konten yang brilian

Tampil Beda dari Blogger Lain, Ayo Buat Konten yang Brilian!

Ketika kamu sudah memutuskan untuk terjun ke dunia blogging, membuat konten yang orisinal untuk memikat memikat hati pembacamu adalah sebuah tantangan yang tak terelakkan. Tidak sekadar orisinal, konten yang kamu suguhkan juga harus brilian.

Apa itu konten yang brilian? Konten brilian bisa dimaknai sebagai konten interaktif yang mampu mengedukasi, menghibur, serta menarik minat banyak pembaca. Menyuguhkan konten-konten yang brilian itu penting, sebab ini akan membuat blogmu memiliki reputasi yang baik serta semakin dipercaya di mata para pengunjungmu.

Lalu, bagaimana caranya supaya kamu bisa menulis konten yang brilian?

 1. Buatlah judul yang menarik

konten yang brilianJudul menarik merupakan elemen yang sangat penting untuk menarik arus traffic bagi blogmu. Salah satu hal pertama yang dilihat oleh para pembaca sebelum benar-benar menelaah isi artikelmu adalah judul. Karena itu, cobalah untuk membuat judul yang clickbaity.

Kalau kamu bisa membuat orang untuk memilih kontenmu, maka kamu bisa dibilang berhasil mendapatkan perhatian orang itu. Namun, perlu diingat, membuat judul yang clickbaity bukan berarti kamu bisa memilih kata yang digunakan secara sembarangan, ya. Pastikan diksi yang kamu gunakan tetap relevan dengan konten yang kamu ulas, sehingga tidak dianggap menipu.

Buatlah judul yang unik karena kamu akan mengulas konten yang berbeda dari orang lain. Konten unik berarti konten yang benar-benar baru dan fresh. Buatlah judul yang benar-benar mencerminkan konten seperti itu, namun tetap mendapatkan feel untuk menyampaikan isi kontenmu. Dengan kata lain, buatlah hati audiensimu tergerak dengan judul yang kamu gunakan.

2. Membuat konten yang orisinal

konten yang brilianJudul yang unik saja tidak cukup untuk bisa membuat orang betah membaca kontenmu.
Kamu juga harus membuat konten yang orisinal dan berkualitas, karena apabila kamu hanya mengandalkan judul yang clickbaity, hal itu cuma akan mencemarkan reputasi blogmu dan membuat bounce rate blogmu semakin tinggi.

Untuk membuat konten yang brilian, kamu perlu membuat tulisan yang benar-benar orisinal dan fresh. Tentunya, ini membutuhkan perjuangan lebih dan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Tantangan terbesarnya adalah fakta bahwa hampir semua hal sudah memiliki pembahasannya masing-masing di internet. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa memanfaatkan artikel-artikel tersebut sebagai referensi kamu untuk membuat konten baru versi kamu.

3. Pastikan kontenmu engaging terhadap pembaca

konten yang brilianKonten yang brilian harus mampu menarik minat para pengunjung supaya mereka mau mengeksplorasi artikelmu hingga akhir. Melalui tulisanmu, kamu harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk membuat pengunjungmu betah membaca tulisanmu. Buatlah cerita-cerita pengalaman yang menarik agar pengunjungmu dapat merasakan sudut pandang yang baru dengan membaca tulisanmu.

Bagaimana cara membuat artikel yang seperti itu? Salah satu caranya adalah dengan menyuguhkan tulisan yang interaktif. Dalam tulisanmu, sematkanlah pertanyaan-pertanyaan yang dapat memicu pikiran pembaca agar mereka merasa terlibat dalam informasi yang kamu tuangkan. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan elemen visual seperti infografis atau video.

4. Maksimalkan konten dengan praktik SEO

konten yang brilianMembuat konten yang brilian tidak cukup hanya dengan membuat tulisan yang berkualitas dan orisinal, namun artikel tersebut juga harus memiliki SEO yang baik. Mengapa?

Penerapan SEO dibutuhkan bagi blogmu karena dapat meningkatkan page rank yang dimilikinya. Ini akan sangat membantu supaya konten-konten blogmu selalu terindeks pada search engine dan bahkan tampil dihalaman utama SERP. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan traffic yang ramai dan memonetisasi blogmu dengan lebih mudah.

5. Gunakan elemen visual pendukung

konten yang brilianKomunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah tulisan blog. Sebab, tulisan yang kamu sajikan perlu mampu untuk menyampaikan pesan yang ingin kamu utarakan pada pembaca. Semakin baik cara penyampaian yang kamu berikan, maka semakin besar pula kemungkinan informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca. Jika komunikasi yang terjadi antara kamu dan pembaca lancar seperti ini, maka mereka akan memiliki ketertarikan yang lebih untuk mengikuti informasi blogmu dengan seksama.

Bagaimana cara agar komunikasi tersebut bisa terjalin dengan baik? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pembacamu betah adalah dengan menambahkan elemen visual dalam kontenmu. Selain membuat kontenmu tampak lebih menarik, penambahan elemen visual juga bisa membuat informasi yang kamu sampaikan lebih mudah dicerna oleh pembaca.

Soal ini, statistik menunjukkan bahwa konten visual bisa diproses 60.000 kali lebih cepat oleh otak daripada teks. Selain itu, dalam beberapa tahun belakangan ini, pencarian infografik di Google telah meningkat hingga 25 kali lipat, lho. Jadi, sudah tidak ada alasan untuk meragukan elemen visual lagi, bukan?

6. Mencari keyword yang relevan

konten yang brilianSebagai blogger, tentunya kamu harus mengetahui seberapa besar relevansi keyword yang kamu gunakan dalam ulasan blogmu. Nah, untuk memastikan apakah keyword yang kamu gunakan sudah relevan dengan pembahasan artikelmu, kamu bisa menggunakan Keyword Planner yang bisa diakses kapanpun menggunakan akun Googlemu. Dengan tool ini, kamu bisa memeriksa seberapa relevan keyword yang kamu pilih dan membandingkannya dengan keyword lain supaya kamu bisa menentukan mana yang lebih ampuh untuk meningkatkan traffic blogmu.

Dalam menentukan keyword, usahakanlah untuk hanya menggunakan 2-3 kata. Keyword yang menggunakan kata-kata terlalu panjang malah akan membuat rank-mu di search engine menurun. Sebab, secara umum, para pengguna search engine juga tidak akan mengetikkan keyword yang terlalu panjang juga ketika mereka ingin mencari suatu informasi.


Semoga 6 tips di atas bisa membantu kamu membuat konten yang brilian dan berkualitas. Tentunya, kita harus tetap memperbanyak pengalaman dalam menulis, karena dengan banyak menulis, dapat membuat kamu mempunyai banyak pengetahuan yang baru. Teruslah berkarya dan jadilah generasi muda yang bisa mendukung kemajuan bangsa!

Sumber gambar:
Tingle Triggers, Pypah’s Art, Web Savvy Marketing, Edutopia, Zauca, Rubik Digital, Affiliate Dork.

Related Posts

Site Menu