatkan!

4. Lebih Produktif lewat LinkedIn

media sosial

Jika blog yang kamu tulis banyak mengulas soal bagaimana caranya membuat financial plan, cryptocurrency atau tips-tips mengembangkan karir, maka LinkedIn adalah channel media sosial yang paling tepat untukmu. Meskipun penggunanya nggak sebanyak Facebook atau Twitter, LinkedIn memiliki pengguna yang loyal dan yang terpenting, gemar membaca artikel online.

Mayoritas pengguna LinkedIn adalah kelas pekerja yang haus akan informasi yang bisa membantu diri mereka menjadi lebih produktif atau artikel yang bisa membantu karier mereka tumbuh. Selain itu mereka juga tertarik dengan konten yang membahas soal tips berinvestasi untuk pemula. Jika kamu kebetulan mampu untuk menyediakan artikel dengan konten sejenis, pastikan kamu link di LinkedIn kamu. Pasti traffic pengunjung yang masuk ke blogmu akan deras, atau bahkan post blogmu bisa viral di kalangan pekerja.


Ada begitu banyak cara yang bisa kamu coba untuk terus mengembangkan blogmu. Dengan kemudahan yang diberikan oleh Facebook dan Twitter, bisa memudahkan konten yang kamu tulis untuk dibaca oleh orang sebanyak-banyaknya. Nggak ada salahnya juga kalau kamu mau mencoba hal baru seperti video blog yang bisa kamu unggah di YouTube.

Apapun caranya, tujuannya tetap sama. Menyediakan konten berkualitas untuk pembacamu, sehingga jumlah pengunjung blogmu terus bertambah. Be creative, guys!

Sumber gambar: Freddy Mulongo, Clickuz, VloggerGear, StephanieClairmont, Today.

Related Posts

Site Menu