Hindari Cybercrime dengan 4 Tips Meningkatkan Keamanan Web Hosting

Seiring kemajuan digital, kasus cybercrime makin sering kita temui. Banyak sekali kerugian yang dihasilkan dari kejahatan ini, seperti pencurian data, pengambilan hak akses, dan peretasan situs. Untuk dapat mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya bagimu untuk meningkatkan keamanan blog yang kamu miliki. Karena itu, kamu perlu memilih web hosting yang terpercaya supaya blogmu terlindungi dari serangan hacker.

Beberapa layanan web hosting memiliki tingkat keamanan yang cukup terjamin dan untuk meminimalisir upaya peretasan. Meskipun begitu, masih banyak hal yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kelangsungan blogmu. Berikut 4 tips yang bisa kamu cermati untuk meningkatkan keamanan blog dengan layanan web hosting yang kamu pakai.

1. Pemilihan password

Melindungi Blog

Ada banyak layanan web hosting yang membebaskan penggunanya untuk menentukan password-nya sendiri, seperti Secure Shell, File Transfer Protocol, Content Management System back-end dan Database MySQL. Namun, dengan kebebasan tersebut, kamu tetap perlu untuk membuat password yang panjang dan kuat agar situsmu aman dari serangan peretas.

Tidak hanya untuk password akun, setiap akses dalam sebuah website membutuhkan kode otoritas yang berbeda-beda. Karenanya, untuk meminimalisir kemungkinan serangan dari hacker, kamu harus membuat kode akses yang berbeda-beda, sehingga hacker tidak leluasa untuk dapat mengakses seluruh akses fungsional dari blogmu.

2. Blokir IP address yang mencurigakan

Melindungi Blog

Apabila kamu menemukan user mencurigakan yang mengakses halaman WP-login atau cPanelmu, kamu harus berhati-hati dan memblokirnya jika diperlukan karena bisa saja user tersebut adalah seorang hacker. Selain itu, bisa saja user yang berpotensi sebagai hacker itu dapat melakukan spam pop-up berkelanjutan yang dapat merusak citra blogmu.

Demikian juga dengan pengecekan history laman aksesmu. Kamu harus sering memeriksanya agar kamu bisa menghindari serangan-serangan lain seperti DDoS (Distributed Denial of Service) yang dapat membuat situsmu menjadi lebih lambat dan sulit diakses. Jika terjadi kasus seperti ini, kamu bisa melakukan konfigurasi pada HTACCESS sehingga situsmu bisa lebih terlindungi dari hacker.

3. Lakukan maintenance secara rutin

Melindungi Blog

Melakukan maintenance sangat diperlukan karena hosting website-mu membutuhkan perawatan berkala untuk bisa mempertahankan performa blog. Kamu perlu mempertahankan performa blogmu karena perkembangan zaman bergerak dengan sangat cepat. Apabila kamu tidak dapat menyesuaikan tampilan situsmu dengan kebutuhan industri saat ini, blogmu akan tergerus arus persaingan.

Selain mengurus tampilan blogmu, tentunya kamu perlu mengawasi kemungkinan adanya virus dari hacker yang masuk dalam sistem server. Penyusup ini bisa merusak situs blogmu, bahkan membuatnya tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk menghindari hal tersebut, salah satu langkah yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan Google Webmaster Tool yang menyediakan berbagai fitur untuk memonitor malware berbahaya.

4. Memperhatikan fitur CMS

Melindungi Blog

CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal dan Magento sudah dipercaya oleh banyak orang sebagai platform pengelolaan konten situs. Tetapi, dibalik popularitas CMSs terkenal tersebut, ternyata mereka masih menjadi sasaran hacker. Mengapa? Karena banyak instalasi-instalasi yang mempermudah akses admin pada situsmu. Contoh: backend login-nya WordPress (nama-website/wp-admin).

Selain itu, banyak CMS yang menyediakan berbagai plugin dan tema gratis. Ini juga bisa menjadi sasaran para hacker. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan plugins dan tema yang official dan memiliki source yang aman. Hindarilah instalasi yang berasal dari situs tak dikenal karena mungkin saja terdapat hidden file yang dapat membuat para peretas bisa mengakses blogmu dengan mudah.


Itulah dia 4 tips agar kamu dapat melindungi blog mu dari hackers. Sebagai blogger, tentunya kamu tidak ingin menjadi korban dari cybercrime. Oleh karena itu, kamu harus waspada dalam mengunjungi situs-situs yang tidak dikenal atappun mengklik link yang mencurigakan. Dengan mengetahui tips diatas, semoga blogmu aman dari serangan-serangan para hacker, ya.

Related Posts

Site Menu