Konten Berkualitas

7 Tips Jitu untuk Membuat Konten yang Berkualitas

Setiap blogger tentu ingin agar dapat selalu menyajikan konten berkualitas. Namun, perkara apakah kamu benar-benar melakukannya atau enggak, itu merupakan sebuah pilihan. Ya, pilihan apakah kamu rela meluangkan lebih banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk menghasilkan konten yang berbobot dan menarik bagi pembaca; atau malah menempuh cara mudah dengan membuat konten yang hanya apa adanya di tiap kesempatan.

Manapun yang kamu jadikan pilihan, tentu akan mempengaruhi keseluruhan dari performa blog yang kamu kelola. Namun pada dasarnya, jika kamu ingin blogmu berkembang, kamu perlu senantiasa menyajikan konten yang terbaik bagi pembaca, dan bahkan meraih SEO rank yang tinggi pada SERP.

Lalu, hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membuat konten seperti itu?

1. Buatlah Konten yang Original

Konten Berkualitas

Salah satu keuntungan mutlak yang bisa kamu dapatkan dengan membuat konten yang original adalah terbebas dari penalti yang diberikan oleh Google atas tindak plagiarisme. Artinya, artikel original enggak akan ditake-down oleh Google karena menduplikasi konten dari situs lain. Karena itu, artikel tersebut memiliki potensi yang lebih besar untuk bertahan pada hasil pencarian Google dan mampu meraih trafik yang berkelanjutan.

Namun demikian, konten yang original bukanlah sekadar konten yang benar-benar kamu tulis sendiri dan bukan merupakan hasil copy-paste. Konten yang original juga memiliki makna bahwa ide yang kamu gunakan juga original. Tentunya, konten seperti ini cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi di mata pembaca. Jadi, enggak ada ruginya deh rajin-rajin bikin konten original.

2. Ciptakan Headline yang Powerful

Konten Berkualitas

Headline umumnya merupakan hal pertama yang ditangkap dan diproses oleh pembaca ketika hendak membaca sebuah artikel. Hal itu disebabkan karena headline terletak pada bagian awal tulisan, sehingga akan sangat menentukan ketertarikan pembaca untuk lanjut memberikan atensinya pada tulisanmu atau tidak.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Copyblogger: “Rata-rata, 8 dari 10 orang akan membaca headline sebuah tulisan, namun hanya 2 orang yang akan melanjutkan untuk membaca hingga akhir.”

Oleh karena itu, pastikan kamu meluangkan waktu untuk menciptakan headline yang powerful untuk tulisan-tulisanmu. Bentuknya memang hanya satu kalimat, namun headline memiliki peran untuk merepresentasikan keseluruhan artikelmu.

Makanya, jika headline yang kamu gunakan terkesan biasa-biasa saja, pembaca juga enggak akan memiliki ketertarikan lebih dalam untuk menelaah tulisanmu lebih lanjut. Sebaliknya, jika headline yang kamu gunakan menggelitik, pembaca bisa jadi penasaran untuk mengetahui keseluruhan artikel yang kamu sajikan.

3. Berikan Jawaban Atas Pertanyaan Pembaca

Konten Berkualitas

Ingin kontenmu banyak dikunjungi pembaca? Kalau iya, sajikanlah informasi yang mereka cari. Logikanya begini… ketika pembaca memutuskan untuk mencari informasi di internet, tentu mereka datang dengan sebuah pertanyaan dan ingin menemukan jawabannya.

Karena itu, kamu sebaiknya melakukan riset dulu mengenai topik/isu apa yang sedang ramai menjadi perbincangan para audiensimu. Ketika kamu sudah menemukan topik yang populer dan banyak dicari oleh kalangan pembacamu, barulah kamu garap tulisan yang membahas tentang hal itu.

Jika tulisanmu berhasil menjawab pertanyaan yang mereka miliki, dijamin artikelmu akan laku keras. Belum lagi jika hal tersebut didukung dengan konsep yang menarik, serta tampilan desain yang memanjakan mata.

4. Suguhkan Informasi beserta Sumbernya dengan Akurat

Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah konten yang kredibel. Artinya, informasi yang terkandung di dalamnya bisa dipertanggungjawabkan dengan jelas. Ketika kontenmu memiliki karakter seperti ini, wajar saja bila pembaca akhirnya menyukai tulisanmu dan jadi sering berkunjung untuk membaca artikel-artikel lain pada blogmu.

Untuk itu, kamu perlu menyuguhkan konten dengan kandungan informasi yang akurat. Hal ini bisa kamu upayakan dengan melakukan riset dari berbagai sumber, sehingga kamu bisa memastikan bahwa informasi yang kamu dapat akan dibagikan kepada pembaca bersifat valid.

Sedapat mungkin, kuliklah informasi dari sumber-sumber resmi yang memang memiliki data faktual seputar topik terkait. Hindari menyadur informasi dari situs yang sumber datanya tidak jelas. Sehubungan dengan ini, kamu pun juga perlu mencantumkan sumber informasi yang kamu kutip agar pembaca juga bisa tahu dan yakin bahwa informasi yang kamu sampaikan tidak berasal dari sumber yang abal-abal.

5. Sajikan Konten yang dapat Diimplementasikan secara Nyata

Konten Berkualitas

Pernahkah terpikir olehmu mengapa artikel tips sangat diminati di luar sana? Ya, karena artikel tersebut memiliki nilai manfaat yang lebih tinggi. Selain mengedukasi pembaca dengan pengetahuan yang disajikan, artikel tips juga memberi informasi mengenai bagaimana cara melakukan suatu hal dengan lebih tepat sasaran.

Intinya, artikel tersebut dianggap lebih berguna oleh pembaca. Karena itu, jika kamu ingin membuat sebuah artikel yang tokcer, tulislah artikel yang informasinya dapat diimplementasikan oleh pembacamu. Dengan demikian, mereka dapat merasakan secara langsung dan nyata manfaat dari artikel yang kamu bagikan.

6. Kemas Konten agar Menggelitik dan Engaging

Konten Berkualitas

Konten yang informatif kadang belum tentu mampu menarik minat pembacamu. Namun, beda halnya jika kamu bisa mengemasnya hingga mampu menggelitik rasa keingintahuan. Semakin mereka tergelitik dengan pembahasan yang kamu berikan, maka semakin besar kemungkinan bagi mereka untuk lebih engaged terhadap kontenmu.

Lalu, bagaimana caranya agar tulisanmu bisa lebih engaging? Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan meninggalkan pertanyaan bagi para pembacamu, terutama pertanyaan yang mengajak mereka merefleksikan pengetahuan baru dari informasi yang telah kamu sajikan.

Taktik lain yang bisa kamu manfaatkan juga adalah “menjanjikan” jawaban atas pertanyaan yang kamu angkat dalam artikel pada bagian awal tulisanmu. Ketika pembaca merasa diberikan jaminan untuk mendapat jawaban dari hal yang dicari, mereka akan cenderung lebih bersedia untuk menaruh fokus yang lebih besar terhadap tulisanmu.

7. Tulislah Konten dengan Singkat dan Padat

Konten Berkualitas

Tahu kan kalau attention span masyarakat modern saat ini sangat pendek dan angkanya kian menurun? Salah satu faktor penyebabnya adalah tingkat kesibukan yang tinggi, sehingga orang lebih mudah terdistraksi dan merasa enggak punya banyak waktu untuk diluangkan. Karenanya, wajar saja jika pembaca juga memiliki atensi yang cenderung singkat untuk mengonsumsi konten-konten blog yang tersebar di internet.

Di sisi lain, sebagai blogger, adalah tugasmu juga untuk mengupayakan agar pembaca bisa menikmati konten yang kamu sajikan dengan nyaman. Oleh karena itu, untuk mempermudah pengalaman pembacamu, kamu perlu mengupayakan agar konten yang kamu sajikan dikemas secara singkat dan padat. Dengan begitu, pembaca jadi tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk mendapat informasi dari tulisanmu.


Apapun tujuan blog yang kamu miliki, penting bagimu agar selalu mengupayakan untuk membuat dan menyajikan konten berkualitas bagi pembaca. Sebab biar bagaimanapun juga, konten berkualitas yang informatif dan dikemas dengan apik akan selalu lebih menarik perhatian pembaca dibandingkan dengan idle post yang dibuat hanya sekadar untuk iseng-iseng mengisi waktu luang.

Karena itu, jangan ragu untuk menambahkan pula elemen-elemen pendukun seperti foto, infografis, dan video untuk meningkatkan nilai guna kontenmu. Sebab, tunjangan visual akan selalu mempermudah seseorang untuk memproses informasi.

Selain itu, jangan lupa juga untuk rajin-rajin meng-update konten-konten yang telah kamu publish. Ini ditujukan agar kontenmu lebih sustainable, sehingga tetap relevan dan fungsional seiring berjalannya waktu. Trik seperti ini akan sangat bermanfaat agar tiap blog post-mu tetap mendulang trafik.

Sumber gambar: Da Vinci Studio, Inspirationfeed, Movietickets, Entrance360, Dronelife, Capitalacq, Creative Market, Investigator Marketing.

Related Posts

Site Menu